7. Minyak zaitun.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki beragam manfaat untuk kulit, salah satunya bisa kamu gunakan untuk mengatasi lutut yang hitam. Itu karena, minyak zaitun mengandung sumber polifenol, vitamin K dan E yang baik untuk kulit. Kandungan tersebut dipercaya dapat mencerahkan, memelihara serta melawan berbagai masalah kulit. Tak hanya itu saja, kandungan asam linoleat didalamnya juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melembapkan kulit.

Caranya sangat mudah, yaitu kamu hanya mengoleskan minyak zaitun pada lutut dan menggosoknya secara perlahan lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas.

8. Yoghurt.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Yoghurt merupakan salah satu bahan alami yang berasal dari hasil fermentasi susu. Kandungan asam laktat pada yoghurt ini memiliki manfaat baik untuk perawatan kecantikan kulit. Selain itu, yoghurt mengandung probiotik, mineral, dan vitamin B di dalamnya gak cuma baik untuk metabolisme dalam tubuh, tapi juga kesehatan kulit. Yoghurt banyak dimanfaatkan untuk bahan masker atau lulur karena mampu membantu menjaga elastisitas kulit dan mencerahkannya, begitupun dengan area lututmu yang menghitam.

Caranya, cukup oleskan yoghurt segar tanpa rasa sebagai masker atau lulur di area kulit yang gelap. Lakukan pijatan lembut di area yang menghitam sambil mengoleskan yoghurt. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 10 hingga 15 menit.

9. Pepaya.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Menurut hasil studi, pepaya merupakan jenis buah-buahan kaya akan vitamin E, A, B, dan C yang diyakini dapat menjadi perawatan kulit sehari-hari. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengatasi mata panda, menyembuhkan jerawat, hingga mengurangi kerutan di wajah. Sehingga buah ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan lututmu yang hitam.

Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa potong buah pepaya matang yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan madu murni. Oleskan pada area lutut yang menghitam lalu diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

10. Kunyit.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit adalah bumbu dapur yang punya banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bermanfaat untuk kulit. Menurut laman Healthline, kurkumin memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan, sehingga juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kandungan ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan mengurangi produksi melanin. Kunyit adalah obat alami yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari lutut tanpa efek samping.

Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan kunyit bubuk dengan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada lutut dan diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas.

11. Teh hijau.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Teh hijau dikenal sebagai bahan pencerah alami yang cukup populer. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa epigallocatechin gallate atau EGCG yang dimilikinya. Jadi memang teh hijau cocok dipakai sebagai cara memutihkan lutut secara alami. Menurut sebuah penelitian, EGCG dapat mencegah akumulasi melanin. EGCG juga menghambat tirosinase, enzim utama yang dibutuhkan dalam pembentukan melanin.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan teh hijau bubuk dengan dua sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada lutut yang hitam dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

(brl/pep)