Brilio.net - Tren skincare saat ini berkembang sangat pesan. Skincare yang bagus banyak macamnya dan bisa disesuaikan dengan tipe kulit kamu. Tren itu juta dibarengi dengan kepedulian masyarakat baik wanita maupun pria yang sudah mulai peduli terhadap kesehatan kulit. Mereka rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan demi tampil sempurna.

Kulit mulus, putih, dan lembap jadi dambaan setiap orang khususnya wanita. Namun ada saja permasalahan kulit yang mereka alami. Salah satunya adalah kulit berminyak. Munculnya kulit berminyak disebabkan karena sebum pada kulit di wajah memproduksi minyak secara berlebihan.

Dilansir dari Nbcnews.com, Dokter Kulit sekaligus Direktur Medis MDacne, dr Yoram Harth, MD mengatakan ketika kulit memproduksi minyak dengan baik akan membuat kulit sehat karena dapat menangkal racun-racun akibat paparan sinar matahari dan juga polusi udara.

“Tapi kalau produksi kelenjar minyak berlebihan di wajah menyebabkan kulit terlihat sangat berminyak dan dapat menyumbat pori-pori. Dan akhirnya akan timbul jerawat,” kata Yoram.

Loading...

Ada banyak penyebab kulit berminyak, seperri genetik, lingkungan yang berminyak, perubahan hormonal, dan faktor makanan yang tidak sehat.

“Kulit berminyak bisa diatasi dengan menggunakan produk skincare yang bagus dan tepat. Produk yang dipilih biasanya yang dapat menghilangkan kelebihan minyak di wajah,” jelas Yoram.

Yoram mengatakan sebaiknya mencari produk yang non comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori dan bebas minyak.

“Carilah produk skincare dengan bahan aktif yang membantu mengontrol produksi kelenjar minyak seperti belerang, retinol, dan asam salisilat,” tuturnya.

Nah kali ini brilio.net akan merangkum skincare yang bagus untuk kulit berminyak. Apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/1).

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Cetaphil Indonesia

Produk ini merupakan sabun yang aman digunakan untuk kamu yang memiliki kulit kering. Produk ini memiliki kandungan propylene glycol yang bertujuan untuk membantu menjaga kelembapan kulitmu. Walaupun lembut, Cetaphil Gentle Skin Cleanser mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati yang menumpuk, kotoran dan polusi yang menempel pada kulit.

Selain itu, produk tersebut juga efektif membersihkan sekaligus melembapkan kulit, tanpa tambahan pewangi dan tidak mengandung busa berlebihan sehingga lembut di kulit dan tidak merusak kelembapan alami kulit.

Dibuat dengan pH seimbang untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit, juga membantu keseimbangan antara kandungan air dan minyak alami pada kulit. Formula hypoallergenic telah teruji secara dermatologi sehingga cocok sebagai pembersih untuk kulit sensitif sekalipun.

Cara menggunakannya sangat mudah, basuh wajah dengan air kemudian tuangkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ke tangan dan aplikasikan ke wajah sambil diberi pijatan halus. Kemudian bersihkan dengan air bersih. Harga produk ini dibanderol Rp 135 ribu.

2. ElsheSkin Oily Cleanser Wash.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/ElsheSkin Official Shop

Ada juga produk dari ElsheSkin Oily Cleanser Wash. Pembersih wajah ini berfungsi sebagai tahap kedua double cleansing. Diformulasikan dengan berbagai bahan aktif seperti lactoperoxidase, potassium, thiocyanate, dan lactoferrin. Bahan aktif itu tak hanya dapat membersihkan sisa kotoran di wajah tapi juga dapat mengontrol produksi sebum berlebihan dan menutrisi kulit.

Cara menggunakannya, tuangkan produk ElsheSkin Oily Cleanser Wash secukupnya ke telapak tangan lalu usapkan merata ke permukaan kulit wajah yang telah basah dengan gerakan melingkar ke luar. Bersihkan sisa sabun dengan air bersih sampai kulit terasa lebih segar. Harga cleanser wash tersebut adalah

3. Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Wardah Official

Skincare waajh yang bagus selanjutnya adalah serum dari produk Wardah. Serum ini memiliki kandungan gold peptide crystal, youth glow active, dan tujuh botanical oils, seperti macadamia, calendula, chamomile, wheat, avocado, dan jojoba. Semua kandungan ini mampu memberi nutrisi ekstra pada kulit sehingga kulit lebih lembap. Serum ini juga non comedogenic sehingga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Cara menggunakannya cukup mudah, aplikasikan beberapa tetes serum ke wajah kemudian oleskan secara merata, diamkan hingga meresap. Harga produk ini adalah Rp 250 ribu.

4. ElsheSkin Sebum Reducer Serum.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/ElsheSkin Official Shop

Elsheskin Sebum Reducer Serum berfungsi mengontrol produksi sebum berlebihan dalam setiap tetesnya. Serum ini mengandung bahan aktif seperti niacinamide, lactoferrin, potassium thiocyanate, glucose oxidase, lactoperoxidase, dan glucose pentaacetate yang dirancang untuk menjaga kelembapan lapisan kulit dan aman digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Cara menggunakannya cukup muda, teteskan secukupnya serum ke area wajah kemudian usapkan ke wajah dan leher secara merata. Tepuk-tepuk area wajah agar serum meresap sempurna, kemudian lanjutkan menggunakan produk skincare lainnya. Harga produk ini adalah Rp 190 ribu.

5. Himalaya Purifying Neem Mask.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Himalaya Official Shop

Untuk melengkapi kesehatan kulit, kamu bisa rutin menggunakan masker seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan Himalaya Purifying Neem Mask. Serum ini membantu mengatur sekresi minyak berlebihan, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan merawat kulit berjerawat. Kandungan Neem pada produk ini memiliki sifat pembersih dan antibakteri dikombinasikan dengan kunyit dan fuller’s earth yang dapat menyejukkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan menjadikan kulit lebih segar dan sehat.

Cara menggunakannya oleskan secara merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan, hindari area sekitar mata. Biarkan mengering selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa mendapatkan produk ini hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 40 ribu.

6. Bio-Essence Bio-Renew Deep Exfoliating Gel.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Bio-Essence Official Shop

Produk ini dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan juga mengatur produksi minyak di wajah. Kandungan ekstrak royal jelly pada produk ini dapat membantu kulit lebih lembap. Cara menggunakannya sangat muda dengan aplikasikan di wajah dalam keadaan kering kemudian usapkan secara perlahan, diamkan 10 menit kemudian bilas dengan air. Harga produk ini dibanderol Rp 136 ribu.

7. Nature Republic Africa Bird Homme Oil Cut Watery Cream.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Nature Republic Official Store

Permasalah kulit pria pasti tak jauh dari kulit berminyak. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan produk ini. Krim dengan tekstur gel yang memberikan kelembapan, mengontrol minyak berlebih, dan dapat membuat wajah lebih lembap. Harga produk ini adalah Rp 350 ribu.

8. Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/sensatiabotanicals

Cleansing oil ini mengandung minyak delima mengandung fitonutrien yang membantu menghindari stres pada kulit. Minyak argan memiliki sifat melembabkan kulit. Ekstrak magnolia berry telah dikenal dengan kandungan anti-aging yang dapat membantu mengurangi garis halus pada wajah. Selain dapat membersihkan wajah, pembersih ini juga dapat mengatasi masalah kulit berminyak.

Sebelum digunakan, kocok terlebih dahulu kemudian tekan aplikator tiga sampai empat kali untuk mengeluarkan produk ke telapak tangan. Aplikasikan ke wajah sambil beri pijatan dengan lembut, dan bilas dengan air biasa. Harga pembersih ini dibanderol Rp 180 ribu.

9. Hydra Solution Mask Oily Skin.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Innisfree Official Shop

Produk ini merupakan masker yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kering, kombinasi hingga kulit berminyak. Khusu untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan dua layer masker ini. Kandungan hyaluronic acid capsule pad dan Witch Hazel sheet ideal untuk kulit berminyak untuk melembapkan.

Cara menggunakannya bersihkan wajah dengan toner, kemudian aplikasikan masker pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu buka masker dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut agar cairan pada masker meresap sempurna. Kamu bisa memberi produk ini dengan harga Rp 58 ribu

10. Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/kaoofficial

Penggunaan sunblock atau sunscreen sangat penting untuk menjaga kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Gel Sunscreen Skin Care SPF. Sunscreen ini dapat memberikan perlindungan lebih merata dengan Micro Defense Formula. Terasa ringan seperti air. Dengan SPF 50+/PA++++ dapat melindungi kulit wajah dan badan dari efek buruk sinar UV A dan UV B. Cara menggunakannya aplikasikan sunscreen saat akan beraktivitas di luar ruangan, reapply tiap tiga jam sekali untuk memberi perlindungan ekstra. Harga sunscreen ini adalah 144 ribu.

11. Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

Rekomendasi skincare yang bagus ©

foto: Shopee.com/Somethinc Official Shop

Serum salah satu rangkaian skincare yang penting. Pemilik kulit berminyak bisa menggunakan Bakuchiol Skinpair Oil Serum dari brand Somethinc. Produk ini mengandung bahan retinol natural dan vegan yang memiliki kemampuan merawat jerawat sehingga cocok digunakan untuk seluruh jenis kulit bahkan direkomendasikan untuk kulit berminyak. Selain itu, serum ini juga mampu menstimulasi pembentukan collagen dan memperbaiki tekstur kulit dengan efek samping yang lebih rendah dari retinol.

Cara menggunakannya, oleskan secukupnya produk ini ke telapak tangan, kemudian aplikasikan ke wajah dan leher. Tepuk-tepuk agar serum semakin meresap. Diamkan hingga mengering kemudian lanjutkan penggunaan pelembab. Kamu bisa menggunakan serum ini saat pagi dan malam hari. Harga serum ini adalah Rp 89 ribu.

(brl/far)

(brl/far)