Brilio.net - Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh hampir semua orang. Tak heran bila kedai kopi tersebar luas di seluruh penjuru dunia dan juga dengan jenis kopi yang beragam.

Biasanya, orang menikmati kopi pada pagi hari dan juga sore hari dengan ditemani cemilan seperti kue. Namun berbeda halnya di Italia. Pasalnya masyarakat di sana memiliki keunikan saat menyeruput secangkir kppi.

Negara yang terkenal dengan pizza itu memiliki aturan khusus saat meminum kopi. Masyarakat di Italia dilarang memesan kopi dengan campuran susu, cappuccino, atau kopi latte di atas pukul 11 pagi. Kenapa yah?

Seperti dilansir brilio.net dari Thehuffingtonpost, Sabtu (19/8), hal itu dilarang lantaran kopi yang dicampur susu diyakini tersebut termasuk dalam hidangan untuk sarapan pagi, yang waktunya berakhir di pukul 11 pagi.

Loading...

Rupanya, orang Italia memang memiliki kebiasaan untuk menyeruput minuman kopi susu hanya ketika di waktu pagi hari bersamaan dengan menu roti (pastry), atau dengan kata lain tidak pernah dikonsumsi di waktu siang, sore dan malam hari. Apalagi setelah usai bersantap hidangan makan siang dan makan malam lengkap, kopi susu dianggap terlalu berat untuk dikonsumsi dan dicerna.

Walau memang, disebutkan lebih lanjut menu minuman cappuccino sekarang bisa ditemui dan didapatkan sepanjang waktu sepanjang hari di Italia. Namun, hal ini hanyalah menu 'khusus' yang dibuat dengan pertimbangan agar para turis yang sedang berkunjung di Italia bisa merasa senang, akan tetapi kembali lagi bahwa meminum kopi susu di atas pukul 11 pagi tidak diterima masuk sebagai budaya minum kopi orang Italia asli.

Menurut keterangan dari Giorgio Milos, seorang barista master di Illy, minuman kopi susu seperti salah satunya cappuccino, dianggap sebagai minuman untuk sarapan pagi orang Italia karena produkini memiliki imej dan hubungan erat dengan waktu pagi hari.

Ditambah dengan faktor pada umumnya orang Italia memang tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi minuman susu karena hanya untuk minuman bayi dan membuat cappuccino.

Lalu bagaimana orangt-orang Italia menyiasati kebutuhan kafein, ketika di waktu siang hari? Ternyata mereka menyiasati hal tersebut dengan menyeruput espresso, yang tidak disebut sebagai espresso. Pasalnya, di Italia menu minuman espresso hanyalah kopi biasa yang disebut dengan nama 'caffe' dengan variasi seperti double shot (doppio) atau macchiato yang sedikit diberi tambahan susu.

RECOMMENDED