Brilio.net - Selama ini mungkin banyak orang tahu kentang goreng berasal dari Perancis. Karena itu kerap disebut French fries. Tapi tahu nggak sih kalau kentang goreng itu sebenarnya bukan berasal dari Perancis? Kentang goreng awalnya diperkenalkan di Belgia sekitar tahun 1600 dan masih terus dinikmati hingga saat ini oleh seluruh kalangan masyarakat.

Jika mengunjungi Belgia, kamu bisa dengan mudah menemukan gerai penjual kentang goreng atau yang kerap disebut frietkot di setiap sudut kota. Kamu dapat menikmati camilan yang telah menjadi warisan budaya Belgia ini.

Untuk menjaga budaya kentang goreng Belgia, Pangeran Laurent dari Belgia secara resmi menobatkan James Bint sebagai duta budaya kentang goreng Belgia di seluruh dunia pada tahun 2017. Bint berjanji untuk memastikan bahwa kentang goreng Belgia akan menjadi camilan yang lezat yang menyenangkan untuk dinikmati di seluruh dunia di tahun-tahun mendatang.

Kentang Goreng Belgia © 2019 brilio.net

Loading...

Nah untuk membuat kentang goreng asli Belgia sebagai camilan lezat ala James Bint, dibutuhkan delapan langkah yakni kentang harus dipanen dari tanah yang baik. Setelah dipanen, kualitas kentang pun diperiksa untuk mencari kentang berkualitas terbaik.

Kemudian kentang yang sudah dipilih akan dicuci. Setelah itu, kulit kentang akan dikupas. Nah kentang yang sudah dikupas akan dipotong menjadi berbagai ukuran yang berbeda, tipis, sedang dan tebal. Kemudian kentang yang sudah terpotong-potong akan digoreng. Setelah itu, kentang dibekukan. Kemudian kentang akan diekspor dari Belgia ke berbagai negara untuk bisa dinikmati.

Oh iya, kentang goreng Belgia dapat dinikmati sebagai camilan, maupun sebagai hidangan utama saat makan bersama. Untuk enjoy fries the Belgian way, ada beberapa cara penyajian yang perlu dilakukan. Goreng kentang beku hingga berwarna kuning keemasan. Kemudian berikan garam secukupnya. Lalu nikmati kentang goreng bersama saus mayonaise.

Kentang Goreng Belgia © 2019 brilio.net

“Kentang goreng asli Belgia adalah camilan yang telah menjadi warisan budaya Belgia dan kami ingin camilan ini dinikmati semua orang di seluruh dunia. Kentang goreng Belgia juga bisa menjadi pilihan camilan yang lebih sehat karena kentang yang digunakan adalah kentang berkualitas dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan tidak berlebihan.

Jangan lupa untuk menggunakan minyak yang bersih dan nikmatilah kentang goreng Belgia dalam jumlah yang cukup,” ujar Romain Cools, President of World Potato Congress dikutip dari keterangan resmi yang diterima Brilio.net, belum lama ini.  

Setelah mengetahui cara membuat dan menikmati kentang goreng asli Belgia, kamu pastinya ingin tahu di mana bisa menemukan kentang goreng ini. Nah, di Indonesia, ada lima eksportir kentang goreng Belgia terbesar yaitu Agristo, Bart’s Potato Company, Clarebout Potatoes, Ecofrost dan Mydibel. Jadi, tunggu apa lagi? Let’s enjoy fries the Belgian way!

RECOMMENDED