Brilio.net - Bulu pada tubuh biasanya akan tumbuh di area-area tertentu saja. Tumbuhnya bulu pada beberapa area tubuh ini bermanfaat untuk sensor kulit hingga pengontrol kelembapan. Namun ada beberapa orang yang risih dengan pertumbuhan bulu di area tubuhnya, apalagi bagi para wanita yang tidak percaya diri dengan pertumbuhan bulu di area seperti kaki, tangan, ketiak hingga kemaluannya.

Mengutip American Academy of Dermatology, pertumbuhan rambut atau bulu pada kepala dan seluruh tubuh berawal dari folikel. Itu adalah kantung kecil yang menjadi tempat tumbuhnya rambut sekaligus keluarnya minyak dan keringat. Setelah akarnya terbentuk di dalam folikel, bulu akan terus memanjang hingga keluar dari dalam folikel.

Rambut pada kepala bisa terus tumbuh dan memanjang, tapi bulu pada tangan dan kaki bakal berhenti tumbuh setelah mencapai panjang tertentu. Namun tak perlu khawatir, bagi kamu yang kurang percaya diri dengan pertumbuhan bulu di area tubuhmu, kini kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan produk krim yang diformulasikan untuk menghilangkan bulu.

Seperti yang diketahui bahwa mencukur bulu dengan alat cukur akan membuat kulit menjadi kasar, dan terkadang bulu tidak benar-benar hilang dengan optimal. Namun dengan menggunakan krim penghilang bulu, tekstur kulit menjadi halus karena bulu yang luruh dari akarnya. Istilah lain dari krim penghilang bulu adalah depilatory cream.

Cara kerja krim penghilang bulu adalah dengan memecah struktur keratin bulu supaya mudah dihilangkan dari kulit. Krim penghilang bulu merupakan produk berbasis alkali yang diaplikasikan langsung ke area bulu yang tidak diinginkan. Beberapa saat setelah dioleskan, substansi bulu berubah menyerupai jelly.

Bahan kimia yang sering diformulasikan ke dalam hair removal cream antara lain sodium thioglycolate, calcium thioglycolate, dan strontium sulfide. Bahan-bahan tersebut efektif meluruhkan struktur protein pengikat bulu. Seperti 10 rekomendasi krim penghilang bulu berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5).

(brl/lea)