Brilio.net - Kacang kedelai atau soya bean adalah salah satu spesies kacang-kacangan yang menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kedelai sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sekadar diketahui, kedelai adalah tanaman asli Asia Timur dan juga tumbuh subur di India.

Di Indonesia, kacang kedelai biasanya diolah menjadi tempe, tahu, minyak, susu, dan yogurt. Kacang kedelai kaya akan kandungan protein, serat dan isoflavon. Bahan makanan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kepadatan tulang, menjaga berat badan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Namun tahukah kamu, tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan saja, kedelai juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan dari ujung kepala hingga ujung kaki lho. Sebab berbagai vitamin dan mineral terkandung dalam kedelai.

Jenis kacang-kacangan ini juga mampu menutrisi kulit agar lebih sehat dan cantik. Tak heran jika saat ini kedelai banyak digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan produk kecantikan yang dapat melembapkan kulit dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat kacang kedelai untuk kecantikan, berikut 10 manfaat dan cara penggunaan kedelai untuk menjaga kecantikan tubuh secara alami, seperti dilansir brilio.net dari beautifulhameshablog.com pada Rabu (6/1).

1. Melembapkan kulit secara alami.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Manfaat kedelai yang pertama yakni dapat melembapkan kulit secara alami. Kedelai berfungsi sebagai pelembap yang bagus untuk kulit kombinasi dan juga membantu menghilangkan kulit kering dan bersisik.

Kedelai juga memiliki kemampuan mengontrol minyak pada kulit wajah, sehingga dapat menjadi pelembap yang bagus untuk kulit berminyak. Pelembap juga menawarkan efek melembutkan, menghaluskan, serta meratakan warna kulit.

Cara penggunaan:
1. Ambil sedikit kedelai dan haluskan dengan menambahkan beberapa tetes air.
2. Haluskan dan ratakan kedelai hingga berbentuk pasta.
3. Oleskan pada wajah untuk masker, diamkan hingga 20-25 menit.
4. Bilas dengan air bersih.

Loading...

2. Melawan keriput pada wajah.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Salah satu manfaat utama kedelai adalah kemampuannya melawan keriput. Kedelai mengandung vitamin A dan E yang sangat efektif dalam melawan kerutan. Vitamin ini adalah anti oksidan kuat yang membantu melindungi kolagen dan jaringan elastis kulit, serta menjaga kulit tampak awet muda dan sehat.

Kedelai juga mengandung phyto estrogen yang memberikan estrogen bagi tubuh. Estrogen adalah hormon yang sangat penting yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Cara penggunaan:
Menurut sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology pada Februari 2007, mengonsumsi 40 gr kedelai setiap hari selama 12 minggu, dapat memperbaiki kulit 26 wanita yang berusia 30 hingga 40 tahunan.

3. Mencerahkan kulit.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kedelai sangat populer karena kemampuannya mengurangi produksi melanin. Melanin adalah pigmen kulit yang menentukan warna kulit kita.

Faktanya, semakin banyak jumlah melanin, semakin gelap kulitnya. Kedelai mengandung enzim yang disebut dengan protease inhibitor yang juga dapat memblokir rangkaian reaksi kimia yang menghasilkan melanin, sehingga dapat membuat kulit menjadi cerah.

Cara penggunaan:
1. Olah kedelai menjadi susu. Atau kamu bisa gunakan susu kedelai kemasan yang murni.
2. Oleskan pada wajah menggunakan bola kapas.
3. Biarkan selama 20-25 menit, lalu bilas dengan air bersih.
4. Lakukan ini selama 3 kali dalam seminggu selama beberapa minggu, untuk melihat hasil yang maksimal.

4. Mengencangkan kulit.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Manfaat selanjutnya, kedelai dapat digunakan untuk perawatan kecantikan karena dapat mendorong produksi kolagen dan elastin, yang bekerja sama untuk memperbaiki kulit yang rusak, dan juga menjaga kulit tetap kencang dan cantik.

Selain itu, kedelai juga mengandung fito estrogen yang meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh yang pada akhirnya membantu mengencangkan kulit dengan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Cara penggunaan:
1. Masukkan kedelai ke dalam menu sehatmu setiap hari.
2. Atau, kamu bisa membuat krim kedelai dengan cara menghaluskannya hingga berbentuk pasta.

5. Memperkuat kuku.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kuku rapuh adalah masalah umum. Dan salah satu penyebab utama kuku rapuh adalah jamur kuku dan juga kondisi kuku yang sangat kering. Manfaat kedelai yang melembapkan dapat membantu memberi kelembapan pada kuku dan juga dikenal karena kemampuannya untuk mengobati jamur kuku.

Cara penggunaan:
1. Siapkan kecap kedelai murni.
2. Kemudian celupkan kuku ke dalam kecap kedelai untuk menghilangkan jamur kuku.
3. Imbangi dengan konsumsi kedelai setiap hari selama 6 bulan. Hal ini dikarenakan, makanan yang kaya protein seperti kedelai sangat efektif untuk mengobati jamur pada kuku.

6. Memberikan kilau alami pada rambut.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kandungan minyak dan kandungan protein pada kedelai sangat bermanfaat untuk memperbaiki rambut rusak. Kedelai memberikan nutrisi yang tepat dan juga membuat rambut lembut, berkilau dan halus.

Cara penggunaan:
1. Buatlah jus dari kedelai, saring dan ambil airnya.
2. Oleskan pada rambut secara teratur selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.
3. Pijat kulit kepala dengan jus kedelai murni dan tunggu beberapa saat.
4. Cuci bersih dengan air dingin.

7. Mencegah rambut rontok.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Minyak kedelai adalah solusi sempurna bagi mereka yang mengalami masalah rambut rontok. Minyak kedelai sangat bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut baru sekaligus mengurangi kerusakan sel.

Kedelai dapat mencegah masalah rambut dan kulit kepala karena tinggi protein, kalsium, serat, asam folat, vitamin B, kalium dan juga zat besi yang semuanya sangat penting untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Cara penggunaan:
1. Siapkan minyak kedelai murni, tambahkan dengan beberapa daun rosemary yang telah dihancurkan.
2. Aduk rata, kemudian oleskan secara menyeluruh ke seluruh rambut dan kulit kepala.
3. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian gunakan sampo lembut untuk membersihkannya.

8. Mengatasi rambut kering.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kedelai kaya akan asam lemak omega 3, mangan dan vitamin yang juga memberikan nutrisi optimal untuk rambut kering dan rusak. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak kedelai juga membantu melawan radikal bebas dan melindungi rambut dan kulit kepala.

Faktanya, ini membantu retensi kelembapan untuk rambut kita. Ini adalah minyak tidak berminyak yang membuatnya nyaman untuk aplikasi sehari-hari. Minyak kedelai adalah kondisioner rambut alami yang menambah kelembapan dan volume sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara penggunaan:
1. Hangatkan 1/3 cangkir minyak kedelai dan oleskan ke rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.
2. Tutup kepala dengan showercap. Tunggu selama 30 menit.
3. Gunakan air hangat untuk membilas minyak.
4. Lanjutkan dengan sampo ringan.

9. Memperbarui sel kulit mati.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kedelai dapat memperbarui sel kulit mati. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung vitamin E yang bisa membantu memperbarui sel kulit mati dan juga membentuk sel kulit baru. Sehingga dapat membuat kulitmu lebih terlihat muda dan berseri.

Cara penggunaan:
1. Hancurkan kedelai dengan sedikit air dan oleskan di wajah.
2. Biarkan selama 20-25 menit untuk melembapkan kulit.
3. Gunakan ramuan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Menghaluskan kulit.

Manfaat kedelai untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com



Kedelai mengandung vitamin E yang berperan besar dalam menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Menurut ahli kimia dari Badan Penelitian Pertanian Departemen Pertanian Amerika Serikat, Dave Compton dan Joe Laszlo, bio-lipid di dalam kedelai mungkin memiliki manfaat dalam mencegah kerutan. Bio-lipid yang disebut gliserida kedelai ferulic ini nantinya akan digunakan dalam produk anti-penuaan, sampo, dan pembersih.

Memakai masker kedelai secara teratur pada kulit bisa membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal. Selain itu, jika kamu ingin menghilangkan kelebihan minyak pada kulit wajahmu, kedelai adalah solusi yang ideal untuk mengatasinya.

Cara penggunaan:
1. Haluskan kacang kedelai kering, kemudian campur dengan beberapa tetes air. Aduk hingga menjadi pasta kental.
2. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Kemudian diamkan selama 20-25 menit dan bilas wajah dengan air hingga bersih.