Brilio.net - Bagi sebagian wanita, lutut adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Karena itu, apabila memiliki lutut hitam bagi sebagian wanita jelaslah sangat mengganggu penampilan, terlebih untuk yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Lutut berwarna lebih gelap karena umumnya sering bergesekan benda lain, dengan celana atau permukaan lantai.

Selain itu, lutut yang gelap juga disebabkan karena hiperpigmentasi yang dapat terjadi ketika kulit memiliki melanin yang lebih dari bagian lain. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit kita. Namun, kulit yang memiliki warna lebih gelap bukanlah menjadi pertanda penyakit.

Lutut yang hitam juga bisa disebabkan karena kulit bagian lutut yang cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding area sekitarnya. Seperti dilansir dari laman Healthline, semakin tebal lapisan kulit, semakin tebal pula melanin atau yang lebih dikenal sebagai pigmen kulit.

Meski kulit lutut yang hitam tidak berbahaya, tentu ingin mencerahkannya agar cocok dengan kulit lain di sekitar lutut dan seluruh bagian tubuh. Menggelapnya kulit pada daerah lutut adalah hal yang umum.

Hal ini dapat mempengaruhi individu dari semua jenis kulit, meskipun sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap. Ada beberapa penyebab kulit di daerah lutut menjadi gelap. Di antaranya termasuk akumulasi sel kulit mati, gesekan, paparan sinar matahari, kondisi kulit tertentu seperti eksim dan hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti 11 cara mencerahkan lutut hitam secara alami berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/5):

 

(brl/pep)