Brilio.net - Sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan menjadi ciri khas tumbuhan mint. Mint atau menthol merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Daunnya pun kerap digunakan untuk bahan makanan maupun minuman. Baik saat masih dalam keadaan fresh atau setelah dikeringkan terlebih dahulu.

Meski berukuran kecil, daun mint memiliki berbagai kandungan nutrisi. Daun herbal ini diketahui merupakan salah satu tanaman sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, menurut Ahli Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND, daun mint memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Daun mint juga sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dan merawat kondisi kulit. Di antaranya membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda.

Daun mint juga merupakan salah satu bahan umum yang kerap digunakan dalam produk kecantikan. Hal tersebut dikarenakan, daun mint memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Produk-produk yang mengandung daun mint memberikan sensasi dingin pada kulit.

Loading...

Beberapa produk kosmetik yang biasanya mengandung daun mint di antaranya pada pembersih, astringent, toner, dan pelembap. Bagi kalian yang sangat menjaga kesehatan kulit, daun mint cocok kalian gunakan untuk merawat kulit kalian. Karena memiliki banyak khasiat mulai dari mengobati jerawat hingga membantu mencerahkan kulit.

Tak hanya itu, daun mint juga memiliki manfaat lain untuk dunia kecantikan. Berikut brilio.net telah merangkum 7 manfaat daun mint untuk kecantikan dilansir dari Stylecraze, Jumat (4/6).


1. Mengobati jerawat.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Daun mint terkenal memiliki sifat antibakteri dan salisilat, sehingga dapat bantu mencegah jerawat. Selain itu, daun mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rawan jerawat. Aplikasi bahan ini mengering dan menghilangkan jerawat saat membersihkan pori-pori kulit.

Kandungan asam salisilat daun mint membantu pergantian sel yang halus. Ini melonggarkan sel-sel kulit mati dan mendukung pertumbuhan sel baru yang sehat.


2. Mencerahkan kulit.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Daun mint memiliki efek menyegarkan dan menyejukkan pada kulit. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih cerah dan segar. Biasanya tumbuhan ini dapat ditemukan dalam produk skin care seperti masker, lotion dan lain-lain.


3. Memperlambat penuaan.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan pada daun mint dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit, dan menunda terjadinya keriput serta garis halus. Pengaplikasian daun mint ini dapat digunakan untuk membersihkan kulit secara rutin dan teratur.


4. Melembapkan kulit.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Selain memberikan efek dingin, daun mint juga dapat mengunci kelembapan kulit jika digunakan dengan kombinasi bahan pelembap alami lainnya seperti susu atau yogurt. Daun mint mengatasi kulit kering yang menyebabkan pengelupasan dan gatal.


5. Mengencangkan kulit.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Mint merupakan senyawa zat ringan yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Masker atau scrub daun mint mampu menghilangkan kotoran dari pori-pori dan membuat kulit jauh lebih kencang. Mint adalah pembersih dan astringent yang sangat baik. Kandungan asam salisilatnya mengontrol sel kulit mati.


6. Menghindari gigitan nyamuk dan iritasi.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Khasiat anti-inflamasi yang kuat dari bahan ini menenangkan iritasi akibat gigitan nyamuk bahkan mengobati kulit kering, luka dan gatal. Sifat menenangkan dan dingin pada daun mint juga membantu meredakan bengkak, merah, dan gatal pada kulit.


7. Meremajakan kulit.

Manfaat daun mint untuk kecantikan © Stylecraze

foto: freepik.com

Penggunaan daun mint secara rutin baik untuk masker, scrub atau membersihkan wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan kulit terpelihara dengan baik. Menggunakannya membantu meremajakan kulit dan membuatnya tetap sehat. Bahan ini juga kaya akan antioksidan yang menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.