5 Kuliner khas Indonesia ini punya nama yang bikin kamu mikir dua kali

Unik

5 Kuliner khas Indonesia ini punya nama yang bikin kamu mikir dua kali

Namanya memang nyeleneh, tapi cita rasanya jangan ditanya. Tsedap abeess!

Annisa Amalia Hapsari, 26 April 2018 04:05

Brilio.net - Makanan Indonesia memiliki banyak ragam dan jenisnya. Mulai dari makanan yang berat hingga jajanan pasar yang sederhana selalu berhasil memanjakan lidah siapa pun yang mencicipinya. Bahkan kelezatan kuliner Indonesia ini juga sudah diakui oleh dunia, sebut saja rendang.

Selain kelezatannya sudah diakui kuliner internasional, beberapa makanan Indonesia juga tersohor karena punya nama yang unik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreativitas masyarakat Indonesia dalam memberikan nama pada makanan-makanan tersebut.

Sebagian nama makanan ini terinspirasi dari berbagai hal yang berkaitan dengan makanan tersebut. Mulai dari cara pengolahannya hingga dari cara sang penjual mempromosikan dagangannya.

Ternyata kreativitas orang Indonesia tidak hanya sampai di situ saja, hal ini terlihat dari 5 kuliner khas Indonesia berikut yang namanya bakal bikin kamu mikir dua kali, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/4).


1. Kupat jembut.

punya nama yang bikin © 2018 Istimewa

foto: cerdasdanceria.com


Namanya makanan satu ini memang akan membuat kamu berpikir yang tidak-tidak. Tapi sebenarnya makanan khas Jawa Tengah ini merupakan ketupat biasa yang sudah diisi sayuran berupa tauge atau kecambah lainnya di dalamnya.

Untuk menikmatinya kamu bisa langsung mengonsumsinya secara langsung atau akan semakin nikmat jika dimakan dengan opor ayam dan makanan berkuah lainnya. Biasanya makanan ini dapat kamu temukan di perayaan Swalayan di Semarang.


2.  Nasi Kentut.

punya nama yang bikin © 2018 Istimewa

foto: travelingyuk.com


Mendengar namanya mungkin kamu akan langsung merasa jijik duluan kan? Tapi tenang, makanan satu ini rasanya justru lezat banget kok. Nama kuliner ini berasal dari tambahan cita rasa yang diberikan ketika memasak dengan menggunakan daun sembukan atau yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera.

Daun sembukan digunakan sebagai campuran nasi yang kemudian dibungkus dengan daun pisang ketika dibakar. Penasaran ingin mencoba?


3. Mi penthil.

punya nama yang bikin © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@pawonyusur


Jangan ngeres dulu ya kalau denger nama kuliner yang berasal dari Bantul, Yogyakarta ini. Pasalnya yang dimaksud penthil pada makanan ini adalah karet yang biasanya terdapat di roda sepeda.

Mi penthil memiliki bentuk panjang dengan warna kuning dan putih. Selain namanya, cara pembuatan mi penthil juga cukup unik karena dalam prosesnya mi-nya harus diinjak-injak. Namun demikian, hal itulah yang membuat makanan ini terasa lezat.


4. Kue tete.

punya nama yang bikin © 2018 Istimewa

foto: takaitu.com


Kamu pasti sudah nggak asing lagi dong, sama makanan yang satu ini? Ya, kue bernama unik ini juga dikenal dengan nama kue ape. Kue manis berwarna hijau di bagian tengah ini merupakan kudapan khas Betawi yang bentuknya sekilas mirip dengan kue serabi.


5. Kerupuk upil.

punya nama yang bikin © 2018 Istimewa

foto: pabrikkerupukindonesia.com


Tenang, kerupuk ini nggak beneran pakai kotoran hidung kok. Bentuknya yang bulat, kecil dan imut bisa menjadi alasan kenapa makanan ini diberikan nama tersebut.

Kerupuk upil ini berasal dari Mojokerto yang pembuatannya tidak menggunakan minyak, melainkan memakai pasir. Yang hobi ngemil wajib coba nih!

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Kuliner Unik Makanan Unik Kuliner Indonesia Makanan Tradisional Indonesiana

More delicious idea for you

20 Resep lumpia paling enak, unik dan kekinian
15 Resep olahan buah sukun, enak dan mudah dibuat
10 Kebiasaan cara konsumsi makanan bikin nutrisi nggak maksimal
Kampanye ini ajak masyarakat mulai hidup sehat dengan cara gampang
Nasi Langgi Pak Man, kuliner malam legendaris Jogja sejak 1988
15 Resep olahan jamur, lezat dan mudah dibuat
Seni penjara bukti napi bisa berkarya
20 Resep pizza rumahan paling simpel tapi menggugah selera
Back to top BACK TO TOP