7 Kuliner tradisional khas Natal dari berbagai daerah Indonesia

Unik

7 Kuliner tradisional khas Natal dari berbagai daerah Indonesia

Hidangan khas Natal yang ikonik dan wajib ada.

Annisa Amalia Hapsari, 22 Desember 2018 23:03

Brilio.net - Perayaan Natal biasanya diidentikkan dengan pohon Natal yang dilengkapi dengan pernak-pernik untuk mempercantiknya. Saling bertukar kado dengan keluarga dan orang terdekat juga menjadi kebiasaan yang semakin memeriahkan hari Natal.

Kemeriahan dan kehangatan bersama orang-orang tercinta di hari Natal juga akan semakin terasa saat acara makan malam bersama di perayaan malam Natal. Pada umumnya seluruh anggota keluarga akan berkumpul untuk menyantap hidangan khas Natal yang ikonik dan wajib ada.

Nah, berbicara mengenai hidangan khas Natal, rupanya Indonesia juga memiliki kuliner tradisional khas Natal yang biasanya disajikan dan menjadi santapan wajib. Tidak hanya kue, hidangan yang identik dengan Natal ini juga mencakup makanan berat seperti ayam dan ikan.

Mau tahu apa saja? Yuk simak tujuh kuliner tradisional khas Natal dari berbagai daerah di Indonesia yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (22/12).

1. Ikan kuah kuning khas Ambon.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: itjeher.com

Masakan khas Ambon ini biasanya selalu disajikan saat Natal tiba. Ikan kuah kuning ini pada umumnya terbuat dari ikan tuna dan ikan muba yang kemudian dimasak dengan kunyit, kapur dan rempah-rempah lainnya. Oh ya, kuliner dengan kuah pedas ini biasanya juga disantap bersama papeda.

 

2. Ayam budu-budu, Makassar.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: gurumassak.com

Jika Ambon punya makanan khas Natal dari ikan, maka Makassar punya makanan khas Natal yang terbuat dari ayam. Ayam budu-budu terdiri dari potongan ayam, yang dimasak dengan air jeruk nipis, air asam Jawa, daun bawang dan jahe.

Kuliner tradisional satu ini punya aroma yang dijamin bakal membuat kamu jadi lapar. Ayam budu-budu juga akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

 

3. Ayam rica-rica khas Manado.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: resepcaramemasak.info

Masih dengan bahan dasar yang sama, kali ini kuliner tradisional khas Natal berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Makanan yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia dikenal dengan rasanya yang pedas.

Kata rica sendiri yang mempunyai arti pedas atau cabai berasal dari bahasa Manado, lho. Citra rasa pedas yang dimiliki membuat sajian ini selalu dinanti di meja makan saat Natal tiba.

 

4. Klapertart, Manado.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: justtryandtaste.com

Selain ayam rica-rica, masyarakat Manado juga kerap menyajikan klapertart sebagai salah satu hidangan manis saat Natal. Kue legit yang terbuat dari kelapa, susu, mentega, tepung terigu dan telur ini bisanya dijadikan makanan penutup setelah makan besar. Kue ini juga cocok banget untuk dijadikan teman saat kumpul bersama keluarga di hari Natal.

 

5. Lapet, Tapanuli.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: cookpad.com

Kue lapet merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Kue bercita rasa manis ini sering disjikan dalam berbagai perayaan, tidak terkecuali saat perayaan Natal. Kue yang mempunyai bentuk menyerupai pohon Natal ini terbuat dari tepung beras dengan campuran kepala parut dan gula merah yang kemudian dibungkus daun pisang dengan bentuk mengerucut.

 

6. Kue Bagea, Maluku Utara.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: jajanbaso.com

Kue berwarna cokelat pucat ini biasanya kerap menjadi kuliner wajib saat Natal di Ternate, Maluku Utara. Kue yang biasanya berbentuk bulat ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan gula halus, tepung sagu, minyak sayur, biji cintang, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya dan kemudian ditambah kacang cintang halus, bubuk kayu manis serta bubuk cengkeh. Rasa manis kue bagea bakal semakin lezat jika dipadukan dengan teh dan kopi.

 

7. Kue Poporcis, Ambon.

kuliner natal tradisional © 2018 Istimewa

foto: cookpad.com

Kue manis satu ini biasanya disajikan sebagai hidangan sarapan di hari Natal. Sebagian masyarakat Ambon akan mengganti menu paginya dengan kue poporcis atau yang juga dikenal dengan nama kue poffertjes. Kue tradisional khas Natal satu ini dibuat dari campuran labu kuning dan tepung terigu.

7 Kuliner tradisional khas Natal dari berbagai daerah Indonesia

(brl/lea)

Kuliner Natal Kado Natal Perayaan Natal Kuliner Indonesia

More delicious idea for you

7 Bahan makanan ini tidak boleh dicuci sebelum dimasak
Begini cara Air Mancur kampanyekan budaya minum jamu di masyarakat
10 Cara penyajian makanan di sepatu ini bikin auto hilang selera
Cara membuat kentang goreng ala KFC dengan saus keju, nggak ribet
Resep bikin kare ala Jepang dalam 5 menit, yummy!
Cara membuat kue dorayaki es krim ala Nicky Tirta, antigagal
Back to top BACK TO TOP