Brilio.net - Memiliki kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan beberapa permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit terkelupas. Kulit yang terkelupas bisa menyebabkan rasa perih, gatal, dan membuatmu merasa tidak nyaman. Penyebab kulit kering bisa karena berbagai hal. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sebaiknya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya, dengan mengoleskan pelembap, pakai bahan alami, hingga minum air putih.

Kulit yang kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi. Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering. Hal ini terjadi karena tersumbatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit.

Dilansir situs kesehatan Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Walaupun begitu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya. Oleh karena itu, membutuhkan perawatan untuk mengatasi wajah kering yang mengelupas dan perih.

Salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk mengatasi kulit kering adalah masker. Saat ini sudah banyak sekali produk skincare yang mengandung formulasi untuk mengatasi kulit kering. Tapi tidak semua orang cocok menggunakan produk skincare, malah justru dikhawatirkan makin memperparah keadaan kulit wajah. Namun kamu tak perlu khawatir, karena kamu masih bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang dijadikan masker wajah. Seperti madu, alpukat, minyak zaitun dan lainnya.

Lantas bagaimana cara membuat maskernya? Berikut lima cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3):

1. Masker madu dan lidah buaya.

Cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu baik digunakan untuk merawat kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit. Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar.

Sedangkan lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit, sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak. Gel lidah buaya menyerap dengan mudah, membuatnya ideal untuk kulit kering.

Cara membuat masker madu dan lidah buaya ini sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gel lidah buaya. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

2. Masker yoghurt dan alpukat.

Cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Yoghurt mengandung kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, serta memelihara kesehatan sel-sel kulit. Sedangkan alpukat mengandung biotin yang yang merupakan bagian dari kompleks vitamin B. Biotin dikenal ampuh dalam mencegah kulit kering.

Kepala Departemen Ilmiah LaFlore Probiotic Skincare Maya Ivanjesku pada Healthline mengatakan bahwa lemak, vitamin, dan senyawa lain dalam alpukat membantu mempercepat perbaikan kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Nutrisi penting lain yang terdapat dalam alpukat di antaranya adalah betakaroten, lesitin, dan asam linoleat. Kandungan-kandungan tersebut bersama dengan vitamin E dapat membantu melembapkan kulit.

Cara membuat masker ini cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan dua sendok makan yoghurt plain dengan satu sendok makan alpukat yang telah dihaluskan. Oleskan pada wajah secara merata kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Masker pepaya dan madu.

Cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan dan bekerja untuk menarik air dari lingkungan sekitarnya sehingga dapat menjaga kelembapan kulit wajah. Sementara pepaya kaya akan antioksidan dan mineral yang membantu mempercepat proses penyembuhan kulit. Cocok untuk menyembuhkan kulit terkelupas.

Cara membuat masker pepaya dan madu adalah dengan menghaluskan daging buah pepaya dan ambil dua sendok makan, campur dengan satu sendok makan madu dan terapkan pada daerah kulit yang terkelupas. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Masker minyak zaitun dan tomat.

Cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam lemak yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Manfaat minyak zaitun yang utama untuk kulit adalah melembapkan kulit. Minyak yang berasal dari Mediterania ini mampu mengunci kelembapan kulit, sehingga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Sedangkan tomat mengandung antioksidan dan vitamin C serta vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium.

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science mengemukakan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap kondisi kulit kering pada penderita dermatitis atopik. Cara membuat masker tomat sangat mudah yaitu dengan menyiapkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan tomat yang sudah du haluskan. Campur kedua bahan hingga merata lalu oleskan pada wajah yang kering. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Masker kunyit dan pisang.

Cara mengatasi wajah mengelupas dan perih pakai masker alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan pada kunyit dan komponen antiinflamasi di dalamnya dapat membantu melembapkan kulit kering. Sedangkan pisang juga dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit kering. Pisang kaya akan kalium yang dapat menjadi faktor pelembap alami kulit. Vitamin A yang terkandung dalam pisang mengembalikan kelembapan yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, dan kering.

Cara membuat masker kunyit dan pisang adalah dengan mencampurkan dua sendok makan pisang yang telah dihaluskan dengan satu sendok makan kunyit bubuk lalu tambahkan air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata kemudian tunggu hingga 20 menit. Bilas menggunakan air bersih.

(brl/lin)

(brl/lin)