Brilio.net - Masker merupakan salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang dapat membuat kulit wajah lebih bersih dan sehat. Selain itu, ada pula masker yang diklaim mampu mengatasi permasalahan seperti jerawat dan wajah yang terlihat kusam.

Terdapat beragam masker yang beredar di pasaran, mulai dari clay mask, peel off mask, hingga masker alami. Untuk masker alami, ada yang dijual di pasaran dalam bentuk kemasan, namun masker alami juga bisa dibuat sendiri di rumah.

Salah satu bahan yang mudah didapatkan dan memiliki banyak manfaat untuk kulit yakni buah naga. Cara membuat masker alami dari buah naga pun tidaklah sulit dipraktikkan.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/7), manfaat masker buah naga untuk wajah beserta cara pembuatannya.

Loading...

1. Meregenerasi kulit.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Manfaat masker buah naga yang pertama yakni dapat meregenerasi atau meremajakan kulit. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati, dan sel-sel baru akan melanjutkan fungsinya dengan baik. Dengan munculnya sel-sel kulit baru dengan lebih cepat dan ternutrisi, maka kulit tidak akan kusam, menjadi lebih bersih, serta dapat terlihat makin cerah.

Caranya pun mudah, pertama haluskan buah naga, lalu campurkan dengan madu secukupnya. Aduk dan aplikasikan pada permukaan kulit wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Mencegah penuaan dini.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Penuaan dini dapat terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang relatif muda. Garis-garis pada wajah, keriput dan kulit tidak kencang merupakan contoh dari tanda-tanda penuaan dini. Salah satu penyebabnya yakni karena kegiatan sehari-hari yang tidak dapat dihindarkan dari polusi dan radikal bebas.

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam buah naga bisa bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar akibat dari pancaran sinar matahari secara langsung. Cara membuat masker buah naga ini cukup mudah. Hancurkan buah naga, setelah itu aplikasikan pada bagian wajah secara merata.

Diamkan 20 menit hingga masker mulai mengering. Kemudian bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka. Untuk hasil maksimal kamu bisa melakukannya 2 kali dalam seminggu.

3. Menghaluskan kulit wajah.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Penumpukan sel-sel mati dapat terjadi di seluruh permukaan tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit wajah. Sebagai akibatnya, kulit wajah terasa kasar dan timbul berbagai macam permasalahan pada kulit wajah seperti kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sangat penting jika kamu rutin melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Kamu bisa menggunakan scrub buah naga ini karena kandungan protein, vitamin C, dan asam folat yang bekerja melarutkan sel-sel kulit yang mati.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan jeruk nipis yang mengandung vitamin C tinggi. Sehingga scrub alami ini akan semakin maksimal dalam mengangkat lapisan sel kulit mati yang bisa menyebabkan permasalahan pada kulit wajah.

4. Mengobati jerawat.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Selanjutnya manfaat buah naga yakni dapat mengobati jerawat dan bekasnya. Manfaat ini didapat dari kandungan antibakteri yang terdapat di buah naga. Kandungan tersebut diyakini dapat mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah sehingga membantu mengontrol jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C juga membantu bekas-bekas jerawat jadi lebih cepat pudar.

Caranya, kamu dapat mencampurkan buah naga dengan air lemon. Kamu dapat memilih buah naga saja. Namun, jika ingin memaksimalkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan buah naga dengan air lemon.

Pertama, haluskan buah naga lalu tuangkan perasan air lemon. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat lalu air dingin hingga bersih. Keringkan dengan handuk bersih.

5. Melembapkan kulit.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Buah naga bisa untuk melembapkan kulit wajah. Terdapat berbagai tipe kulit wajah, yaitu normal, normal berminyak, dan kering. Tidak hanya secara genetik, suhu udara yang sejuk hingga dingin dapat membuat kulit wajah kamu kering. Sehingga, kamu butuh treatment untuk melembapkan kulit wajahmu. Buah naga yang kaya akan antioksidan ini sangat baik untuk kecantikan dan menghidrasi kulit.

Kamu bisa mengambil manfaat buah naga secara maksimal sebagai masker. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah kupas buah naga dan ambil daging buahnya, haluskan dan aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu hingga 15 menit lalu bersihkan dengan ait hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin.

6. Mencerahkan kulit wajah.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari Journal of Asian Multicultural Research for Medical and Health Science Study, buah naga dapat mencerahkan kulit wajah karena mengandung antioksidan, vitamin C, E, dan B3. Bahkan, vitamin B3, terbukti efektif untuk mencerahkan kulit kering dan kusam, serta mengatasi kemerahan pada wajah. Jenis buah naga yang paling baik untuk mencerahkan kulit, yakni yang berwarna merah karena mengandung nutrisi yang baik untuk kulit daripada jenis buah naga putih.

Untuk mencerahkan wajah, maka kupas kulit buah naga dan ambil dagingnya. Kemudian potong kecil-kecil daging buah naga dan haluskan. Setelah itu, aplikasikan masker ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit atau hingga masker buah naga mengering. Terakhir, bilas masker buah naga dengan air dingin. Lakukan perawatan wajah ini maksimal dua kali dalam seminggu.

7. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Buah naga kaya akan vitamin C dan E yang dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Buah naga akan mempercepat proses penyembuhan kerusakan kulit, serta menghidrasi kulit dengan lebih baik.

Cara menggunakan buah naga untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah mencampurkan setengah buah naga yang telah dihaluskan dengan tiga sendok makan yoghurt. Kemudian, oleskan lotion tersebut pada bagian kulit yang membutuhkan dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, bilas lotion buah naga dengan air dingin hingga bersih. Meskipun buah naga mampu melindungi paparan sinar matahari, perlindungan terbaik dan ekstra bagi kulit dari sinar matahari tetap harus diiringi dengan penggunaan sunscreen atau sunblock.

8. Memudarkan bekas luka bakar.

masker buah naga untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kulit yang pernah terbakar akan menimbulkan bekas luka yang dapat mengurangi kecantikan kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, buah naga merah dapat membantu memudarkan bekas luka bakar secara efektif. Dikutip dari eprints.polsri.ac.id, cara memudarkan bekas luka bakar dengan buah naga merah adalah mencampurkan daging buah tersebut dengan 1 sdm madu dan 1 sdm perasan lemon. Setelah bahan-bahan tercampur rata, kemudian oleskan pada luka bakar. Lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.