Brilio.net - Salah satu hal yang bikin ilfeel saat bertemu orang lain adalah bau mulut. Tak hanya membuat kepercayaan diri turun, bau mulut juga bisa berdampak orang lain tak nyaman. Bau mulut, atau dalam istilah medis disebut halitosis, merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja. Jarang menggosok gigi atau tidak terjaganya kebersihan gigi dan mulut merupakan penyebab bau mulut yang paling sering terjadi.

Mengutip dari Healthline, bau mulut umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sedikit makanan tersangkut di gigi yang kemudian melepaskan senyawa belerang berbau busuk. Kemunculan aroma yang tidak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkembang liar dalam mulut. Bakteri-bakteri ini menghasilkan gas sulfur. Akibatnya ketika membuka atau membuang napas lewat mulut, keluarlah bau yang menyengat. Ada banyak hal yang dapat memicu pertumbuhan bakteri dalam mulut, seperti makanan, jarang sikat gigi, merokok, dan lain sebagainya.

Kondisi napas tidak sedap ini sangat umum terjadi. Menurut American Dental Association, setidaknya 50 persen orang dewasa di seluruh dunia memiliki bau mulut yang tidak sedap. Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak, hingga akhirnya membentuk plak gigi. Ketika itu terjadi, bau yang muncul bisa lebih parah. Oleh karenanya, rutin membersihkan gigi amatlah penting guna menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut. Selain itu, karena bau mulut juga bisa disebabkan oleh mulut kering, kamu dianjurkan untuk cukup minum air putih, yakni minimal delapan gelas per hari.

Kamu juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Seperti sepuluh cara menghilangkan bau mulut secara alami berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/5).

(brl/lin)