3. Minimalkan penggunaan catok dan blow dry.

Perawatan untuk rambut diwarnai agar tetap sehat ala Tara Basro Berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Tara, khusus untuk rambut yang diwarnai sebisa mungkin untuk meminimalkan atau menghindari penggunaan catok dan blow dry guna mencegah rambut menjadi rusak. Rambut yang diwarnai bakal lebih rentan rusak akibat panas dari peralatan tersebut. Kalau memang perlu menggunakan catok rambut, sebaiknya aplikasikan dulu serum rambut khusus agar rambut tidak gampang rusak.

Penggunaan blow dry juga akan membuat rambut menjadi kering dan mudah patah, sehingga sebaiknya gunakan hair protection yang khusus untuk merawat rambut diwarnai.

4. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Perawatan untuk rambut diwarnai agar tetap sehat ala Tara Basro Berbagai sumber

foto: freepik.com

Hal ini sangat penting dilakukan untuk membuat rambut yang di warnai tetap sehat dan tidak mudah rusak. Beberapa makanan mengandung zat yang dapat mempercepat pertumbuhan dan regenerasi rambut kamu. Makanan yang mengandung zat besi dan protein akan membuat keratin lebih kuat dan melembutkan tekstur rambut kamu. Kemudian, mengonsumsi daging, ikan, low-fat cheese, putih telur, bayam dan kacang kedelai akan membuat rambutmu yang sudah diberikan pewarna rambut menjadi lebih baik.

Vitamin juga dapat membuat rambut kamu lebih sehat. Vitamin C dapat menopang folikel rambut. Vitamin B atau Biotin akan menguatkan rambut yang mudah patah. Biotin dapat ditemukan pada ikan salmon, ikan sarden, wortel dan kuning telur.

5. Selalu gunakan aftercare.

Perawatan untuk rambut diwarnai agar tetap sehat ala Tara Basro Berbagai sumber

foto: freepik.com

Setelah rambut mengalami proses pewarnaan, Tara merekomendasikan aftercare khusus untuk rambut diwarnai. Gunakan produk perawatan rambut atau hair care routine mulai dari sampo, conditioner, vitamin, dan serum. Pilih produk yang memang diperuntukkan khusus untuk rambut diwarnai. Pastikan kandungan dari produk perawatan rambut cocok dan sesuai dengan jenis rambutmu. Sebagai catatan, gunakan produk sampo atau kondisioner bebas sulfat yang bisa menyebabkan warna rambut mudah luntur.

(brl/tin)