Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

Unik

Bikin terkecoh banyak orang, ini perbedaan urap, gudangan dan trancam

Makanan tradisional ini disajikan saat perayaan tertentu.

Annisa Amalia Hapsari, 08 Agustus 2018 07:05

Brilio.net - Beberapa daerah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa sering ditemui makanan khas yang hanya disajikan saat perayaan tertentu. Makanan-makanan ini mempunyai makna dan nilai tersendiri.

Salah satu makanan khas yang biasanya selalu disajikan saat perayaan atau hajatan besar adalah tumpeng. Nasi tumpeng disajikan dengan berbagai makanan pendamping, salah satunya urap.

Urap merupakan makanan yang terkenal di Pulau Jawa. Selain urap, ada beberapa makanan yang mempunyai tampilan serupa urap, yaitu gudangan dan trancam. Tidak jarang, ketiga kuliner ini membuat banyak orang terkecoh karena penampilannya yang mirip.

Nah biar kamu nggak terkecoh lagi, yuk simak perbedaan urap, gudangan dan trancam yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (7/8).

1. Urap.

urap, gudangan dan trancam © 2018 Istimewa

foto: selerasa.com

Masakan Jawa ini merupakan hidangan berupa sayuran direbus dan dicampur kelapa parut yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Aneka sayur yang biasanya disajikan adalah daun singkong, daun pepaya, tauge, kangkung, kacang panjang dan kubis. Bumbunya terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam jawa, kencur, garam dan gula jawa. Semua bumbu dihaluskan dan dicampur bersama parutan kelapa. Hidangan ini akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

 

2. Gudangan.

urap, gudangan dan trancam © 2018 Istimewa

foto: kueresep.com

Sekilas gudangan dan urap memang terlihat sangat mirip. Hal ini tidak lain karena gudangan adalah sebutan lain untuk urap di beberapa daerah di Jawa Tengah. Namun demikian, jenis sayuran gudangan lebih bervariasi seperti wortel yang dipotong korek, daun ketela, sayur adas dan kenikir. Selain itu, di beberapa daerah, sayur rebus dalam gudangan perlu dicincang terlebih dahulu sebelum disajikan. Biasanya, gudangan juga dilengkapi dengan potongan telur ayam rebus. Oh iya, nama gudangan berasal dari penyajian yang umumnya dalam porsi menggunung atau 'segudang' saat acara adat.

 

3. Trancam.

urap, gudangan dan trancam © 2018 Istimewa

foto: resepkoki.com

Kuliner lainnya yang juga memiliki tampilan serupa dengan urap dan gudangan adalah trancam. Kuliner satu ini juga berasal dari Jawa Tengah. Nah, perbedaan yang sangat jelas adalah sayuran pada trancam tidak direbus sama sekali alias masih mentah. Selain itu, di dalam trancam juga terdapat campuran kecambah. Kelapa yang digunakan pada trancam dikukus terlebih dahulu, sedangkan bumbu yang digunakan masih mentah.

RECOMMENDED

(brl/fen)

Kuliner Unik Kuliner Indonesia Kuliner Tren Kuliner

More delicious idea for you

7 Takjil kekinian ini bikin momen ngabuburit makin asyik
Tradisi takjil bubur Masjid Sabilurrosyad sejak abad 16
25 Resep kue bolu kukus kekinian, enak dan mudah dibuat
Kamu bisa bikin bingkisan spesial & unik di studio ini, nih 4 faktanya
Viral mi goreng rasa sapi panggang Chitato, ini kata AnakJajan
30 Resep kue Lebaran paling diburu, enak dan praktis
Takjil bubur lodeh, tradisi di Masjid Sabilurosyad sejak abad 16
25 Resep kue putri salju lezat dan lembut di lidah
10 Cara membuat ketupat dan lontong disertai resep, praktis
6 Makanan alami ini dapat mencegah kanker getah bening
Back to top BACK TO TOP