Brilio.net - Menggunakan produk perawatan wajah jadi rutinitas bagi banyak orang. Nggak hanya untuk perempuan, laki-laki pun juga bisa melakukannya lho. Pasalnya, merawat wajah menjadi kebutuhan untuk masing-masing individu. Jadi nggak ada salahnya untuk kamu para cowok mempedulikan kesehatan wajah.

Mulai dari menggunakan pelembap, sabun muka, sampai dengan penggunaan toner. Ya, pemakaian toner jadi salah satu tahapan yang memberikan banyak manfaat dalam merawat wajah lho.

Toner dikenal sebagai salah satu produk perawatan wajah yang dapat melembapkan kulit, mengatasi jerawat, dan juga membuat kulit menjadi semakin sehat. Saat ini, ada banyak jenis produk toner yang tersebar di pasaran. Mulai dari produk lokal dengan harga terjangkau, sampai dengan buatan luar negeri dengan berbagai varian harga.

Tapi kamu juga bisa lho, membuat sendiri toner wajah dari bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Penasaran apa saja dan bagaimana caranya?

Dilansir brilio.net dari stylecraze.com pada Kamis (7/1), berikut 10 bahan pembuat toner alami, simpel bikin kulit sehat

1. Daun mint.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Daun mint jadi salah satu daun yang terkenal dengan banyak manfaatnya. Rupanya, salah satu kebaikannya bisa kamu rasakan untuk kulit wajah.

Caranya, parut sekitar 1 cangkir daun mint. Lalu didihkan 1 1/2 gelas air dan masukkan daun mint ke dalamnya. Tutup dengan penutup, matikan api dan tunggu sampai dingin.

Atau setelah 30-40 menit, saring dan simpan dalam botol kering yang bersih dan simpan dalam lemari es. Gunakan toner ini jika diperlukan. Keuntungan mengencangkan kulit, dan memperbaiki dari efek paparan matahari bisa kamu dapatkan dari racikan ini.

Loading...

2. Daun basil.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Daun basil juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pembuatan toner selanjutnya. Nggak kalah simpel, kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam air mendidih. Matikan api, lalu saring dan simpan di lemari es. Selanjutnya kamu  bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Toner alami ini bagus untuk kamu pemilik kulit sensitif dan kulit kombinasi.

3. Pepaya.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Kesegaran buah pepaya memang jadi jawaban yang tepat untuk mengembalikan energi. Eits, rupanya buah ini juga bisa jadi pelindung yang baik untuk kulit wajahmu.

Untuk merasakan hasilnya, kamu bisa membuat 1 cangkir pasta pepaya mentah. Kamu bisa mencampur dengan 1 cangkir es air matang dingin atau air mineral.

Lalu simpan dalam botol dan dinginkan. Toner ini bagus untuk kulit kering yang rentan ruam dan kulit yang terpapar panas matahari. Ingat, untuk masa simpan toner ini disarankan 4-5 hari saja ya.

4. Mentimun.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Bahan yang satu ini praktis banget. Selain itu mentimun juga mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Selain memanfaatkan sebagai masker mata, timun juga bisa kamu jadikan sebagai toner.

Caranya parut dan peras mentimun secukupnya. Kemudian simpanlah dalam freezer. Dengan didinginkan, disarankan toner ini digunakan dalam jangka waktu dalam 1-2 hari. Ramuan ini cocok untuk kamu pemilik kulit berminyak.

5. Tomat.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pembuat toner adalah tomat. Si bulat merah ini terkenal dengan kandungan vitamin C-nya.

Selain menyehatkan tubuh, kandungan di dalamnya juga mampu merawat kesehatan kulit wajah. Caranya peras tomat yang sudah didinginkan untuk diambil sarinya. Kemudian aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas. Dengan ramuan ini, dapat membuat kulit menjadi lebih kencang secara alami.

6. Campuran tomat dan mentimun.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Seperti yang sudah diulik sebelumnya, tomat dan mentimun sama-sama bisa dimanfaatkan sebagai bahan toner alami. Sekarang kamu bisa coba untuk menggabungkannya sebagai racikan baru.

Ambil campuran jus tomat dan mentimun dalam jumlah yang dibutuhkan lalu dinginkan. Kemudian, kamu bisa menggunakannya pada kulit. Racikan tomat dan mentimun cocok untuk kamu pemilik wajah kombinasi.

7. Teh hijau.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Sekarang saatnya kamu memanfaatkan teh hijau sebagai perawatan wajahmu. Kamu hanya perlu merebus sekitar 2 cangkir air dan matikan apinya.

Masukkan 1 atau 2 kantong teh hijau (tergantung ukuran kantung teh), atau bisa juga masukkan 4 sendok teh hijau. Kemudian tutup dan simpan selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan kantung teh, simpan air ramuan dalam botol dan selanjutnya dinginkan.

8. Anggur merah.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Bahan alami lain yang bisa kamu pergunakan adalah anggur merah. Sari buah ini bisa kamu pergunakan sebagai bahan toner yang dapat memberikan efek kulit yang lebih kencang.

Mudah banget, kamu hanya cukup membuat jus anggur murni dan simpan dalam botol kering bersih yang kedap udara. Lalu kamu bisa segera menggunakannya saat dibutuhkan. Praktis banget bukan?

9. Cuka.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Untuk penggunaan cuka sebagai toner, kamu perlu mencampurkannya dengan air mawar. Jika sudah tercampur, simpan dalam lemari es. Nah, kemudian kamu bisa mengaplikasikan dengan menggunakan kapas. Jangka umur simpan toner ini adalah 2 minggu.

10. Jahe.

Bahan pembuat toner alami © freepik.com

foto: freepik.com



Ya, jahe kerap dilibatkan sebagai bahan alami dalam mengatasi banyak permasalahan tubuh. Cara memanfaatkannya, kamu bisa menjadikannya sebagai pasta. Pertama, masukkan ke dalam air mendidih. Matikan api, lalu saring dan simpan di lemari es. Selanjutnya kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.