Brilio.net - Tidak seperti ikan atau ayam sebagai lauk makanan, buah-buahan masih jarang disajikan dengan cara digoreng. Kecuali buah tertentu seperti pisang. Makanan yang digoreng dengan cara deep fried memang sebaiknya tidak dikonsumsi sering-sering karena mengandung lemak tinggi.

Buah-buahan biasanya hanya dimakan begitu saja saat masih segar atau diblender menjadi jus dan dimakan sebagai salad. Hal ini dilakukan agar nutrisi pada buah masih utuh dan dapat diserap oleh tubuh. Namun, buah-buahan yang diolah sedemikian rupa akan memberikan sensasi makan buah yang berbeda di lidah setiap orang, lho.

Selain kerap dijadikan keripik, seperti oleh-oleh khas Malang, ada cara lain untuk menikmati buah dengan sensasi berbeda, yaitu digoreng. Buah yang digoreng ini memiliki istilah asing, yaitu fruit fritters.

Kalau di Indonesia, kita sudah mengenal fruit fritters dari buah pisang. Sudah sejak lama pisang sering diolah dengan cara digoreng. Nah, selain pisang, ternyata ada, lho buah lainnya yang juga bisa disajikan dengan cara digoreng, bahkan cocok buat takjil buka puasa.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (17/4), delapan buah yang nikmat banget kalau digoreng.

1. Pisang.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@blebrot

Pisang goreng, kalau di Indonesia bisa diolah menjadi dua varian, yaitu dengan adonan tepung basah maupun tepung roti. Nah, kalau pisang yang pakai tepung roti ini biasa disebut dengan pisang nugget.

Zaman sekarang ini kreasi pisang goreng sudah banyak sekali macamnya, seperti pisang goreng dengan topping berbagai macam rasa. Pisang goreng sudah pasti cocok banget dijadikan takjil pas buka puasa. Masak, yuk!

2. Stroberi.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@diyfood.id

Sebagian stroberi memiliki rasa yang manis atau asam. Daging buahnya memiliki banyak kandungan air, sehingga begitu menyegarkan saat dimakan. Namun, sensasinya akan berbeda jika buah yang satu ini digoreng terlebih dahulu.

Kamu bisa menyiapkan adonan tepung serbaguna terlebih dahulu untuk dibalurkan ke seluruh permukaan stroberi sebelum digoreng. Usahakan jangan menggoreng terlalu lama agar stroberi tetap segar. Stroberi goreng bisa dinikmati dengan taburan gula halus maupun dicelupkan dengan cokelat.

3. Alpukat.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@lulu.dhilah

Selain disajikan manis dalam bentuk jus maupun es, buah alpukat juga bisa dinikmati sebagai pelengkap makanan yang gurih seperti sandwich, lho. Rasa buah alpukat memang cocok untuk dijadikan sebagai makanan apa saja.

Alpukat pun bisa nikmat banget kalau digoreng terlebih dahulu. Kamu bisa menggoreng alpukat menggunakan tepung roti agar teksturnya krispy dan bakalan bikin nagih.

4. Nanas.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@blebrot

Sama halnya seperti alpukat, buah nanas ini juga cocok banget untuk diolah menjadi variasi makanan apapun. Mulai dari isian kue nastar, campuran bumbu tumis asam manis, sampai topping pizza.

Nanas pun akan memiliki cita rasanya tersendiri jika diolah dengan cara digoreng. Agar bentuknya lebih cantik saat digoreng, kamu dapat memotongnya menjadi bulat seperti donat. Akan lebih nikmat lagi jika nanas dibaluri dengan tepung roti sebelum digoreng.

5. Nangka.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@silvimeilan

Nangka juga merupakan buah yang cukup umum disajikan dengan cara digoreng. Rasa manis dari daging buah nangka dan hanya memiliki sedikit air cocok banget kalau digoreng pakai adonan tepung basah.

Nangka goreng bakalan nikmat banget dimakan sambil nonton drama Korea atau kamu jadikan takjil buka puasa. Apalagi dimakan pas masih hangat. Cobain, yuk!

6. Cempedak.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@yulichia88

Buah yang satu ini memang hampir mirip dengan nangka. Walaupun memiliki aroma lebih tajam dan menyengat, rasanya tetap cocok banget kalau diolah dengan cara digoreng. Cukup lakukan cara yang sama dengan nangka goreng, yaitu menggunakan adonan tepung basah.

Cempedak goreng bakalan nikmat banget dikonsumsi begitu saja karena rasanya sudah manis. Jadi, tidak perlu tambahan topping atau bumbu apapun lagi.

7. Apel.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@iamchefrodzky

Di Indonesia, seringkali apel dijadikan olahan makanan sebagai campuran kue atau keripik. Namun, ternyata tekstur daging buah apel yang relatif keras dan sedikit air ini juga cocok jika diolah dengan cara digoreng, lho.

Tinggal potong-potong apel sesuai selera dan baluri dengan adonan tepung sebelum digoreng. Setelah digoreng, apel akan lebih nikmat jika ditaburi dengan gula halus maupun gula aren.

8. Semangka.

buah yang nikmat banget kalau digoreng © berbagai sumber

foto: Instagram/@apriliaresto

Berbeda dengan buah lainnya, semangka cenderung memiliki kadar air yang lebih banyak. Sehingga jika ingin mengolahnya dengan cara digoreng, kamu perlu membalutnya sedemikian rupa dengan tepung agar seluruh permukaannya tertutupi.

Dengan begitu, minyaknya tidak akan meresap terlalu banyak pada daging buah semangka saat digoreng. Selain itu, kamu tidak perlu menggorengnya terlalu lama agar semangka tetap segar.

RECOMMENDED