Brilio.net - Pada umumnya, kue dimasak dalam oven atau dikukus. Penduduk Islandia mempunyai cara unik untuk memasak kue, yakni dengan dikubur dalam tanah. Kue tersebut dimasak dengan tenaga uap panas yang ada di dalam tanah.

Cara unik dalam memasak kue ini ternyata berdampak pada rasa khas kue. Dilansir dari BBC, Senin (14/8), salah satu pembuat kue bernama Hilmarsson menjelaskan bahwa gula yang terkandung dalam kue lebih terasa dengan cara pemasakan dikubur dalam tanah.

kue dikubur ©bbc.com

Proses pembuatan kue ini cukup sederhana. Adonan dibuat seperti kue pada umumnya. Setelah adonan siap, dituangkan dalam panci. Selanjutnya, para penduduk akan menggali lubang sedalam 30 cm ditanah yang mengandung uap panas. Adonan dalam panci selanjutnya dikubur dalam tanah.

Loading...

Jika sudah di kubur, area memasak akan ditandai dengan batu agar tidak disangka sebagai gundukan tanah biasa. Selanjutnya kue akan matang setelah dikubur selama 24 jam. Setelah itu, panci diangkat dan didinginkan dengan air danau, lalu kue siap dimakan.

kue dikubur Headline ©bbc.com

Memasak dengan tenaga uap panas memang sudah menjadi tradisi di Islandia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Islandia merupakan negara yang mempunyai sumber daya alam mayoritas berupa uap panas. Hanya 25 persen wilayah islandia yang ditumbuhi tumbuhan.

Nah guys, jangan mencoba mengubur adonan kue di rumah ya, karena tanah di Indonesia berbeda dengan Islandia.

RECOMMENDED