Brilio.net - Pasta merupakan makanan yang digemari banyak kalangan di seluruh dunia. Saat ini sudah banyak juru masak yang berinovasi dalam penyajian pasta. Namun bukan hanya cara pembuatannya saja loh. Saat ini perusahaan pembuat pasta sudah berinovasi dalam bentuk pizza dan kemasan.

Sebuah inovasi unik diciptakan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) Media Lab. Kali ini diciptakan sebuah pasta yang dapat berubah bentuk saat dicampur dengan air.

Dilansir brilio.net dari Food Beast, temuan ini dibuat dalam rangka menciptakan efisiensi terhadap penggunaan kemasan dan biaya kirim produk pasta.

Saat ini, sebanyak 67 persen volume dari pasta kemasan terdiri dari udara. Hal ini terjadi karena bentuk pasta yang mengambil banyak ruang, misalnya makaroni.

Loading...

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Wen Wang dan Dr. Lining Yao dari MIT, saat ini pasta dapat dikemas lebih padat untuk menghemat material kemasan dan menghemat ruang saat didistribusikan.

Pasta dengan bentuk datar inovasi MIT ini nantinya dapat memungkinkan produsen pasta meningkatkan produksi mereka. Tak hanya itu, pasta pun juga semakin mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat.

Pada simposium yang dilakukan di Berkeley, California, 2017 FoodIno Symposium, Dr. Lining Yao menjelaskan, bahwa pasta terdiri dari lapisan gelatin dan selulosa. Gelatin menyerap air yang membuat pasta menjadi berisi, sedangkan selulosa bertindak sebagai pengatur serapan air yang masuk dan menciptakan aneka bentuk unik dari pasta.

Saat ini, pasta milik MIT tersebut sedang diuji coba di beberapa restoran. Yaou mengatakan, bahwa ke depannya para produsen dapat menggunakan perangkat lunak online untuk membuat desain pasta.

RECOMMENDED