Bentuknya hampir sama, 4 makanan ini banyak orang sering salah sebut

Unik

Bentuknya hampir sama, 4 makanan ini banyak orang sering salah sebut

Hayo kamu salah satu orang yang sering salah sebut ya?

Hira Hilary Aragon, 24 Januari 2018 20:58

Brilio.net - Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan yang hampir semua terkenal kelezatannya. Baik makanan tradisional maupun makanan kekinian dari negara lain yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Perkembangan zaman dan teknologi di duia kuliner juga membuat makanan-makanan itu semakin banyak yang mirip.

Hal ini yang membuat orang sering keliru dan salah sebut nama makanan. Bahkan kesalahan penyebutan nama makanan tersebut telah menjadi hal umum alias salah kaprah. Nah agar kamu nggak ikut-ikutan keliru, yuk simak 4 makanan yang orang sering salah sebut dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (24/1).

1. Arem-arem dan lemper.

hampir sama © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Sekilas keduanya memiliki bentuk yang serupa dibalut oleh daun pisang dengan ukuran yang nyaris sama. Namun kamu bisa membedakannya dengan melihat beberapa hal. Lemper terbuat dari ketan putih dan memiliki tekstur sedikit lengket, kemudian sedikit agak wangi dan biasanya pada tengahnya berisikan ayam atau ambon. Arem-arem sendiri berasal dari Kebumen. Makanan ini biasanya menggunakan beras dan nantinya dimasak dengan santan dan penyedap. Isiannya pun beragam, biasanya yang sering kamu temui adalah kentang goreng, sambal tempe, atau oncom.

2. Gelato dan es krim.

hampir sama © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Jenis makanan ini yang paling sering orang sebut lho. Selain memiliki bentuk yang sama, keduanya pun memiliki rasa yang mirip sehingga orang tak menganggapnya memiliki perbedaan. Gelato pada umumnya terbuat dari susu. Selain itu gelato jauh lebih padat teskturnya dari es krim. Namun meski padat, gelato jauh lebih cepat cair dari es krim. Sedangkan es krim terbuat dari banyak cream, bukan susu. Teksturnya lembut dan tidak mudah mencair seperti gelato.

3. Risoles dan lumpia.

hampir sama © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Jika tak teliti dan tak terlalu memperhatikan, pasti kamu pernah salah sebut nama makanan ini karena bentuknya yang persis. Risoles memiliki kulit yang tebal dari pada lumpia. Isian risoles identik dengan sayuran dengan potongan kecil seperti wortel dan kentang. Namun sekarang kamu akan menemukan risoles dengan isi mayones maupun sosis.

Lumpia kulitnya lebih tipis dan mudah diatur. Pada umumnya isian lumpia adalah rebung, daging ayam, atau bihun. Biasanya lumpia lebih banyak mengandung minyak setelah digoreng dari pada risoles.

4. Ramen dan udon.

hampir sama © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Ramen dan udon merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Meski terlihat serupa ternyata keduanya berbeda lho. Ramen memiliki tekstur yang lebih kenyal, minya lebih panjang tetapi tipis. Kuah ramen cenderung kental dan sedikit asin karena kuat dengan rasa kaldu. Biasanya campurannya adalah taoge, rebusan telur, dan nori.

Udon sendiri memiliki bentuk mi yang lebih tebal dari ramen karena dibuat dari tepung terigu yang banyak. Campuran udon berbeda dengan ramen, biasanya berisikan tempura dan sayuran. Kuahnya juga tak sekental ramen.

RECOMMENDED

(brl/fen)

Kuliner Unik Fakta Unik Kuliner Indonesia

More delicious idea for you

Tips membuat steak daging sapi di rumah ala restoran
Hati-hati, makanan ini bisa menimbulkan masalah kesuburan pria
Beda dari yang lainnya, steak lezat ini berbentuk lolipop
8 Makanan dan minuman tak boleh dikonsumsi dengan daging, bahaya
5 Resep olahan ikan asin ini maknyus, cocok untuk lauk
Cara membuat Matcha Milk Coffe ala cafe, mudah dan lebih hemat
8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping
11 Cara hilangkan kutil dengan bahan-bahan alami, mudah didapat
21 Warung mi ayam paling hits di Jogja, enak dan murah
Kerap dibuang, ini 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan
Back to top BACK TO TOP