Brilio.net - Tanaman aloe vera atau lidah buaya memang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Tanaman ini memang sejak dahulu kala digunakan untuk obat dan juga kecantikan. Orang Mesir sudah menggunakan tanaman ini sejak 6.000 tahun. Cleopatra dan Nofretete adalah orang yang kerap menggunakan isi lidah buaya untuk ritual kecantikan sehari-hari.

Nah ternyata penggunaan lidah buaya dianggap sebagai 'ramuan' mujarab bagi kecantikan dari zaman dulu hingga sekarang. Lidah buaya juga ternyata sangat cocok bagi semua tipe kulit, baik kering, berminyak hingga kombinasi. Penasaran kan apalagi kegunaannya?

Yuk simak enam manfaat menakjubkan lidah buaya untuk ritual kecantikan seperti brilio.net lansir dari Fashion and Beauty Look, Jumat (26/5).

1. Hair mask

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: stylecraze.com / prosourcecoconut.com

Lidah buaya memang dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan enzim pad alidah buaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di kulit kepala. Enzim tersebut membuka folikel rambut yang akan membantu nutrisi agar mudah dicapai rambut sehingga lebih kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Caranya:

Campurkan 1/2 gel lidah buaya dengan 2 sendok makan santan kelapa. Gunakan di sleuruh rambut, diamkan hingga 20-40 menit dan bilas hingga bersih.

2. Masker wajah

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: skinagain.com / makeupandbeauty.com

Lidah buaya dianggap sebagai tanaman yang sempurna karena mengandung sifat anti penuaan. Lemon memiliki sifat eksfolian (mengelupas) yang baik dan secara lembut menghilangkan sel kulit mati.

Lemon juga memiliki sifat memutihkan alami yang membantu dalam mencerahkan kulit. Sementara lidah buaya sendiri bersifat menenangkan dan mendinginkan. Kombinasi lidah buaya dan lemon yang mengandung vitamin C ini juga bisa memudarkan hiperpigmentasi dan bekas jerawat.

Caranya:

Campur gel lidah buaya dengan perasan air lemon. Oleskan pada wajah dan pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 20 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih.

3. Makeup remover

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: davidwolfe.com / naturallycurly.com

Lidah buaya merupakan salah satu makeup paling lembut. Dan tentu saja lidah buaya paling alami dibanding produk-produk berbahan kimia yang mungkin tidak cocok digunakan pada semua jenis kulit.



Caranya:

Campurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun/minyak kelapa. Simpan campuran kedua bahan ini pada wadah tertutup. Dan kamu bisa menggunakan untuk menghilangkan makeup pada wajah dengan bahan alami.

4. Krim cukur

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: milleniummagazine.com / eatthis.com

Melembabkan kulit sangat penting, terutama setelah mencukur. Mencukur juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan benjolan, makanya kini sudah banyak krim cukur yang dijual bebas untuk menghindari iritasi ini.

Caranya:

Campurkan gel lidah buaya, minyak kelapa dan minyak esensial untuk pewangi. Gunakan campuran ini sebagai krim cukur seperti biasanya.

5. Hair spray anti kusut

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: makeupandbeauty / kristenlindsay.com

Rambut kusut memang bisa membuat penampilan jadi berantakan. Nah, lidah buaya yang mengandung polisakarida dianggap mampu mengembalikan kelembaban pada rambut dan membuat rambut tampak berkilau.

Caranya:

Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 cangkir air hangat. Biar harum, tambahkan 5 tetes minyak esensial lavender ke dalam campuran lidah buaya dan air. Masukkan ke dalam botol spray dan kocok dahulu sebelum digunakan pada rambut kusut.

6. Serum mata

manfaat lidah buaya  © 2017 berbagai sumber

foto: botoxjuvedermdoctor.com / makeupandbeauty.com

Lidah buaya memang sangat bagus karena sifat gelnya yang anti penuaan. Nah, meskipun sudah banyak serum mata dijual di pasaran, lidah buaya ini juga mampu digunakan untuk serum mata.

Caranya:

Campurkan gel lidah buaya dengan minyak vitamin E untuk menghilangkan garis-garis halus di sekitar mata. Campuran ini juga bisa melembabkan kulit, untuk itu gunakan sebagai serum mata sebelum tidur untuk hasil terbaik.