1. Mentimun.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan lulut yang hitam. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan C yang ada dalam mentimun dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembap. Sehingga, seiring pemakaian yang rutin, lututmu akan menjadi lebih cerah dan warna yang merata.

Caranya adalah dengan menggosokkan irisan mentimun tebal dengan lembut di atas lutut selama 15 menit. Biarkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

2. Lemon.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Lemon juga bisa menjadi solusimu untuk mengatasi area lutut yang hitam akibat hiperpigmentasi. Karena lemon memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam alfa hidroksi yang tinggi di dalamnya mampu membantu cegah radikal bebas pada kulit. Tak hanya itu, lemon juga dipercaya sebagai agen bleaching atau pemutih alami yang aman untuk kulit.

Caranya adalah dengan memeras satu buah lemon lalu campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada area lutut yang gelap dan diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Baking soda dan jeruk nipis.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Campuran antara baking soda dan jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi lutut yang hitam. Hal ini karena jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu regenerasi kulit dan meningkatkan warna kulit. Sementara, soda kue bertindak sebagai pembersih yang lembut dan efektif untuk memutihkan area kulit yang gelap.

Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu taburkan satu sendok teh di atas irisan jeruk nipis. Gosokkan pada lutut selama dua menit. Lalu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Bengkoang.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Bengkoang mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, pottasium, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor dan anti radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin C dan B6, betakarotin, serta antioksidan yang tinggi dipercaya ramah bagi semua jenis kulit dan juga mampu meminimalkan risiko kerutan pada kulit. Kandungan ini juga diklaim mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk meratakan kembali warna kulit yang tidak merata.

Caranya adalah dengan memanfaatkan sari buahnya dengan cara menghaluskan bengkoang lalu peras dan diamkan cairan ini hingga mengendap. Setelah itu, gunakan endapan ini sebagai masker di area lutut.

5. Gel lidah buaya.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya dianggap dapat mencerahkan kulit mungkin karena mengandung senyawa yang disebut aloesin. Oleh karena itu, bahan ini dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi lututmu yang hitam. Selain itu, kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah dicampur dengan madu murni pada area kulit yang gelap dan diamkan selama 20 menit lalu bila menggunakan air bersih.

6. Kentang.

Cara mencerahkan lutut hitam secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kentang kaya akan enzim katekolase yang secara alami dapat mencerahkan warna kulit. Penggunaan kentang setiap hari akan melembutkan kulit dan membantu menyingkirkan area gelap pada bagian lutut, siku, maupun daerah-daerah lipatan lainnya. Kentang juga tinggi akan vitamin C di dalamnya. Fungsi vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi lututmu yang gelap.

Caranya adalah dengan memarut kentang, peras jusnya, dan oleskan ke kulit. Biarkan di kulit selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Setelah itu, bisa langsung mengoleskan pelembap tau body lotion. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

(brl/pep)