Brilio.net - Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang biasa digunakan sebagai bahan makanan. Selain dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami, kentang juga bisa digunakan untuk bahan makanan pengganti beras.

Tentunya kentang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya memiliki nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks, C, niacin, antioksidan, hingga asam folat.


Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal. Sedangkan bila dimakan bersama kulitnya, dapat memberikan tambahan serat bagi tubuh. Selain dikonsumsi untuk kesehatan, kentang juga dipercaya memiliki manfaat baik bagi wajah.

Loading...


Ya, merawat kesehatan wajah bisa dilakukan dengan sejumlah cara, salah satunya kentang ini. Beberapa orang bahkan membuat masker pencerah wajah dari kentang.

Kandungan antioksidan pada kentang mampu mencegah penuan dini, mencerahkan kulit, hingga mengatasi jerawat. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 manfaat untuk wajah, salah satunya bisa mengatasi jerawat, Jumat (4/9).


1. Mengatasi jerawat.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kentang yang pertama yakni untuk mengatasi jerawat. Penggunaan kentang sebagai masker dipercaya dapat mengempeskan jerawat yang membandel. Sebab kentang memiliki kandungan antiradang di dalamnya.

Kamu dapat menggunakan jus kentang, caranya dengan mendinginkan ketang yang telah diblender ke dalam lemari es. Setelah itu gunakan untuk facial. Kandungan ini dapat meredakan peradangan pada jerawat yang membuatnya semakin besar dan susah hilang. Selain itu juga dapat menyamarkan bekas jerawat.


2. Menghilangkan mata panda.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki pada panda terkadang cukup mengurangi percaya diri seseorang. Kamu dapat memanfaatkan kentang untuk mengurangi bengkak dan kantung mata. Seperti halnya penggunaan timun, kentang juga terbukti sangat efektif dalam menghilangkan lingkar hitam pada area mata.

Caranya cukup mudah, yaitu kupas dan potong besar. Kemudian, bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakkan di mata kamu selama sekitar 15 hingga 20 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara lain bisa dilakukan dengan mengoleskan jus kentang menggunakan cotton bud pada lingkar hitam di bawah mata. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.


3. Mencegah penuaan dini.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Umumnya wajah keriput dialami oleh orang tua, tapi kulit keriput karena penuaan dini juga dapat dialami oleh anak muda loh. Nah, nutrisi dalam kentang membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai perawatan anti kerut.

Masker dari jus kentang, jika digunakan secara rutin akan menyamarkan garis halus yang muncul di wajah. Selain itu dapat memberikan kilau sehat dan kelembutan pada kulit kamu.


4. Mencerahkan kulit.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya kentang dikenal dapat mencerahkan kulit. Kentang mengandung enzim katekolase yang membantu meringankan bintik-bintik gelap, bekas jerawat dan noda kusam di wajah.

Kandungan ini juga yang sering digunakan sebagai 'pemutih kulit' alami. Jadi, jika kamu ingin mencerahkan warna kulitmu, cobalah mengoleskan kentang mentah pada wajah kamu. Dengan mengonsumsi kentang secara teratur dan juga mengoleskannya di kulit sangat efektif dalam pemulihan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Antioksidan pada kentang ini melindungi sel-sel kulit tidak hanya dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, tetapi juga dari sinar UV matahari yang berbahaya. Dengan begitu kentang juga dapat mengurangi risiko kanker kulit.


5. Baik untuk kulit kering.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki kulit kering terkadang cukup menjengkelkan. Sebab nggak hanya membuat tekstur kulit jadi bersisik, tapi juga membuat wajah tampak menjadi kusam. Salah satu solusinya dapat menggunakan kentang.

Kentang memiliki kemampuan membuat kulit jadi lembut dan kenyal. Selain itu juga dapat memberikan nutrisi dan melembabkan kulit sehingga baik untuk kulit kering.

Cara penggunaannya yaitu dengan memarut beberapa kentang, lalu tambahkan 1/2 sendok teh hingga membentuk masker. Oleskan pada wajah dan diamkan 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.


6. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat kentang untuk wajah freepik.com

foto: freepik.com

Kentang adalah salah satu bahan pengelupasan kulit alami yang ampuh menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati ini dapat menyembunyikan rona dalam kulit dan membuatnya terlihat kusam. Kentang adalah pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dari kulit wajah.

Kupas beberapa kentang kemudian parut kentang dan oleskan di wajah kamu. Biarkan selama 10 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Penggunaan yang teratur tidak hanya akan menghilangkan kotoran dari kulit tetapi juga akan membuat kulit terasa lembut, kenyal, bercahaya dan segar.