Brilio.net - Sering kali ramai dibicarakan bahwa bawang putih bisa menghilangkan jerawat. Seperti yang kita ketahui, bawang putih memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah pilek, menurunkan tekanan darah serta kolesterol, dan lain sebagainya.

Namun, apakah benar jika bawang putih dapat mengatasi atau menghilangkan jerawat? Sebelum itu, mari menyimak terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam bawang putih. Bawang putih mengandung zat antiperadangan dan zat antimikroba yang bisa mengatasi masalah kesehatan.

Mitos atau fakta bawang putih © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Dikutip brilio.net dari medicalnewstoday.com pada Jumat (16/4), belum ada penelitian yang secara langsung menyelidiki penggunaan bawang putih sebagai pengobatan untuk jerawat. Namun, beberapa penelitian telah menyoroti sifat antimikroba dan antiinflamasi bawang putih. Sifat ini bisa membantu mengelola dan mengobati jerawat.

Senyawa yang terdapat pada bawang putih yaitu allicin dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur tertentu. Meski belum ada penelitian yang membuktikan bawang putih dapat menghilangkan jerawat, salah satu bahan makanan ini memiliki khasiat bagi masalah kulit dan penyembuhan luka.

Mitos atau fakta bawang putih © freepik.com

foto: freepik.com

Tapi jika kamu ingin menggunakan bawang putih sebagai obat penyembuh jerawat, sebaiknya uji coba terlebih dahulu apakah kulit kamu bisa menerimanya. Cobalah lakukan uji coba dengan cara mengoleskan cairan bawang putih pada kulit di bawah lengan. Jika dalam jangka waktu 24 sampai 48 jam tidak terjadi reaksi apa-apa, itu tandanya bawang putih aman untuk kamu gunakan.

Bila kamu mengalami gejala alergi, sebaiknya jangan gunakan bawang putih. Lebih baik hentikan penggunaannya agar alergi tidak terjadi lebih parah. Atau bagi kamu yang ingin mencobanya namun masih ragu, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Terutama bagi kamu yang sedang menjalankan pengobatan tertentu agar bisa memastikan keamanan bawang putih bagi kulit.


RECOMMENDED