Brilio.net - Permasalahan pada wajah memang sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Beberapa masalah yang muncul diantaranya adalah jerawat, komedo, dark spot hingga bekas jerawat yang membandel. Dilansir dari Iranian Journal of Medical Sciences, dark spot adalah bintik cokelat yang disebabkan oleh peningkatan jumlah pigmentasi atau disebut melanin.

Melanin adalah suatu zat yang memberi warna pada mata, kulit dan rambut. Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya. Meskipun tidak membahayakan, dark spot akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama munculnya dark spot pada wajah.

Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Selain akibat paparan sinar matahari, dark spot biasanya juga disebabkan karena faktor genetik dan penggunaan produk yang mengandung bahan kimia. Menghilangkan dark spot secara menyeluruh memang sulit.

Namun terdapat beberapa cara untuk menghilangkan dark spot pada wajahmu, baik dengan bantuan klinik kecantikan, produk skincare hingga penggunaan bahan alami. Salah satu produk skincare yang bisa kamu coba adalah serum. Seperti diketahui bahwa serum adalah salah satu produk paling esensial dari rangkaian perawatan wajah.

Cairan serum mengandung banyak konsentrat yang bermanfaat untuk menutrisi, melembapkan kulit hingga mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Dilansir dari rochellebeautycenter, serum merupakan zat cair yang formulanya terdiri atas asam amino, air, dan emulasi atau biasa disebut formulasi air dalam minyak, dan minyak dalam air.

Ada beberapa brand skincare lokal yang memilik serum untuk bantu memudarkan dark spot pada wajah, lho. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (29/3), berikut tujuh produk serum dark spot merek lokal dengan harga di bawah Rp 150 ribu.

1. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: avoskinbeauty.com

Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed merupakan serum yang memiliki kandungan ekstrak alpha arbutin 3% dan grapeseed extract yang dapat mencerahkan, serta menghilangkan dark spot dan bekas jerawat secara optimal jika digunakan secara rutin. Kandungan alpha arbutin 3% di dalamnya dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit yang kusam dan kasar secara efektif.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology, penggunaan alpha arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang drastis pada kulit. Dark spot akan memudar serta tampilan kulit pun terlihat lebih cerah dan merata. Sementara kandungan grapeseed yang kaya antioksidan membantu melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga wajah tampak cerah, halus dan awet muda.

Serum ini dapat digunakan semua jenis kulit, terutama untuk mengatasi kulit kusam serta menghilangkan dark spot dan bekas jerawat yang membandel. Kamu bisa membeli produk serum ini dengan harga Rp 139.000 hingga Rp 145.000.

2. N'Pure Cica Dark Spot.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: npureofficial.id

N'Pure Cica Dark Spot adalah serum yang memiliki kandungan dengan kombinasi antioksidan sinergis dari 10% stabilized vitamin C dan 1% vitamin E yang distabilkan oleh 0.5% ferulic acid. Kombinasi tersebut memberikan kestabilan dan efikasi yang maksimal dalam menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat maupun noda hitam akibat dari paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, produk serum ini juga dilengkapi juga dengan centella asiatica leaf extract dan alpha-bisabolol yang berfungsi untuk memberikan efek menenangkan pada kulit pasca inflamasi. Serum ini telah teruji oleh BPOM dan halal digunakan, aman dipakai untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Gunakan N'Pure Cica Dark Spot pada pagi dan malam hari di area noda hitam. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 70.000 hingga Rp 80.000.

3. Lacoco Dark Spot.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: lacoco.co.id

Sesuai dengan namanya, Lacoco Dark Spot adalah salah satu serum atau essence yang mampu mengatasi noda hitam di wajahmu. Produk ini mengandung tranexamex acid yang memiliki kemampuan maksimal dalam memudarkan flek hitam yang sama cepatnya dengan teknologi laser.

Selain itu, terdapat juga ekstrak mulberi yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit, ekstrak licorice yang berfungsi memudarkan flek hitam dan bekas jerawat serta mencerahkan wajah. Tak hanya itu, kandungan ekstrak wortel di dalamnya juga mengandung vitamin A dan E sebagai pelembap, dan mencegah penuaan dini.

Tentunya, Lacoco Dark Spot Essence ini bebas dari bahan kimia. Produk ini juga mampu menghilangkan komedo dan bekas luka pada wajah. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 145.000 hingga Rp 150.000.

4. Wardah Crystal Secret Dark Spot and Brightening Serum.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: wardahbeauty.com

Wardah Crystal Secret Dark Spot and Brightening Serum memiliki kandungan edelweiss extract yang formulanya mampu menjaga dan melindungi skin barrier dari faktor penyebab kulit kusam, polusi debu, paparan sinar matahari dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, serum ini diformulasikan khusus dengan kombinasi bahan aktif pencerah terbaik, yakni Alpha Arbutin yang bermanfaat untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit yang kusam dan kasar secara efektif.

Edelweiss extract yang bekerja secara intensif mencerahkan, meratakan warna kulit serta menyamarkan dark spot atau noda hitam, dan bekas jerawat untuk kulit tampak lebih cerah sebening kristal. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 80.000 hingga Rp 90.000.

5. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: avoskinbeauty.com

Selain Avoskin Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed, kamu juga bisa menggunakan Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica untuk mengatasi dark spot pada wajahmu. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica ini mengandung niacinamide 12% yang berfungsi optimal sebagai booster untuk mencerahkan kulit, memudarkan dark spots, anti acne, anti aging, dan mampu melembapkan kulit.

Tak hanya itu, kandungan centella asiatica di dalamnya juga berperan sebagai anti-inflamasi yang juga efektif berfungsi sebagai proses penyembuhan luka. Perpaduan keduanya menghasilkan serum yang efektif untuk menjaga kulit cerah maksimal, terhidrasi, terhindar dari masalah jerawat dan flek hitam, serta iritasi.
Kamu bisa mendapatkan produk serum ini dengan harga Rp 140.000 hingga Rp 148.000.

6. Ertos Dark Spot Treatment Concentrate.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: ertosindo.com

Ertos Dark Spot Treatment Concentrate mengandung whitening agent yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan flek dan noda hitam di wajah. Selain itu, serum ini juga mengandung glutathione, arbutin, vitamin B3 dan vitamin C yang dapat memudarkan dark spot serta meratakan warna kulit pada wajah. Kandungan glutathione di dalamnya juga memiliki fungsi untuk mencegah keriput dan garis halus pada wajah. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 100.000 hingga Rp 120.000.

7. Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum.

Serum dark spot merek lokal di bawah Rp 150 ribu Berbagai sumber

foto: garnier.co.id

Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum diformulasikan dengan inovasi booster serum yang ampuh menyamarkan noda hitam, bekas jerawat dan mencerahkan kulit kusam dengan kandungan 30 x vitamin C murni dari lemon yuzu Jepang. Lemon yuzu Jepang juga dikenal dapat mengontrol minyak, mencerahkan dan meratakan warna kulit yang kusam secara optimal jika digunakan secara rutin.

Tekstur serum yang ringan dan mudah meresap ke dalam lapisan kulit dapat menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat, serta menyeimbangkan kadar air dan minyak kulit wajah secara optimal. Produk serum ini di banderol dengan harga Rp 110.000 hingga Rp 120.000 untuk ukuran 30 ml.

(brl/mal)

(brl/mal)