30 Makanan khas Betawi yang terkenal lezat

Unik

30 Makanan khas Betawi yang terkenal lezat

Makanan lezat ini sekarang sudah jarang ditemui, lho.

Nur Luthfiana Hardian, 07 November 2018 18:30

Brilio.net - Indonesia memiliki banyak suku dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah suku Betawi. Betawi merupakan umumnya tinggal di Jakarta. Betawi memiliki beragam adat dan budaya. Selain itu Betawi punya beragam makanan khas yang terkenal dan lezat.

Mulai dari makanan yang berbentuk kue ringan hingga makanan berat yang bisa kamu santap dengan nasi. Makanan yang beragam itu digemari baik turis lokal maupun mancanegara. Kamu yang suka berkuliner jangan ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan lezat ini.

Apa saja makanan khas Betawi yang terkenal lezat itu? Langsung saja simak rangkuman seperti brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/11).

1. Sayur Babanci.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@noni185

Sayur Babanci adalah makanan khas Betawi yang selalu hadir dalam acara-acara khusus. Terbuat dari sayuran, daging sapi, kelapa muda dan petai serta kuah pedas, makanan ini sangat nendang di lidah. Namun sayangnya, kini makanan tersebut sudah sulit dijumpai.

 

2. Selendang Mayang.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@nengmiensadily

Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Selendang Mayang adalah jajanan khas Betawi yang kini sulit ditemukan. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga lho.

 

3. Pecak Lele.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@handayanipuput

Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang unik lho. Jika biasanya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

 

4. Sayur Gabus Pucung.

30 makanan khas betawi instagram

foto: twitter/@KulinerBKS

Sama dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Nah, rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah embuk daging ikan gabusnya.

 

5. Nasi Ulam.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@b1316

Kalau sebagian besar dari kamu hanya mengenal nasi goreng, maka harus mencoba nasi ulam khas Betawi ini. Bahan dasarnya tentu nasi, namun nasinya dikukus bersama rempah-rempah seperti daun salam, serai dan lengkuas. Setelah serundeng akan dicampurkan dengan nasih yang telah dikukus.

 

6. Laksa Betawi

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@maknyusbw

Laksa Betawi adalah jenis hidangan seperti mi. Biasanya laksa terdiri dari mi gandum atau bihun. Dengan kuah kaldu yang dilengkapi sayuran, tauge, daun kemangi dan telur ini maka Laksa makin nikmat dihidangankan saat sarapan atau makan malam.

 

7. Soto Tangkar.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@cookingwithsheila

Pecinta soto harus mencoba jenis soto tangkar khas Betawi. Berbeda dengan soto lainnya yang biasanya hanya menggunakan daging ayam atau daging sapi, maka soto tangkar menggunakan iga sapi. Rasa yang gurih dengan campuran rempah-rempah membuat soto ini banyak dicari. Namun kenyataannya kini soto ini cukup sulit untuk ditemui.

 

8. Kerak Telor.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@keraktelor

Makanan khas Betawi ini tekenal dengan rasanya yang gurih. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai. Kerak telor menjadi salah satu makanan yang sangat populer dan favorit bagi warga Jakarta.

 

9. Semur Jengkol.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@betawisedep

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang hingga kini masih populer di masyarakat Jakarta. Meskipun makanan ini memiliki ciri khas bau dan tidak semua orang suka. Pasalnya, Jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol yang awalnya terasa pahit menjadi lezat dan mantap di lidah. Semur jengkol ini bisa kamu jadikan sebagai lauk dengan nasi putih. Saking terkenalnya, semur jengkol ini bisa kamu temui di berbagai rumah makan seluruh Indonesia.

 

10. Asinan Betawi.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@ramasugeng

Kalau kamu sedang berkunjung ke Jakarta, tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Betwai yang satu ini. Pasalnya asinan Betawi ini mudah kamu jumpai karena banyak sekali penjual gerobak asinan di sepanjang jalan Jakarta. Asinan Betawi sendiri adalah campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Terakhir ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mi yang melingkar, biasanya kerupuk ini diremuk dan ditaburkan di atas asinan. Meskipun namanya asinan, jangan sampai salah mengira karena makanan ini sama sekali tidak terasa asin melainkan segar dan cocok untuk dimakan ketika siang hari.

 

11. Soto Betawi.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@makan2mks_

Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan menu soto. Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang terkenal lezat dan populer. Soto ini biasanya menggunakan daging jeroan seperti hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Kuah sotonya terbuat dari campuran susu dan santan yang tentu membuat rasa yang begitu khas dan lezat. Soto ini sangat cocok ditambahkan emping dan nasi yang masih hangat.

 

12. Lontong atau Kupat Sayur.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@sotobetawita66

Kamu tidak akan kesulitan menemukan lontong sayur ketika berada di Jakarta, karena makanan ini masih sangat populer dan memberikan ciri khas budaya Betawi. Pada awalnya lontong sayur khas Betawi ini hanya akan hadir ketika perayaan Idul Fitri saja. Lontong atau kupat disiram dengan kuah santan dengan racikan bumbu penyedap khas Betawi. Sayur biasanya menggunakan sayur labu atau bisa menggunakan irisan pepaya muda. Akan lebih lezat kalau kamu menambahkan kerupuk dan suiran ayam.

 

13. Sayur Besan.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@pratiwiliss

Sayur ini merupakan salah satu makanan legendari Betawi. Pasalnya sayur ini sekarang jarang bisa ditemui di warung-warung khas Betawi karena bahan utamanya sulit didapatkan. Makanan lezat ini terbuat dari tebu telur. Bagian pucuk atau bunga tebu telur diolah menjadi sayur ditamah dengan bahan pelengkap kentang, ebi, dan petai.

Sayur besan ini memiliki rasa gurih dan lezat di mulut. Dalam budaya Betawi sayur ini tidak hanya sebagai sayur yang dimakan dengan nasi, kamu bisa menemukan sayur ini saat acara pernikahan. Makanan khas Betawi ini merupakan lambang kekeluargaan dan penghormatan terhadap keluarga baru dalam hubungan pernikahan.

 

14. Bubur Ase.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@waroeng.eyang

Kamu bisa menjumpai banyak pedagang yang menjual bubur di Jakarta. Namun bubur yang satu ini sekarang sulit untuk kita jumpai, yakni bubur ase. Bubur yang khas Betawi ini berbeda dengan bubur Jakarta pada umumnya. Bubur ase tidak dicampur dengan irisan ayam melainkan dicampur dengan semur daging khas Betawi yang membuat warna bubur ini lebih gelap. Selain daging, bubur ase menggunakan bumbu-bumbu lain seperti kentang dan lain sebagainya yang bisa menambah kelezatan bubur ase khas Betawi. Sedangkan nama ase sendiri memiliki makna dingin, karena bubur ini dihidangkan dalam keadaan dingin.

 

15. Gado-gado Betawi.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@warung_betawi_mpok_ijah

Gado-gado merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Betawi. Makanan ini bisa kamu temui tidak hanya di Jakarta, pasalnya saking lezatnya makanan ini sudah tersebar di berbagai kota lainnya. Makanan yang berupa sayur-sayuran yang sudah direbus, kentang, lontong atau ketupat, dan telur rebus ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Lebih lezatnya lagi kamu bisa menaburi di atasnya denga bawang goreng, emping goreng sebagai kerupuk.

 

16. Nasi uduk.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@triserarenny

Nasi uduk adalah makanan khas Betawi yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Nasi uduk memiliki rasa gurih. Bahan dasarnya sama dengan nasi lainnya yakni beras yang dikukus dan diaron dengan tambahan santan dari kelapa parut. Bumbu lainnya seperti jahe, pala, kayu manis, merica, dan daun serai. Nasi uduk lezat disajikan dengan tahu, tempe, telur, kering, ayam goreng, timun, abon, sambal, dan ditambah emping sebagai kerupuknya. Nasi uduk enak dimakan di pagi hari dan malam hari. Kamu bisa menemukan nasi ini dengan mudah ketika malam hari di lesehan-lesehan pecel lele pinggir jalan.

 

17. Ketoprak.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@evawati_dermawan

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan pecel. Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang terkenal dan lezat. Bahan dasarnya adalah tahu, mentimun, kecambah, bihun. Kamu bisa menambahkannya dengan telur goreng dan ketupat sesuai selera. Semua bahan tersebut di lengkapi oleh saos kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Jangan lupa kamu bisa menggunakan emping atau kerupuk sebagai tambahan kriuk-kriuknya.

 

18. Pindang Bandeng Kecap.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@kafebetawi_id

Siapa yang tidak suka ikan bandeng? Ikan bandeng merupakan makanan yang terkenal lezat disantap dengan berbagai resep olahan. Nah kalau pindang bandeng kecap ini merupakan makanan khas Betawi. Bandeng yang memiliki rasa amis diolah sedemikan rupa menggunakan bahan-bahan seperti jeruk nipis untuk menghilangkan kesan amisnya, garam, dam bumbu masak lainnya. Kamu bisa menyantap pindang bandeng ini dengan nasi putih hangat, lezat sekali.

 

19. Kue Rangi.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@icalrn

Kue Rangi atau bisa disebut sagu rangi adalah makanan khas Betawi yang terkenal dan lezat. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji atau tepung sagu dipanggang dengan kelapa parut menggunakan cetakan khusus. Biasanya orang-orang memasak kue ini di tungku kecil. Setelah matang, kue ini diberi olesan gula merah yang legit. Terkadang orang mencampurkan gula dengan potongan buah nangka, durian, maupun nanas untuk menambah bau harum dan kelezatan kue ini. Sehingga akan terasa gurih dan beraroma harum. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dapatkan di pelosok Jakarta, lho.

 

20. Kembang Goyang.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@kembanggoyang.id

Kembang goyang adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung beras, gula, telur dan minyak goreng. Dinamai kembang goyang karena proses pembuatannya yang bisa dibilang unik, yaitu dengan cetakan berbentuk bunga yang digoyang-goyangkan hingga adonannya lepas. Makanan khas Betawi yang cocok disantap untuk camilan sambil mengerjakan pekerjaan gurih dan lezat. Kamu juga bisa menemui makanan ini di berbagai toko oleh-oleh terdekat.

 

21. Kue Pancong.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@daniesulistio

Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Kue yang juga dikenal dengan nama gandos dan bandros ini dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang. Biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

 

22. Roti Buaya.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@rotibuayajkt

Siapa yang takut dengan buaya? Tenang, kali ini buayanya tidak ganas dan tidak bisa menggigit. Karena buaya ini hanyalah bentuk dari sebuah kue yang lezat khas dari Betawi. Roti buaya bisanya digunakan dalam acara pernikahan yang menggunakan adata Betawi. Pihak mempelai laki-laki akan datang ke rumah mempelai perempuan membawa roti yang berbentuk buaya ini. Buaya digambarkan sebagai sosok yang setia pada pasangannya. Biasanya kue ini memiliki ukuran kurnag lebih 50 cm.

 

23. Kue Cucur.

30 makanan khas betawi instagram

foto: cookpad.com

Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi yang hingga saat ini masih digemari. Meski tampilannya sedikit berminyak, tapi tetap saja digemari dengan rasa manisnya yang sangat khas. Nggak heran jika kue ini jadi andalan tak cuma di Betawi, tapi di berbagai wilayah di Indonesia.

 

24. Dodol Betawi.

30 makanan khas betawi instagram

foto: liputan6.com

Dodol merupakan makanan khas Betawi yang lezat dan legit. Memiliki warna cokelat makanan ini disukai banyak orang. Makanan khas yang berbahan dasar ketan dan kelapa memiliki tekstur kenyal dan lengket. Pembuatannya menggunakan kuali besar untuk proses mengaduknya. Saking terkenalnya, kamu juga bisa menemukan makanan lezat ini selain di Jakarta.

 

25. Kue Cente Manis.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@dillabites

Kue berbahan dasar santan, gula, tepung hunkwe, sagu mutiara ini memiliki rasa yang manis. Kue khas Betawi ini juga terlihat sangat cantik warnanya. Teksturnya yang kenyal dan lembut menambah sensasi untuk mencoba mencicipi kue yang satu ini. Kamu yang penasaran dan ingin segera mencobanya, bisa membuat kue ini sendiri di rumah.

 

26. Ongol-ongol.

30 makanan khas betawi instagram

foto: cookpad.com

Kue ini menjadi salah satu makanan favorit orang Betawi. Biasanya kue ini akan muncul di acara khitanan maupun pernikahan. Kue yang berbahan dasar gula aren dan tepung sagu ini memiliki rasa manis yang legit di mulut. Lebih enak lagi apabila kamu menyajikan kue ongol-ongol ini dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue ini lebih nikmat dipadukan dengan teh hangat di pagi hari.

 

27. Roti Gambang.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@eliyapriati

Roti ini adalah roti khas Betawi. Berbahan dasar tepung terigu dan gula merah. Warna cokelatnya itu karena gula merah alami tanpa membutuhkan pewarna sintesis. Roti ini memiliki tekstur yang empuk dan sedikit renyah tidak selembut roti pada umumnya. Bertaburkan wijen di atas untuk menambah kesan cantik, beraroma manis dan lezat di mulut.

 

28. Mi Kangkung.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@mayasuhud

Mi kangkung adalah makanan khas Betawi yang berupa mi telur kuning dengan kuah kental dan disajikan dengan kangkung. Seringnya sajian ini ditambah jamur dan bakso agar lebih lezat. Kuahnya kental berwarna cokelat terbuat dari kaldu daging sapi atau ayam dikentalkan dengan tepung tapioka dan maizena. Ditambah berbagai bahan masakan lainnya menamah cita rasa lezat.

 

29. Tauge Goreng.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@fatmahbahalwan

Makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi dan tidak sulit dicari karena banyak ditemui di pinggir jalan Jakarta. Selain terkenal lezat, makanan ini juga memiliki gizi yang baik. Berbahan dasar mi kuning, tauge, dan daun kucai yang dimasak dengan air. Setelah terlihat layu dan matang kemudian ditiriskan. Meiliki rasa manis, asam, dan gurih. Makanan ini bisa disajikan dengan tambahan oncom maupun tauco.

 

30. Ayam Sampyok.

30 makanan khas betawi instagram

foto: Instagram/@dede_ayu13

Makanan yang satu ini adalah bentuk akulturasi budaya Betawi dengan Tionghoa. Ayam sampyok sering dijumpai ketika ada acara hajatan atau acara lainnya. Makanan khas Betawi ini memiliki cara masak yang unik. Pasalnya ayam sampok ini memerlukan 2 kali proses pembubuan agar bumbunya meresap dengan baik. Memiliki cita rasa gurih membuat setiap orang ingin mencicipi makanan yang lezat satu ini.

 

 

RECOMMENDED

(brl/fen)

Kuliner Indonesia Tren Kuliner Kuliner Wisata Unik Pariwisata Indonesia Jalan-jalan Betawi Tradisi Betawi Makanan Khas Betawi

More delicious idea for you

Back to top BACK TO TOP