Brilio.net - Kulit tubuh adalah bagian yang rentan mengalami kusam dan gelap. Hal ini karena banyaknya aktivitas di luar ruangan, sehingga sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari mampu menembus dan merusak kulit. Sinar UV tersebut dapat memicu proses pigmentasi di kulit yang menghasilkan melanin, sehingga membuat kulit menjadi lebih gelap.

Tak hanya sinar UV, namun kotoran dan polusi juga dapat menjadi faktor penyebab penggelapan warna kulit. Radikal bebas yang terbawa oleh kotoran dan polusi dapat mengendap di kulit. Berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, bahkan tanda-tanda penuaan dini dapat terjadi karena beberapa faktor tersebut.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa faktor penyebab kulit kusam dan warna tidak rata, yaitu dehidrasi, sel kulit mati yang menumpuk, penuaan kulit, paparan sinar matahari, dan ketidakseimbangan hormon. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan produk perawatan tubuh yang diformulasikan untuk mengatasi kulit yang kusam dan gelap.

Salah satu produk yang bisa kamu gunakan sehari-hari adalah body wash yang mengandung susu. Sabun susu atau milk soap dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menjaga kulit tetap sehat dan terawat. Bukan rahasia lagi bahwa kini susu menjadi salah satu bahan tambahan dalam banyak produk perawatan kulit.

Ini karena susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam. Seperti 11 rekomendasi body wash dengan kandungan susu berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6):

(brl/pep)