Cara memutihkan kulit wajah pakai masker pepaya freepik.com

foto: freepik.com

Selain kandungan vitamin C dan enzim papain pada pepaya yang bermanfaat untuk meremajakan kulit dan mencerahkan kulit kusam, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan madu.

Madu memiliki berbagai kandungan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti natrium, asam amino, zinc, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Madu baik digunakan untuk merawat kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit.

Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Sebagai humektan, madu untuk kulit kering membantu mengelupas sel kulit mati atau eksfoliasi.

Karena proses eksfoliasi ini maka wajah akan terlihat lebih putih dan cerah merata. Cara membuat masker ini adalah dengan menyiapkan dua potong buah pepaya yang sudah di haluskan dengan satu sendok makan madu murni. Campur kedua bahan ini hingga merata. Setelah itu oleskan pada seluruh wajah, tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Pepaya dan susu.

Cara memutihkan kulit wajah pakai masker pepaya freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa pepaya dengan kandungan vitamin C-nya mampu memutihkan wajah yang kusam. Begitupun dengan susu, susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu ini lah yang diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, mengatasi wajah kusam dan menyamarkan noda hitam.

Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Cara membuat masker ini adalah dengan menyiapkan dua potong pepaya yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan susu sterilisasi. Campurkan kedua bahan ini hingga merata lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Pepaya dan tomat.

Cara memutihkan kulit wajah pakai masker pepaya freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C yang terdapat pada pepaya dapat bermanfaat untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Selain itu, ternyata tomat juga memiliki beragam manfaat untuk kulit.

Tomat memiliki kandungan vitamin A, antioksidan, vitamin C, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk membantu kulit memproduksi lebih banyak kolagen. Kolagen akan membuat wajah meregenerasi sel kulit baru sehingga wajah belang akan memudar dan mengembalikan warna kulit secara merata dan akan terlihat lebih putih.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua potong pepaya yang sudah dihaluskan dengan setengah buah tomat yang sudah dihaluskan. Aduk kedua bahan hingga merata setelah itu aplikasikan pada seluruh wajah.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Pepaya, kunyit, dan lemon.

Cara memutihkan kulit wajah pakai masker pepaya freepik.com

foto: freepik.com

Selain pepaya yang memiliki kandungan vitamin C, ternyata lemon juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. Dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan wajah dengan dengan mengurangi pembentukan melatonin dan memudarkan bintik hitam.

Vitamin C juga memblokir aksi enzim tirosinase yang berfungsi untuk pembentukan pigmen melanin. Sedangkan, kunyit memiliki kandungan kurkumin sebagai bahan aktif utama di dalamnya.

Curcumin memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mengurangi radikal bebas, antiperadangan, antijamur, dan antibakteri yang menjadikan kunyit ini sebagai bahan efektif untuk melawan jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kunyit dan sifat antiinflamasinya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, bersih, dan tampak bercahaya. Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua potong pepaya yang sudah di haluskan dengan satu sendok makan kunyit bubuk dan satu buah perasan lemon yang diaduk secara merata.

Setelah itu oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hingga bersih.

5. Pepaya, bengkoang, dan susu.

Cara memutihkan kulit wajah pakai masker pepaya freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa pepaya mengandung vitamin C dan enzim papain yang berperan untuk mencerahkan dan memutihkan wajah secara merata. Apabila dikombinasikan dengan bengkoang dan madu, jika di buat masker akan membuat fungsi masker lebih optimal.

Hal itu karena bengkoang memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, fosfor, sodium dan folat. Berbagai zat dan vitamin pada bengkoang selain mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, bengkoang juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit dengan warna yang tidak merata.

Warna kulit yang tidak merata, noda gelap dan kusam dapat disamarkan dengan bantuan buah bengkoang. Sari pati bengkoang lah yang dapat menjadikan kulit menjadi lebih cerah. Untuk mendapatkan sari pati ini, kamu hanya perlu memarut buang bengkoang dan diperas.

Air hasil perasan ini diamkan selama beberapa menit untuk menghasilkan endapan. Hasil dari endapan tersebut adalah sari pati dari bengkoang. Sedangkan, susu mengandung asam laktat yang dipercaya mampu mencerahkan dan memutihkan warna kulit serta membuat kulit menjadi lebih halus.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua potong pepaya yang sudah dihaluskan dengan dus sendok makan saripati bengkoang serta dua sendok makan susu sterilisasi. Campur ketiga bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

(brl/pep)