Brilio.net - Wajah yang cerah, lembut, dan lembap adalah harapan bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang seiring bertambahnya usia, wajah akan berkurang kelembapannya dan menyebabkan wajah menjadi kering. Hal inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Seperti yang diketahui bahwa kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Seperti yang dilansir dari Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering.

Memiliki kulit kering adalah tantangan bagi pemiliknya, karena merawat kulit kering dan dehidrasi tidak mudah. Siapapun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

Karena itu, kamu membutuhkan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk melembapkan kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Seperti yang diketahui bahwa saat ini sudah banyak sekali produk masker yang diformulasikan untuk kulit kering, dengan berbagai macam kandungan di dalamnya. Produk masker yang kerap dicari kebanyakan orang adalah yang memiliki kandungan alami di dalamnya, salah satunya adalah alpukat.

Diketahui bahwa alpukat memiliki beragam manfaat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc. Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral.

Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering. Tak hanya itu, alpukat juga mampu memperbaiki kerusakan pada kulit seperti hiperpigmentasi, peradangan, hingga jerawat. Seperti 11 rekomendasi masker wajah dengan kandungan alpukat berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/6):

 

(brl/pep)