Brilio.net - Pori-pori besar pada wajah akan terlihat seperti kulit jeruk. Tidak hanya membuat wajah kusam, melainkan terlihat tua dan kasar.

Masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh produksi minyak kulit alami atau sebum yang berlebihan. Selain itu, beberapa faktor utama seperti stres, masalah genetik, dan perawatan kulit yang tidak tepat juga dapat menyebabkan pori-pori terbuka.

Lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan komplikasi seperti jerawat dan komedo membandel. Untuk mengatasi masalah pori-pori, ada beberapa perawatan alami yang bisa kamu tempuh. Salah satunya dengan memanfaatkan kandungan lidah buaya.

Lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Loading...

Kamu bisa membuat masker dari lidah buaya untuk mengecilkan pori-pori. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/1).

1. Lidah buaya.

masker lidah buaya pori-pori © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari indiatvnews, mengoleskan gel lidah buaya di wajah setiap hari bisa membuat kulit jadi lembut dan halus. Masker ini juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, serta membersihkan dan menutrisi kulit dengan menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit.

Bahan yang dibutuhkan:
- gel lidah buaya

Cara membuat masker:
- Iris dan kupas lidah buaya.
- Ambil dan oleskan gel lidah segar ke wajah.
- Pijat selama beberapa menit.
- Biarkan gel lidah buaya menempel di kulit selama hampir 10 menit.
- Bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Kamu dapat menerapkan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Lidah buaya, timun, dan gula merah.

masker lidah buaya pori-pori © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari stylecaster, pori-pori besar bisa terjadi pada kulit sensitif. Salah satu solusi untuk mengurangi hal mengganggu tersebut adalah dengan membuat masker dari lidah buaya.

Kandungan astringent pada lidah buaya dan timun akan mengurangi produksi sebum berlebih. Sedangkan gula merah akan bekerja sebagai eksfoliasi yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sisa minyak, dan kotoran yang menempel serta menyumbat pori-pori.

Bahan yang dibutuhkan:
- satu timun
- beberapa tetes gel lidah buaya
- gula merah secukupnya

Cara membuat masker:
- Iris timun lalu hancurkan hingga berbentuk bubur.
- Campur timun yang sudah halus dengan gel lidah buaya. Aduk rata.
- Kemudian campur lagi dengan gula merah hingga rata.
- Oleskan masker ke seluruh wajah sampai rata.
- Pijat wajah secara perlahan.
- Diamkan selama setengah jam.
- Bilas wajah hingga bersih menggunakan air. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa membuat masker ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Lidah buaya dan peppermint oil.

masker lidah buaya pori-pori © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari Bustle, salah satu cara mengecilkan pori-pori secara alami adalah dengan lidah buaya dan minyak esensial peppermint oil. Peppermint oil mengandung astringent yang berfungsi mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga pori-pori akan lebih terlihat mengecil.

Bahan yang dibutuhkan:
- peppermint oil secukupnya
- gel lidah buaya

Cara membuat masker:
- Tuang beberapa tetes minyak esensial peppermint ke gel lidah buaya. Aduk rata.
- Usap ke seluruh wajah hingga rata.
- Diamkan beberapa menit hingga wajah mulai mengering.
- Bilas wajah dengan air bersih.

4. Lidah buaya dan madu.

masker lidah buaya pori-pori © freepik.com

foto: freepik.com


Bahan yang dibutuhkan:
- lidah buaya secukupnya
- madu
- pisau
- mangkuk
- garpu
- toples

Cara membuat masker:
- Cuci tangan hingga bersih, hal ini untuk memastikan agar gel lidah buaya tidak terkontaminasi.
- Potong kulit bagian terluar dari daun lidah buaya. Kemudian, cucilah dengan baik. Bersihkan kotoran yang terdapat pada daun lidah buaya.
- Berdirikan daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih tersebut untuk menurunkan resin berwarna kuning yang mengalir keluar dari daun. Resin mengandung lateks yang dapat mengiritasi kulit. Kemudian kamu tinggal membersihkan sisa-sisa daun dan kupas kulitnya dengan menggunakan pisau kecil.
- Setelah daun terkelupas, selanjutnya kamu tinggal mengambil gel lidah buayanya. Untuk mempermudah mengambilnya, kamu bisa menggunakan sendok dan serut secara perlahan. Masukkan ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.
- Blender beberapa detik gel lidah buaya alami hingga berbusa. Setelah itu, pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke wadah tertutup. Kamu bisa menyimpannya selama 1 minggu. Jika ingin lebih lama, kamu bisa menambahkan pengawet.

5. Lidah buaya dan putih telur.

masker lidah buaya pori-pori © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari medicalnewstoday, putih telur adalah bahan dasar yang sangat baik untuk masker pengencang dan banyak ditemukan dalam formula wajah buatan sendiri. Sifat pengencang kulitnya membantu mengurangi ukuran pori-pori dan mengekstrak minyak dan kotoran lain dari kulit.

Bahan yang dibutuhkan:
- 1/4 cangkir gel lidah buaya atau jus lidah buaya segar
- satu telur (ambil bagian putihnya)

Cara membuat masker:
- Campur lidah buaya dengan putih telur, aduk rata.
- Olekan dan ratakan masker ke wajah.
- Biarkan wajah mengering sepenuhnya dan kulit terasa kencang.
- Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.
- Keringkan wajah dengan handuk lembut.