Brilio.net - Masker nggak hanya bisa memanjakan wajah. Kesegaran organ mata juga bisa didapatkan dengan perawatan masker. Ya, perlu disadari bahwa mata adalah salah satu organ yang paling aktif digunakan dalam satu hari. Apalagi untuk kamu yang bekerja seharian di depan layar komputer, akan ada rasa lelah yang kerap muncul dari mata. Belum lagi tumpukan deadline yang menuntutmu untuk begadang, nggak bisa dihindari lingkaran hitam di bawah mata akan terlihat jelas.

Dengan kondisi itu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker mata. Perawatan ini akan memberikan sensasi rileks pada area matamu. Nggak hanya menyamarkan mata panda, dengan menggunakan masker juga bisa jadi salah satu solusi untuk menghempaskan keriput lho.

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus di sekitar mata akan bermunculan. Nah kamu bisa meremajakan kulit dengan perawatan yang satu ini. Mau tahu seperti apa caranya? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Kamis (3/12) dari berbagai sumber berikut.

1. Putih telur.

Loading...

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Putih telur bisa kamu manfaatkan sebagai masker mata. Meski sederhana, namun cara ini bisa mengurangi lingkaran hitam di sekitar matamu. Caranya praktis banget, kamu hanya perlu mengocok telur sampai kaku. Kemudian oleskan putih telur itu di sekitar mata. Dengan cara ini kamu bisa sekaligus mendapatkan manfaat mengurangi inflamasi dan mengencangkan pori-pori kulit di sekitar mata.

2. Tomat.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Sayuran merah satu ini dikenal dengan kesegarannya. Apalagi jika sudah dikombinasikan dengan sayuran lain, dijamin akan membuat tubuh menjadi bugar dan sehat.

Tapi kamu juga harus mencoba mengolah tomat sebagai masker mata. Caranya, buatlah campuran dari 1 sendok teh jus tomat, setengah sendok teh air perasaan lemon, dan sedikit tepung terigu untuk mengentalkannya. Lalu oleskan di bawah mata dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi kantung mata dan lingkaran gelap. Praktis banget, kan?

3. Kunyit dan nanas.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Beruntungnya sebagai masyarakat Indonesia adalah bisa memanfaatkan aneka rempah di sekitar kita. Salah satu yang bisa kamu gunakan untuk merawat mata adalah kunyit.

Yaps, bumbu dapur yang satu ini bisa dijadikan masker. Kamu bisa mengolahnya bersama buah nanas sebelum mengaplikasikan pada mata.

Langkah yang bisa kamu lakukan adalah mencampurkan daging buah nanas dan kunyit yang sudah dihaluskan. Kemudian oleskan pada kulit di sekitar mata, diamkan selama 30 menit. Lakukan perawatan ini setiap hari selama dua minggu lalu lihat perbedaannya.

4. Peterseli.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya wangi, daun peterseli juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama mata. Pasalnya peterseli dapat mengurangi pembengkakan dan bayangan gelap di mata. Efeknya juga bisa sekaligus mencerahkan kulit di area mata dan juga mengurangi kerutan.

Nah untuk mendapatkan hasilnya, kamu hanya perlu mencampurkan peterseli yang sudah dilumatkan dengan krim asam. Setelah itu oleskan di sekitar mata. Biarkan sampai mengering. Kemudian bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

5. Keju cottage.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pernah mencoba keju cottage sebagai masker? Kalau belum, nggak ada salahnya nih mencoba. Karena keju cottage efektif untuk mengurangi bayangan gelap dan pembengkakan di sekitar mata, lho. Apalagi cara menggunakannya juga praktis banget. Hanya perlu meletakkan keju cottage di atas perban atau kain kasa lalu tempelkan di mata selama 15 menit. Tertarik?

6. Almond.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Selain bisa diolah menjadi susu, almond juga kamu gunakan sebagai masker mata. Caranya, campurkan kacang almond yang sudah dihaluskan dengan beberapa tetes susu. Selanjutnya oleskan di area sekitar mata setiap pagi selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Susu bubuk.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Ramuan susu bubuk juga bisa nih dijadikan sebagai pembasmi keriput dan kantung mata. Nggak kalah praktis, cukup campurkan satu sendok makan susu bubuk full cream lalu campurkan dengan madu. Oleskan di area sekitar mata. Diamkan 15-10 menit agar meresap ke dalam kulit. Masker ini bisa mencerahkan kulit di sekitar mata tanpa membuat iritasi.

8. Kentang.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya ada irisan kentang yang menjadi bahan pembuat masker mata. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah ambil seiris kentang segar lalu tempelkan di kedua kelopak mata selama 15-20 menit. Getah dalam daging kentang dapat memberikan efek dingin dan mencerahkan kulit di sekitar mata. Yuk, coba!

9. Minyak Almond.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Almond memang kaya akan manfaat untuk tubuh. Kalau tadi kamu sudah mencoba dengan kacang almond, sekarang saatnya beralih pada minyak almond. Selain bisa menyamarkan lingkaran gelap dan garis halus di sekitar mata, manfaat dari minyak almond juga sekaligus melembapkan kulit. Nah, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak almond dengan sedikit madu lalu oleskan di area sekitar mata setiap malam. Setelah itu bilas hingga bersih.

10. Minyak kelapa.

Cara membuat masker mata © freepik.com

foto: freepik.com

Masih dari keluarga minyak, kali ini minyak kelapa yang akan memberikan manfaat. Nggak perlu repot untuk membuat tampilan mata menjadi cerah. Karena, kamu cukup teteskan sedikit minyak kelapa di tangan lalu gunakan untuk memijat area mata. Perawatan ini bisa kamu lakukan setiap hari. Selamat mencoba, ya!