Brilio.net - Setiap orang mendambakan memiliki kulit sehat, bersinar, dan cerah. Terlepas apakah kamu adalah orang yang sangat mementingkan penampilan fisik atau tidak, memiliki kulit sehat dan bercahaya adalah sesuatu yang diperlukan dan pasti akan sangat menyenangkan.


Memiliki kulit yang sehat berarti kamu terbebas dari penyakit kulit seperti jerawat, pigmentasi, komedo, pori-pori besar, dan lain sebagainya. Nggak heran jika banyak orang kemudian rela merogoh dalam kantong mereka untuk melakukan segala macam perawatan wajah.


Faktanya, untuk mendapatkan kulit cerah berseri dan sehat ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat masker sendiri dari lidah buaya dan pepaya. Dua bahan ini tidak hanya bermanfaat buat kesehatan, tapi juga bisa membuat kulit jadi lebih cantik serta sehat alami.


Bagaimana cara membuat masker lidah buaya dan pepaya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (14/1).

Loading...


1. Lidah buaya, pepaya, dan madu.

masker lidah buaya dan pepaya © freepik.com

foto: freepik.com


Dilansir dari beautyglimpse, alih-alih menggabungkan madu dan gel lidah buaya secara terpisah dengan pepaya, kamu bisa mencampurkan ketiga bahan ini bersama-sama untuk menghasilkan paket wajah pencerah kulit.


Bahan yang dibutuhkan:
- 2 sendok makan pepaya matang
- 1 sendok makan gel lidah buaya segar
- 1 sendok makan madu mentah


Cara membuat masker:

- Haluskan pepaya lalu masukkan ke mangkuk.
- Campur dengan gel lidah buaya dan madu ke dalam mangkuk.
- Aduk rata, kemudian blender sampai halus.
- Oleskan pada wajah dan kulit secara merata.
- Tunggu hingga wajah kering.
- Bersihkan wajah dan kulit dengan air hangat.


2. Lidah buaya dan pepaya.

masker lidah buaya dan pepaya © freepik.com

foto: freepik.com


Dikutip dari beautyglimpse, lidah buaya adalah solusi alami yang bagus untuk berbagai masalah kulit termasuk kulit kering, kulit berminyak, kerusakan akibat sinar matahari, kusam, penuaan dini, flek hitam, hiperpigmentasi, dan sebagainya. Perpaduan lidah buaya dan pepaya bisa membuat wajah lebih berseri.


Bahan yang dibutuhkan:
- 2 sendok makan gel lidah buaya segar
- 4 sendok makan pepaya matang


Cara membuat masker:
- Hancurkan pepaya hingga halus.
- Campur pepaya dengan lidah buaya, aduk rata sampai berubah jadi pasta.
- Oleskan pada wajah dan leher hingga rata.
- Diamkan selama 20 menit.
- Bilas wajah dan leher hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa membuat masker lidah buaya dan pepaya 1 sampai 2 kali dalam seminggu.


3. Lidah buaya, pepaya, dan air mawar.

masker lidah buaya dan pepaya © freepik.com

foto: freepik.com


Dikutip dari stylecraze, enzim dalam pepaya akan bekerja sebagai exfoliant kimiawi alami. Lapisan atas kulit yang kusam dan mati akan dihilangkan dan menghasilkan kulit yang lebih segar, bercahaya, dan cerah. Pepaya juga membantu membuka pori-pori dan menghaluskan kulit. Perpaduan masker dari tiga bahan, yaitu pepaya, lidah buaya, air mawar cocok dipakai untuk kulit normal, kulit berminyak, dan kulit dewasa.


Bahan yang dibutuhkan:
- 2-3 buah pepaya matang
- 2 sendok teh gel lidah buaya
- 2 sendok teh air mawar


Cara membuat masker:
- Hancurkan potongan pepaya
- Tambahkan lidah buaya dan air mawar ke dalam pepaya. Aduk rata.
- Oleskan masker pada wajah.
- Diamkan selama kurang lebih 10-12 menit.
- Cuci bersih dengan air biasa atau dingin.


4. Pepaya mentah, kunyit, tepung gram, minyak mustard, dan lidah buaya.

masker lidah buaya dan pepaya © freepik.com

foto: freepik.com


Dilansir dari boldsky, perpaduan dari pepaya, kunyit, minyak mustard, tepung gram, dan lidah buaya bisa membantu kulit lebih tenang atau rileks. Selain itu, masker lima bahan itu bisa membuat kulit jadi lebih halus serta menghilangkan rambut-rambut halus dari wajah.


Bahan yang dibutuhkan:
- 2 sendok makan pasta pepaya mentah
- 1 sendok makan gel lidah buaya
- 1 sendok makan tepung gram
- ½ sendok teh bubuk kunyit
- 2 sendok makan minyak mustard


Cara membuat masker:
- Campur pasta pepaya mentah, gel lidah buaya, tepung gram, bubuk kunyit, dan minyak mustard dalam mangkuk dan buat menjadi pasta halus.
- Oleskan pasta ini ke wajah.
- Biarkan hingga benar-benar kering.
- Gosok perlahan pasta dengan jari basah dengan gerakan melingkar sampai pasta kering terlepas dari wajah.
- Cuci bersih dengan air biasa.
- Gunakan masker ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Manfaat masker lidah buaya dan pepaya untuk kecantikan. 


Dirangkum dari boldsky, berikut manfaat masker dari lidah buaya dan pepaya.


1. Mengontrol minyak berlebih.


Campuran pepaya dan lidah buaya dapat mengurangi produksi sebum pada kulit. Dengan demikian, kulit akan terasa lebih lega dan tidak tersumbat oleh minyak yang keluar dari kulit.


2. Melindungi kulit dari sinar matahari.


Vitamin C dan antioksidan yang ditemukan dalam campuran alami lidah buaya dan pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari efek sinar UV. Sinar UV dari matahari dapat merusak wajah, membuat kulit jadi kusam dan sengatan matahari misalnya.


3. Mencerahkan warna kulit.


Lidah buaya dan pepaya mengandung nutrisi baik untuk mencerahkan setiap sel kulit. Masker dari lidah buaya dan pepaya bisa membuat kulit jadi cerah dan bercahaya dari dalam.

4. Melembapkan kulit.


Baik pepaya maupun lidah buaya bekerja sama untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit. Keduanya juga mampu melembapkan pori-pori kulit serta membuat kulit jadi lembut dan kenyal.


5. Anti penuaan dini.


Perawatan kulit buatan sendiri dari lidah buaya dan pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Dengan begitu, dua bahan ini bisa meningkatkan produksi kolagen, sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.


6. Menghilangkan rambut tipis pada wajah.


Beberapa orang tidak suka memiliki rambut tipis pada wajah. Nah, campuran dua bahan alami ini, terutama jika dicampur dengan soda kue, memiliki kemampuan untuk menghilangkan bulu wajah yang tidak diinginkan.


7. Mencerahkan bintik gelap.


Vitamin C yang ditemukan dalam kombinasi pepaya dan lidah buaya ini dapat menghilangkan flek hitam dan pigmentasi, membuat kulit lebih bersih dan bebas noda.