6. Rawat kuku dengan minyak zaitun.

Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah merawat kesehatan kuku. Meski sebenarnya minyak ini sering digunakan sebagai bahan makanan dan obat herbal.

Khasiatnya tetap bisa diandalkan untuk kuku agar tetap sehat. Minyak zaitun mampu membantu menjaga kelembapan kuku dan membuat kuku tampak berkilau. Kuku yang lembap akan membuatnya menjadi tidak mudah patah.

Berkat kandungan antioksidan pada minyak zaitun yang mampu menutrisi jaringan kuku sehingga kuku akan menjadi lebih kuat dan tampak berkilau. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan perasan jeruk lemon lalu usapkan pada kuku hingga merata.

7. Bersihkan kuku dengan air lemon.

Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat freepik.com

foto: freepik.com

Merendam kuku dengan air lemon akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku, di mana kuku akan terlihat bersih dan berkilau. Lemon dapat kamu manfaatkan untuk membuat kukumu tampak berkilau berkat kandungan vitamin C, di mana kandungan tersebut bermanfaat untuk mengangkat sel-sel mati atau sisa-sisa cat pada kuku.

Tak hanya itu, vitamin C didalamnya juga mampu menutrisi kuku dan menguatkan serta mengembalikan warna kuku yang menguning menjadi lebih cerah dan bening. Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air lemon ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Hindari kebiasaan menggigit kuku.

Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat freepik.com

foto: freepik.com

Menggigit kuku adalah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang, baik secara sadar maupun tidak sadar. Kebiasaan yang sulit dihentikan ini dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kebiasaan ini dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, bahkan luka kecil di samping kuku memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Tak hanya itu saja, area yang kotor dan air liur akan membuatmu rentan terkena infeksi jika menggigit kuku atau kutikula. Jadi cobalah untuk tidak menggigit kuku.

9. Gunakan pelembap kuku.

Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat freepik.com

foto: freepik.com

Menjaga kelembapan kulit dan area sekitar kuku penting untuk dilakukan karena merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Rutin menggunakan pelembap akan membuat kukumu menjadi lebih sehat.

Kamu bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami untuk melembapkan area sekitar kuku seperti minyak zaitun, minyak kelapa, vitamin E hingga penggunaan cuka apel untuk menutrisi dan membantu merawat kulit area kuku.

10. Rawat kuku dari dalam dengan mengonsumi makanan sehat.

Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat freepik.com

foto: freepik.com

Selain merawat kuku dari luar, kamu juga bisa merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi makan-makanan yang bernutrisi. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya.

Beberapa makanan tersebut selain baik untuk kesehatan, ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan sayuran yang mengandung zat besi dan juga vitamin A serta buah-buahan agar kukumu ternutrisi. Sehingga kuku akan terjaga kesehatannya dan tampak berkilau secara alami.

(brl/lea)