1. Cream mask.

 Cara pemakaian masker wajah yang benar Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cream mask merupakan jenis masker wajah pertama yang memiliki tekstur lembap. Cream mask menjadi salah satu masker yang bisa digunakan oleh jenis kulit kering, kulit wajah berjerawat, dan kulit berminyak. Hal ini dikarenakan cream mask ini mampu menghidrasi kulit dan bisa mengatasi penuaan dini secara sementara. Bahkan tidak hanya itu, cream mask bisa membuat kulit kamu lebih kenyal dan tampak lebih muda.

Nah, cara menggunakan masker wajah dengan jenis cream mask harus kamu ketahui. Pertama-tama bersihkan wajah dengan mencuci muka menggunakan facial wash terlebih dahulu. Mencuci wajah menggunakan facial wash ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah dan membuat wajah kamu kembali menjadi lebih segar dan bilas menggunakan air hangat.

Langkah kedua yaitu menggunakan toner wajah. Toner wajah ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan kapas sebagai aplikator untuk mengoleskan toner pada permukaan wajah.

Nah, langkah ketiga barulah aplikasikan cream mask ke wajah kamu secara menyeluruh dan rata. Lalu bilas dengan air biasa. Jika sudah menggunakan cream mask jangan lupa untuk melembapkan menggunakan pelembap wajah.

2. Gel mask.

 Cara pemakaian masker wajah yang benar Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jenis masker kedua ada masker jenis gel. Masker jenis gel ini memiliki tekstur seperti selai. Walaupun memiliki tekstur seperti selai namun lebih ringan. Gel mask ini walaupun memiliki tekstur seperti selai, masker ini bisa digunakan bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal dan berminyak. Selain diperuntukan untuk kulit berminyak masker gel ini pada umumnya dibuat dengan bahan yang mengandung astringen seperti raspberry dan blackberry. Kedua bahan ini memiliki kegunaan untuk meminimalisir minyak yang ada pada lapisan kulit wajah. Selain itu adanya bahan ini membuat masker gel mask mampu untuk mengencangkan pori-pori pada kulit wajah.

Nah, sementara itu untuk cara penggunaan dari masker gel mask tidak berbeda jauh dengan masker cream mask. Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash. Membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash ini sangat penting karena bisa membersihkan wajah dari kotoran yang menempel pada wajah. Tidak hanya itu, gel mask ini mampu membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup yang telah digunakan seharian.

Langkah selanjutnya yaitu dengan menggunakan scrub wajah terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan gel mask. Scrub wajah yang digunakan sebelum menggunakan gel mask ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit bisa melakukan proses regenerasi sel secara alami. Dengan begini maka wajah kamu tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Kemudian jika sudah, barulah kamu menggunakan masker gel. Namun, sebelum kamu mengoleskan gel mask pada area wajah kamu. Kamu perlu melakukan steaming (uapkan wajah). Menguapkan wajah ini berguna untuk membuka pori-pori wajah dan memberikan sensasi menenangkan bagi kulit wajah. Setelah itu baru lah kamu mengoleskan gel mask pada wajah.

3. Clay mask.

 Cara pemakaian masker wajah yang benar Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jenis masker berikutnya yang bisa kamu pakai adalah jenis masker clay mask. Clay mask merupakan jenis masker lumpur yang memiliki sifat menyerap, pengelupasan, dan memiliki sifat astringent. Nah, perlu kamu ketahui clay mask ini memiliki manfaat merawat untuk merawat jenis kulit berminyak sehingga bisa mengatasi jerawat dan peradangan yang terjadi pada kulit wajah.

Masker lumpur memang memiliki kemampuan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Nah, agar kamu mendapatkan manfaatnya itu, sebelum menggunakan kamu harus tahu cara yang benar sebelum menggunakan masker clay mask.

Sebelum menggunakan clay mask, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan menggunakan clay mask. Clay mask sendiri memiliki dua jenis yakni black clay dan green clay. Jenis black clay ini biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan wajah seperti komedo dan membersihkan wajah kotor. Sedangkan green mask berguna untuk mengatasi permasalahan wajah lainnya.

Nah, jika kamu sudah mengetahui kebutuhan dan menentukan jenis clay mask. Cara menggunakan clay mask yang benar yaitu pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah dari kotoran. Jika ragu menggunakan facial wash saja, kamu bisa menggunakan teknik double cleansing agar benar-benar bersih.

Langkah selanjutnya itu, oleskan clay mask pada wajah secara merata. Jangan terlalu banyak menggunakan clay mask. Kamu cukup mengoleskan dengan tipis saja. Agar mempermudah pengaplikasian clay mask pada wajah, kamu bisa menggunakan spatula khusus masker.

Jika sudah mengaplikasikan secara merata dan tipis, kamu harus memperhatikan waktu. Kamu cukup menggunakan clay mask dengan jangka waktu kurang lebih 5 sampai 15 menit saja. Jika clay mask sudah kering, kamu bisa membersihkan masker dengan menggunakan air bersih.

(brl/lin)