Brilio.net - Wajah pria secara umum memproduksi minyak di wajah alias sebum lebih banyak daripada wanita. Maka dari itu, masalah kulit wajah berminyak juga kerap dialami oleh pria. Jika kulit berminyak tidak segera diatasi dengan baik, maka dapat mengganggu penampilan lantaran menimbulkan masalah kulit wajah seperti jerawat, pori-pori tersumbat, komedo, dan lainnya.

Seperti yang dilansir dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, dengan judul Oily Skin: A Review of Treatment Options, Dawnielle C. Endly, DO, and Richard A. Miller, DO, mengungkapkan bahwa pria secara umum memiliki produksi sebum lebih tinggi karena dikaitkan dengan tingkat testosteron yang juga lebih tinggi. Sama seperti wanita, di bawah kulit pria juga terdapat kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk melindungi kulit dengan pelumas alami atau minyak yang disebut sebum.

Tak hanya itu, pria juga memiliki hormon yang disebut dihidrotestosteron atau DHT yang merupakan hormon alami pria. Namun, tingkat DHT yang lebih tinggi dalam tubuh menyebabkan produksi sebum berlebih dan membuat kulit terlihat lebih berminyak.

Selain terkait dengan hormonal, ternyata produksi sebum pada pria juga disebabkan karena faktor cuaca. Inilah mengapa masalah wajah berminyak pada pria terkadang lebih kompleks dibandingkan masalah wajah berminyak pada wanita.

Produksi minyak berlebih pada pria juga bergantung pada genetika dan kebiasaan perawatan kulit. Kamu mungkin tidak bisa berbuat apa-apa ketika hal ini berkaitan dengan gen. Akan tetapi, rutinitas perawatan kulit adalah sesuatu yang dapat dikendalikan untuk menghilangkan atau minimal meminimalisir minyak di wajah pria.

Tapi kamu jangan khawatir, karena tidak semua tentang kulit berminyak pada pria adalah hal buruk. Perlu kamu ketahui bahwa kulit yang lebih berminyak cenderung akan terlihat tampak awet muda dibandingkan pria yang memiliki jenis wajah yang kering.

Di sisi lain, produksi sebum seseorang juga dapat dipengaruhi oleh genetika. Meskipun demikian, ada banyak perawatan dan cara menghilangkan minyak di wajah pria yang bisa dicoba. Dengan demikian, minyak di wajah dapat diminimalisir sehingga tidak mengganggu penampilan serta menimbulkan masalah kulit.

Nah, simak yuk tujuh cara menghilangkan minyak di wajah pria yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/4).

 

(brl/tin)