Brilio.net - Permasalahan kulit wajah memang sangat beragam, dari jerawat, kulit kusam hingga penuaan dini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari zat-zat kimia. Salah satunya dengan menggunakan buah naga.

Buah naga nggak hanya baik untuk dikonsumsi tubuh, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Buah naga sendiri memiliki beberapa jenis, namun yang biasa mudah dijumpai yakni buah naga ungu dan merah.

Buah naga memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang mampu menutrisi kulit agar mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selian itu, vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga terbukti dapat mencerahkan kulit kering dan kusam, sekaligus mengembalikan rona merah pada kulit wajah.

Nah kamu bisa mendapatkan manfaat buah naga ini dengan membuatnya menjadi masker. Berikut manfaat masker buah naga untuk wajah dan cara membuatnya seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Junat (18/12).

Loading...

1. Meregenerasi kulit.

Manfaat masker buah naga © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat masker buah naga yang pertama yakni dapat meregenerasi atau meremajakan kulit. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati, dan sel-sel baru akan melanjutkan fungsinya dengan baik.

Caranya pun mudah, pertama haluskan buah naga, lalu campurkan dengan madu secukupnya. Aduk dan aplikasikan pada permukaan kulit wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Mencegah penuaan dini.

Manfaat masker buah naga © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Penuaan dini dapat terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang relatif muda. Garis-garis pada wajah, keriput dan kulit tidak kencang merupakan contoh dari tanda-tanda penuaan dini. Salah satu penyebabnya yakni karena kegiatan sehari-hari yang tidak dapat dihindarkan dari polusi dan radikal bebas.

Kandungan dalam buah naga bisa bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar akibat dari pancaran sinar matahari secara langsung. Cara membuat masker buah naga ini cukup mudah. Hancurkan buah naga, Setelah itu aplikasikan pada bagian wajah secara merata.

Diamkan 20 menit hingga masker mulai mengering. Kemudian bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka. Untuk hasil maksimal kamu bisa melakukannya 2 kali dalam seminggu.

3. Menghaluskan kulit wajah.

Manfaat masker buah naga © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Penumpukan sel-sel mati dapat terjadi di seluruh permukaan tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit wajah. Sebagai akibatnya, kulit wajah terasa kasar dan timbul berbagai macam permasalahan pada kulit wajah seperti kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Untuk itu sangat penting jika kamu rutin melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Kamu bisa menggunakan scrub buah naga ini karena kandungan protein, vitamin C, dan asam folat yang bekerja melarutkan sel-sel kulit yang mati.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan jeruk nipis yang mengandung vitamin C tinggi. Sehingga scrub alami ini akan semakin maksimal dalam mengangkat lapisan sel kulit mati yang bisa menyebabkan permasalahan pada kulit wajah.

4. Mengobati jerawat.

Manfaat masker buah naga © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya manfaat buah naga yakni dapat mengobati jerawat dan bekasnya. Manfaat ini didapat dari kandungan antibakteri yang terdapat di buah naga. Kandungan tersebut diyakini dapat mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah sehingga membantu mengontrol jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C juga membantu bekas-bekas jerawat jadi lebih cepat pudar.

Caranya, kamu dapat mencampurkan buah naga dengan air lemon. Kamu dapat memilih buah naga saja. Namun, jika ingin memaksimalkan manfaatnya kamu bisa mencampurkan buah naga dengan air lemon.

Pertama, haluskan buah naga lalu tuangkan perasan air lemon. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat lalu air dingin hingga bersih. Keringkan dengan handuk bersih.

5. Melembapkan kulit.

Manfaat masker buah naga © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Buah naga bisa untuk melembapkan kulit wajah. Terdapat berbagai tipe kulit wajah, yaitu normal, normal berminyak, dan kering. Tidak hanya secara genetik, suhu udara yang sejuk hingga dingin dapat membuat kulit wajah kamu kering. Sehingga, kamu butuh treatment untuk melembapkan kulit wajahmu.

Kamu bisa mengambil manfaat buah naga secara maksimal sebagai masker. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah kupas buah naga dan ambil daging buahnya, haluskan dan aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu hingga 15 menit lalu bersihkan dengan ait hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin.