Brilio.net - Jeruk adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak jenis, salah satunya nipis. Jeruk nipis biasanya memiliki rasa yang lebih asam dari jenis lainnya.

Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat yang membuat rasanya jadi lebih asam. Meski terasa asam, jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Nggak hanya untuk kesehatan, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan. Dari mulai kecantikan wajah hingga rambut. Berikut 15 manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, dihimpun dari berbagai sumber lainnya pada Selasa (8/6).

1. Mengatasi jerawat.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C dan zat antibakteri dalam jeruk nipis dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan madu lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal ini secara rutin selama seminggu sekali.

2. Mencerahkan kulit.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Bagi kamu yang biasa beraktivitas di luar, terkena sinar matahari, debu, dan kotoran, jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Kemampuannya bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit.

Bahkan kandungan AHA atau antioksidan ini banyak juga dipakai beberapa kosmetik sebagai bahan utama untuk pencerah wajah. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah secara alami.

Cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

3. Mencegah penuaan dini.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Penuaan dini dapat disebabkan oleh polusi, paparan sinar matahari, dan makanan sehari-hari. Tanda-tanda penuaan dini yakni meliputi munculnya keriput, noda hitam, dan lain sebagainya.

Jeruk nipis dapat dijadikan bahan alami pencegah penuaan dini. Caranya, gosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, atau menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis.

4. Mengatasi kulit kepala berminyak.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kulit kepala. Salah satu masalah rambut yang mudah lepek, yakni karena kulit kepala yang berminyak.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Tinggal aplikasikan air perasan jeruk ke kulit kepala dan akar rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

5. Mengatasi rambut rontok.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain kulit kepala yang berminyak, rambut rontok adalah permasalahan kepala yang sering dialami banyak orang. Ternyata, jeruk nipis juga bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan karena nutrisi utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, yaitu vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis.

Gunakan air perasan jeruk nipis sebagai tonik alami. Oleskan di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut agar sirkulasi darah di kulit kepala lancar dan nutrisi jeruk nipis terserap sempurna. Kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat kulit kepala.

6. Menyamarkan kantung mata.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Masalah lain yang juga kerap mengganggu percaya diri seseorang ialah kantung mata. Dengan jeruk nipis, kamu dapat memanfaatkan untuk menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata lelah.

Fungsikan jeruk nipis sebagai kompres mata alami. Cara penggunaannya, celupkan kapas ke air perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan air biasa, kemudian tempelkan pada kantung mata.

7. Menyamarkan flek hitam.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain jerawat, permasalahan kulit yang umum dialami adalah munculnya flek hitam. Flek hitam ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Nah, untuk kamu yang punya masalah dengan flek hitam, kamu bisa mencoba perawatan wajah alami dengan jeruk nipis. Kamu dapat menggunakan masker jeruk nipis secara teratur.

Cukup celupkan cotton bud steril ke air perasan jeruk nipis segar, kemudian usapkan pada bagian yang ternoda flek. Jika kulitmu termasuk sensitif, larutkan air jeruk nipis dengan sedikit air terlebih dahulu.

8. Mengecilkan pori-pori.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tampilan pori-pori yang besar, seringkali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Pori-pori besar ini dikarenakan terbukanya pori-pori yang dapat menimbulkan kotoran serta minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat hingga mengakibatkan penuaan dini.

Supaya pori-pori terlihat lebih kecil, kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk masker wajah. Gunakan perasan air jeruk nipis untuk masker, gunakan secara teratur, dua hari sekali.

9. Membuat kulit wajah glowing.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sehingga membuat kulit menjadi bersih. Kamu dapat memanfaatkan jeruk nipis ini dengan dua cara, yakni dengan diminum maupun dibuat masker wajah. Air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Sedangkan cara yang kedua yaitu campurkan 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh kunyit, dan 4 sendok makan air jeruk nipis segar. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Campuran masker ini bisa memperbaiki tekstur kulit dan menghindari kekusaman. Lakukan perawatan minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Memudarkan bekas luka.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jeruk nipis ternyata juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka yang sudah mengering. Jangan sekali-sekali mencoba memberikan jeruk nipis pada luka yang masih basah karena dapat menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

Untuk menghilangkan bekas luka, usap kulit dengan jeruk nipis matang yang sudah dibelah secara teratur. Langkah ini akan merangsang sel kulit untuk memperbarui diri, sehingga bekas luka pun memudar secara perlahan.

11. Mengangkat kulit mati pada kaki.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Telapak kaki yang biasanya terasa kasar dan tebal bisa dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk pada kaki. Untuk mengangkat sel kulit mati ini, kamu bisa melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan kulit mati dari kaki dan membersihkan kotoran dengan mudah. Ambil seiris jeruk nipis dan oleskan pada kakimu.

12. Mencegah bau kaki.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain telapak kaki yang terasa kasar, masalah lain yang mengganggu kecantikan kaki, yakni munculnya bau tidak sedap pada kaki yang lembap atau berkeringat. Kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antibakterial yang ampuh dan efektif.

Kamu hanya perlu mengusapkan jeruk nipis yang telah dibelah ke kakimu secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

13. Mencegah bau badan.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Memiliki wajah yang cantik dan postur tubuh menarik akan terasa sia-sia jika memiliki aroma tubuh yang tidak sedap. Bau badan ini tentu tak hanya mengurangi kepercayaan diri, namun juga dapat mengganggu kenyamanan orang yang sedang berada di dekatmu.

Kamu bisa mengurangi dan mencegah bau badan dengan jeruk nipis. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika kamu mengaplikasikan deodoran pada ketiak. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

14. Mengangkat kotoran pada wajah.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit wajah yang kotor dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Untuk itu, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin.

Kamu bisa mencoba membersihkan wajah dengan jeruk nipis. Hal ini berkaitan dengan sifat antibiotic yang ada pada air jeruk nipis tersebut.

Dengan begitu berbagai bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Gunakan jeruk nipis sebagai toner, yang diteteskan pada kapas dan diusapkan ke wajah.

Apabila kamu membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah akan ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

15. Mengatasi kulit belang.

jeruk nipis untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Paparan sinar matahari tentunya tidak bisa dihindari setiap manusia. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat atau belang. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah juga bisa menjadi solusi bagi masalah satu ini.

Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit belang akibat paparan sinar matahari. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dadih. Sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.