Brilio.net - Meski terkesan sederhana, bibir sebenarnya membutuhkan perawatan khusus pula. Pasalnya tak jarang orang mengalami bibir kering atau pecah-pecah, hal ini menjadi masalah paling umum.

Seperti yang diketahui bahwa memiliki bibir yang cerah dan lembut adalah dambaan bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, bibir yang cerah alami biasanya menjadi tolak ukur sebagai bibir yang sehat dan terjaga kelembapannya. Oleh karena itu, kelembapan bibir harus tetap dijaga untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah.

Beberapa orang sering mengeluhkan bibir mereka kering dan pecah-pecah. Kelembapan akan hilang melalui bibir daripada melalui bagian wajah atau tubuh yang lain. Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah.

Bibir pecah-pecah dan mulut kering merupakan hal umum yang dapat dirasakan banyak orang. Biasanya penyebabnya dari faktor cuaca, menjilati bibir secara berlebihan obat-obatan tertentu.
 
Dilansir dari Healthline, kurangnya kelembapan dapat memperburuk bibir pecah-pecah, baik disebabkan faktor cuaca atau kurangnya perawatan. Saat terkena udara yang sangat dingin atau sangat panas akan memperburuk hal tersebut.

Bibir pecah-pecah biasanya dapat diobati di rumah. Langkah pertama adalah memastikan bahwa bibir kamu memiliki kelembapan yang cukup. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain, menggunakan lip balm atau pelembap bibir setiap hari, banyak minum air dan menggunakan pelembap udara di rumah.

Lip balm adalah produk yang dibuat untuk membantu melembapkan bibir. Bahan baku lip balm terdiri atas lilin dari lilin lebah, lilin carnauba, atau bahan yang serupa.

Selain itu, ada pula bahan seperti petroleum jelly, shea butter, atau vitamin C dan E. Seperti sepuluh rekomendasi lip balm untuk atasi bibir kering berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/5).

(brl/ola)