Brilio.net - Bibir menjadi salah satu organ tubuh yang mudah terlihat oleh orang lain. Nggak jarang banyak pihak yang memilih untuk memperindah bibir agar memiliki tampilan yang menarik. Mulai dari menggunakan produk pemerah bibir, sulam bibir, bahkan operasi plastik.

Tapi, sebelum mempercantik tampilan bibir, kamu juga perlu memperhatikan kesehatannya lho. Bibir yang cantik juga bisa didapatkan jika bibir dalam kondisi yang sehat. Seringkali kamu memperindah tampilannya, namun kurang memperhatikan kesehatan bibir.

Maka dari itu kamu bisa melakukan perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah lho. Perawatan ini bisa membuat bibir menjadi lembap dan juga sehat.

Salah satunya dengan melakukan masker bibir. Yaps, nggak cuma wajah dan rambut, kamu juga bisa mencoba masker perawatan bibir dengan bahan-bahan alami.

Loading...

Selain aman digunakan, perawatan ini juga praktis banget untuk dicoba. Langsung coba yuk dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/11).

1. Gula pasir dan lip butter.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Perawatan bibir dengan gula jadi salah satu yang terkenal. Selain mudah digunakan, cara ini sering disebut efektif untuk mendapatkan hasilnya. Kamu juga bisa mencoba untuk menjaga kesehatan bibir dengan mencampurkan gula dengan lip butter.

Cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai masker untuk bibirmu. Namun, jika tidak ada lip butter kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly. Perlu kamu ketahui, lip butter mampu membantu melembapkan bibir. Sementara itu, ketika keduanya dicampur akan menjadi scrub bibir yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasilnya, kamu bisa campurkan seperempat sendok lip butter dengan tambahan sedikit gula. Selanjutnya, oleskan campuran ini pada bibir dan gosok secara lembut selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih/hangat.

2. Madu.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Madu juga jadi salah satu bahan manjur untuk berbagai permasalahan. Sebagai bahan alami, madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik. Baik dikonsumsi atau dijadikan sebagai perawatan, kamu bisa merasakan dampak baik untuk tubuh.

Caranya simpel banget, oleskan saja madu murni tanpa campuran apapun pada bibir setiap pagi dan malam hari. Madu murni ini sangat ampuh membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan memerahkan bibir secara alami.

3. Mentimun.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Kesegaran mentimun memang jadi andalan sebagai pendamping berbagai makanan. Buah berwarna hijau ini sangat mudah diolah untuk menjadi berbagai makanan yang lezat. Tapi nggak hanya itu, kamu juga bisa mengolah mentimun menjadi bahan perawatan bibir.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan mentimun secukupnya. Haluskan atau hancurkan mentimun. Kemudian oleskan atau mengaplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

4. Minyak zaitun.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun juga jadi salah satu bahan sehat yang memberikan banyak dampak baik untuk kecantikan. Salah satunya kamu bisa menerapkannya pada tampilan bibirmu.

Kandungan dalam minyak zaitun bisa membantu melembapkan bibir dan mencerahkan secara alami.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Cukup oles minyak ke seluruh bagian bibir. Disarankan untuk menerapkannya pada malam hari. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

5. Tomat.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Si bulat merah ini nggak hanya baik untuk kesehatan mata lho. Manfaatkan buah ini untuk mempercantik tampilan bibirmu. Kamu bisa hanya menggunakan tomat maupun mengombinasikannya dengan gula.

Nggak perlu ribet, cukup siapkan tomat secukupnya. Haluskan atau hancurkan tomat. Kemudian oleskan atau mengaplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

6. Lidah buaya.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Jangan hanya berpikir kalau lidah buaya hanya memberikan dampak pada kecantikan rambut. Sebab, wajah sampai bibir pun bisa merasakan manfaatnya.

Cobain masker bibir dengan bahan lidah buaya. Kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya ke seluruh bagian bibir sebelum tidur. Selanjutnya bilas masker bibir ini pada pagi harinya. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil lebih maksimal dan rasakan manfaatnya.

7. Kentang.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Kentang nggak hanya enak dikonsumsi, tapi juga baik untuk bahan masker bibirmu. Cara pakainya praktis banget, tumbuk kentang sampai halus lalu oleskan ke seluruh bagian bibir. Diamkan kentang pada bibir selama 30 menit sampai kering. Lalu bilas bibir dengan air bersih/air hangat. Jika ingin lebih berasa, bisa campurkan dengan madu dan minyak zaitun.

8. Jeruk nipis.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Buah kaya akan vitamin C ini akan membantu bibirmu menjadi lebih cantik dan sehat. Cara ini cocok untuk kamu yang memiliki bibir kering dan tampilan yang gelap.

Cukup siapkan jeruk nipis dan potong menjadi dua. Oleskan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua ke seluruh bagian bibir. Jika sudah, diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih/air hangat.

Kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang akan membuat bibir lebih merona.

9. Lemon dan madu.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat madu juga akan semakin maksimal sebagai masker bibir jika dikombinasikan dengan lemon. Ramuan ini akan semakin mantap untuk kesehatan dan kecantikanmu. Sama juga jika kamu memanfaatkan perpaduan ini sebagai masker bibir.

Kamu bisa mencampurkan lemon dan madu dalam wadah. Oleskan ke seluruh bagian bibir dan diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih/hangat. Madu membuat kelembapan bibir akan terjaga dan kandungan dari lemon akan menjadikan bibir semakin cerah.

10. Gula, madu, dan minyak zaitun.

Cara membuat masker bibir © freepik.com

foto: freepik.com

Kombinasi gula, madu, dan minyak zaitun akan membuat bibir semakin sehat. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok secara lembut selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih/hangat.