Brilio.net - Bicara soal daun mint tentu sudah nggak asing lagi. Daun ini cukup populer karena manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Biasanya daun mint banyak digunakan untuk memberikan sensasi segar pada minuman. Misalnya untuk ramuan yang menenangkan jika ditambahkan ke teh. Daun mint juga dikemas untuk berbagai hidangan makanan penutup seperti koktail dan mocktail

Di dalam daunnya yang berukuran kecil ini terdapat kandungan sumber vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan kulit. Juga mengandung asam salisilat yang bisa mendinginkan kulit dan mengatasi inflamasi. Dilansir dari ndtv, daun mint kaya akan mentol dan juga memiliki sifat anti-bakteri.

Nah, ketika wajah mengalami sejumlah masalah kulit seperti jerawat, ruam, paparan sinar matahari, mint dapat kamu andalkan untuk mengatasinya. Baik untuk membersihkan, melembapkan hingga mengencangkan kulit.

Cara mudah untuk mendapatkan manfaat mint untuk kecantikan yakni dengan mengolahnya menjadi masker. Cukup mudah lho, cara membuatnya. Kamu bisa mencampurnya dengan berbagai bahan lainnya. Penasaran gimana caranya?

Berikut 5 cara membuat masker dari daun mint untuk kecantikan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (21/1).

1. Masker mint dan madu.

membuat masker dari daun mint freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik



Cara pertama yakni dengan memanfaatkan masker daun mint yang dicampur dengan madu. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan segenggam daun mint yang sudah ditumbuk dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang bersih.

Loading...

Diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Selain menjadikan kulit lebih kencang, masker ini juga bisa melembapkan kulit secara alami, tanpa membuatnya berminyak.

2. Masker mint dan mentimun.

membuat masker dari daun mint freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik



Daun mint dan mentimun sama-sama bahan alami yang memiliki khasiat baik untuk kulit, terutama saat kulit mengalami peradangan di musim panas. Sebab kedua bahan ini memiliki sifat yang dingin dan hidrasinya kuat.

Cara membuat maskernya yakni dengan menyiapkan beberapa lembar daun mint segar, beberapa irisan mentimun, serta madu. Kemudian haluskan semua bahan tersebut dengan blender, hingga berbentuk pasta. Oleskan masker tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Masker mint dan air mawar.

membuat masker dari daun mint freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik



Air mawar memiliki khasiat untuk menjaga keseimbangan pH kulit dan mengontrol minyak berlebih. Serta memiliki sifat anti-inflamasi. Jika dicampurkan dengan daun mint tentu akan lebih memberikan efek yang lebih baik.

Campurkan daun mint yang telah dihaluskan ke dalam wadah berisi air mawar, tambahkan sedikit madu. Lalu oleskan ke wajah, selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Penggunaan masker ini dapat memberikan manfaat kulit menjadi kencang, lembap, dan lembut.

4. Masker mint dan kunyit.

membuat masker dari daun mint freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik



Kunyit banyak digunakan sebagai bahan masker kulit serta dapat mengatasi jerawat, dan membantu mengurangi jerawat karena sifat anti-inflamasinya. Cukup menyiapkan beberapa daun mint segar  yang sudah dihaluskan, tambahkan sedikit air dan tambahkan sedikit bubuk kunyit ke dalamnya.

Campur dan oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit sebelum dibilas. Untuk mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakannya secara rutin.

5. Masker mint dan oatmeal.

membuat masker dari daun mint freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik



Untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan masalah kulit berminyak kamu bisa memanfaatkan campuran mint dengan oatmeal. Oatmeal sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah.

Untuk membuat masker wajah ini, campurkan susu dan oatmeal dalam mangkuk, tambahkan madu, parutan mentimun dan daun mint yang dihancurkan. Campur semuanya secara menyeluruh dan aplikasikan masker pada wajah dan diamkan sampai kering.

Kemudian lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 1 menit. Setelah selesai, bilas wajah.