Brilio.net - Sering beredar informasi kalau makan malam bisa bikin cepat gemuk. Lebih tepatnya, saat makan di atas jam 8 malam. Awalnya, anggapan tersebut muncul karena malam hari seharusnya adalah waktu untuk beristirahat, bukan untuk makan.

Usut punya usut, hal itu ternyata tidaklah benar, lho. Namun, setelah dilakukan berbagai penelitian, anggapan itu ternyata mitos. Seperti dilansir oleh brilio.net dari healthline.com pada Sabtu (17/4), bukan waktu yang membuat cepat gemuk, melainkan jenis makanan apa yang dikonsumsi. Jadi, walaupun kamu makan di malam hari, bukan berarti akan menjadi gemuk.

Makan di malam hari dianggap bisa bikin gemuk © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Makan malam memang tidak akan membuat gemuk jika masih dalam porsi yang cukup. Sebaliknya, jika makan lebih banyak dibanding biasanya, kalori yang diterima tubuh menjadi berlebihan. Maka dari itu, penting selalu menjaga pola dan porsi makan agar berat badan tetap seimbang.

Makan di malam hari dianggap bisa bikin gemuk © freepik.com

foto: freepik.com

Kalau ingin menjaga berat badan ideal, konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Misalnya, ganti nasi putih dengan merah atau shirataki. Jangan terlalu sering makan gorengan. Bisa juga mengganti menu gorengan dengan makanan serba kukus atau menumis dengan sedikit minyak. Nggak ketinggalan, imbangi dengan olahraga.

Jadi, sudah nggak takut lagi kan makan di atas jam 8 malam ? Karena makan malam tidak akan membuatmu gemuk kalau kamu mengatur pola dan porsi makanmu.


RECOMMENDED