Brilio.net - Komedo menjadi salah satu permasalahan wajah yang kerap dialami oleh banyak orang. Nggak hanya remaja saja terkadang orang dewasa pun mengalaminya. Biasanya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya komedo. Mulai dari makanan yang tidak sehat, kebiasaan buruk karena tidak menjaga kebersihan wajah hingga tak membersihkan makeup ketika setelah selesai.

Seperti permasalahan jerawat, banyak orang mengeluhkan komedo yang membandel. Terlebih jika komedo itu muncul pada wajah, ini cukup mengganggu penampilan dan membuat risih. Berbagai upaya dilakukan untuk membasmi komedo, namun terkadang berbagai produk seperti sabun pembersih pun tak mempan alias tak ampuh.



Nah buat kamu yang sedang mengalami permasalahan ini, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti putih telur. Sebab kandungan enzim lysozyme di dalamnya dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat maupun komedo. Telur putih juga dapat menyerap kelebihan minyak, mengangkat sel-sel kulit mati, dan debu.

Loading...

Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, lima cara menghilangkan komedo dengan putih telur, yang ampuh dan alami, Jumat (24/7).

1. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan madu.

Cara menghilangkan komedo berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komedo secara ampuh dan alami, yakni dengan masker putih telur dan madu. Seperti kita tahu banyak manfaat madu sebagai masker pada wajah, salah satunya yakni menghilangkan komedo, menyembuhkan jerawat dan memutihkan kulit wajah.

Caranya yaitu pecahkan sebutir telur, kemudian pisahkan antara kuning telur dengan putihnya. Tuangkan putih telur pada mangkuk dan tambahkan satu sendok makan madu. Kocok campuran hingga berbusa.

Sebelum mengoleskan pada area yang berkomedo, bersihkan wajah terlebih dahulu. lalu oleskan pada area yang berkomedo secara merata. Diamkan hingga mengering atau sekitar 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin.

2. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan garam.

Cara menghilangkan komedo berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara mengatasi komedo yang kedua yakni dengan campuran putih telur dan garam. Perpaduan dua bahan alami ini cukup efektif untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah.

Salah satu kandungan yang ada pada telur, yakni protein yang tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai masalah wajah termasuk komedo. Terlebih jika dicampur dengan garam, yang rupanya juga mengandung potasium yang mampu mengangkat kotoran pada wajah secara cepat.

Yang perlu kamu lakukan ketika ingin membuat masker, yaitu siapkan sebutir telur dan satu sendok garam. Lalu pecahkan telur tersebut, dan pisahkan antara kuning dengan putihnya. Taruh telur pada mangkuk dan beri satu sendok garam. Lalu aduk rata.

Sebelum dioleskan pada wajah, sebaiknya wajah dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 20 menit. Terakhir bilas dengan air bersih.

3. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan tisu.

Cara menghilangkan komedo berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara selanjutnya cukup unik yakni dengan putih telur dan tisu. Untuk caranya sebagai berikut. Pertama siapkan putih telur, tisu kertas, dan kuas. Lalu taruh putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya pada mangkuk. Kemudian kocok putih telur hingga berbuih. Jangan lupa pisahkan tisu kertas yang terdiri dari 2 lapisan. Pisahkan tiap-tiap lapisan tersebut. Jika sudah, sapukan putih telur ke area wajah yang berkomedo menggunakan kuas.

Selanjutnya tempelkan tisu kertas pada area komedo. Pastikan tisu cukup menutupi area yang berkomedo. Setelah lapisan putih telur di wajah terasa kering buatlah lapisan tisu lagi dengan menyapukan putih telur. Nah ketika kertas tisu sudah terasa keras dan kaku, segera lepas dengan cepat. Setelah itu cuci wajah dengan pembersih muka.

4. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan jeruk nipis.

Cara menghilangkan komedo berbagai sumber

foto: freepik.com

Membuat masker dengan bahan alami putih telur dan jeruk nipis/ dapat mengatasi komedo karena kandungan vitamin C ada dalam jeruk nipis/ lemon. Vitamin C tersebut memberikan nutrisi pada kulit. Masker ini juga sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak.

Caranya yaitu dengan pisahkan putih telur dengan kuningnya. Lalu taruh putih telur pada mangkuk dan tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. Kocok hingga berbusa, oleskan pada wajah yang sudah bersih secara merata. Diamkan hingga mengering, lalu bersihkan masker menggunakan air sambil menggosok bagian komedo dengan tangan secara lembut. Terakhir bilas dengan air bersih.

5. Cara mengatasi komedo dengan putih telur dan lidah buaya.

Cara menghilangkan komedo berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara terakhir yaitu dengan campuran putih telur dengan lidah buaya. Lidah buaya juga diklaim dapat mengatasi masalah komedo dan berjerawat pada wajah. Kandungan gel pada lidah buaya lidah buaya bersifat anti bakteri, anti iritasi, dan anti peradangan yang baik untuk kulit.

Buat kamu yang ingin mencobanya, siapkan putih telur dan masukkan pada mangkuk. Lalu ambil daging lidah buaya, kupas kulitnya. Campurkan gel lidah buaya ke putih telur, aduk rata. Setelah itu, oleskan secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Diamkan hingga mengering, dan basuh wajah hingga bersih