1. Perawatan overnight dengan minyak kelapa atau argan oil.

Perawatan untuk rambut diwarnai agar tetap sehat ala Tara Basro Berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Tara Basro, sebelum melakukan pewarnaan, agar rambut tetap lembap dan sehat sebaiknya lakukan perawatan overnight dengan minyak kelapa atau argan oil. Hal ini karena minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat.

Penelitian mengungkapkan bahwa asam laurat dalam minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap rambut. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

Begitupun dengan argan oil yang mengandung asam lemak oleat, linoleat, dan palmitat dalam minyak argan memiliki efek perlindungan untuk mencegah kerusakan akibat penggunaan alat styling rambut. Kandungan tersebut juga dapat mencegah ujung rambut bercabang, sehingga kondisi rambut bisa lebih sehat. Jadi sebaiknya gunakan kedua bahan alami ini untuk merawat rambut di warna sesuai dengan tips dari Tara Basro.

2. Gunakan silver shampoo.

Perawatan untuk rambut diwarnai agar tetap sehat ala Tara Basro Berbagai sumber

foto: freepik.com

Perawatan selanjutnya yang dilakukan Tara Basro untuk merawat rambutnya adalah menggunakan silver shampoo terlebih dahulu jika kamu ingin mewarnai rambutmu dengan warna blonde. Dilansir The Huffington Post, silver shampoo mengandung pigmen warna biru, ungu, dan violet yang berfungsi untuk memudarkan warna kekuningan pada rambut, sehingga dengan menggunakan silver shampoo rambutmu akan terhindar dari warna kekuningan setelah di-bleaching.

Manfaat lainnya dari silver shampoo adalah untuk menyehatkan dan melindungi rambut. Penggunaan silver shampoo secara teratur dapat membantu menjaga warna rambut tetap sehat dan berkilau. Hal tersebut dikarenakan pigment ungu dalam shampoo ini sangat kuat untuk menetralkan warna kuning undertone yang biasa membuat warna rambut terlihat kusam. Silver shampoo juga bermanfaat untuk membantu menyuburkan dan melindungi serat rambut. Dengan demikian, membuat rambut terlihat lebih rapi dan sehat.

(brl/tin)