8 Fakta ajang penilaian kuliner yang bikin cita rasa lokal naik kelas foto-foto : Brilio.net/yani andryansjah

Spot Makan

8 Fakta ajang penilaian kuliner yang bikin cita rasa lokal naik kelas

Benar-benar tanpa rekayasa dan sangat objektif

Yani Andriansyah, 13 April 2019 06:00

Brilio.net - Di mana sih tempat makan atau restoran terbaik di Jakarta? Mungkin jawabannya bisa sangat subyektif ya. Yang bagus untuk orang lain, belum tentu menurut kita.

Memang susah-susah gampang mencari restoran yang dikategorikan terbaik. Ya baik dari sisi menu yang ditawarkan, desain resto yang menarik, maupun layanan yang diberikan. Semua tergantung selera dan pengalaman yang pernah dirasakan.

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tentu saja orang butuh referensi yang objektif dan valid terkait soal ini. Ya banyak sih situs-situs yang menyajikan berbagai tempat makan di ibu kota. Tapi masalahnya, seberapa objektif penilaian yang dilakukan.

Nah buat penikmat kuliner, ada lho ajang yang menilai tempat makan secara objektif. Artinya, penilaian yang diberikan benar-benar tanpa rekayasa sama sekali. Yang menilai juga bukan orang sembarangan. Tapi para ahli yang memang sudah kredibel dalam urusan selera makanan.

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Sebut saja Ade Putri Paramadita (pencerita makanan), Ethan Lim (VP Marketing Danone), Jed Doble (Publisher, FoodieS Magazine), Linda Tan (gourmand), Odilia Wineke (penulis makanan), Rinrin Marinka (celebrity chef), Tantra Tobing (gourmand dan lifestyle blogger), dan Yuda Bustara (celebrity chef).

Nah kedelapan ahli inilah yang menjadi dewan juri Jakarta’s Best Eats. Tahun ini, ajang penilaian kuliner ini kembali digelar dan telah memberikan penghargaan kepada 40 tempat makan terpilih di Jakarta. Acara Awards Gala Jakarta’s Best Eats 2019 pun diselenggarakan di Four Seasons Hotel Jakarta, baru-baru ini.

Asal tahu saja ya, ajang besutan FoodieS Magazine dan AQUA Reflections ini diklaim sebagai penghargaan restoran objektif pertama di Indonesia. Dari ajang ini para juri membuat sebuah daftar dan buku panduan yang menghargai 40 tempat makan terbaik Jakarta di tahun 2019.

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.netPublisher FoodieS Magazine Jed Doble

“Kita dari awal sangat objektif mengangkat industri food and beverage di Jakarta. Setiap tahun kita lihat banyak chef dan pengelola tempat makan sangat kreatif,” ujar Publisher FoodieS Magazine Jed Doble kepada Brilio.net disela-sela Awards Gala.

Selain memilih 40 tempat makan, ajang ini juga menobatkan AMUZ sebagai “Restaurant of the Year”. Selain itu ada juga penghargaan khusus yang diberikan kepada Fernando Sindu sebagai “Chef of the Year”. Sementara Roosevelt terpilih sebagai “Johnny Walker’s Bar of the Year”.

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.netRestaurant of the Year

Tahun lalu, ajang serupa juga digelar untuk menentukan 40 tempat makan terpilih, dengan penghargaan khusus diberikan kepada Kaum Jakarta sebagai Restaurant of the Year, Ragil Imam Wibowo sebagai Chef of the Year, serta Leon sebagai Bar of the Year.

Bukan cuma di Jakarta, konsep Best Eats juga dilakukan di Bali. Alasannya karena penyelenggara melihat besarnya volume tempat makan berkualitas di Pulau Dewata sehingga meluncurkan Bali’s Best Eats pada penghujung tahun lalu.

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.netJohnny Walker’s Bar of the Year

Di Pulau Seribu Pura itu, penghargaan diberikan kepada Locavore as sebagai Restaurant of the Year, Wayan Kresna Yasa dari Kaum sebagai Chef of the Year, dan Frestro sebagai Bar of the Year.

Lantas seperti apa sih ajang yang menilai tempat makan ini? Berikut 8 fakta ajang yang mengangkat industri kuliner lokal naik kelas.

1. Terinspirasi kebangkitan kuliner tanah air

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Terinspirasi bangkitnya budaya kuliner lokal, Jakarta’s Best Eats diluncurkan pada Desember 2017. Tujuannya membedah dan mengedepankan tempat makan luar biasa di antara persaingan industri kuliner ibukota yang sangat ketat.

2. Mendorong kuliner lokal naik kelas

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Nah dengan adanya pertumbuhan pesat pada industri kuliner di Jakarta, tentu saja muncul persaingan soal cita rasa serta tren inovatif.  Karena itu FoodieS Magazine dan AQUA Reflections selaku brand air mineral alami nomor satu di Indonesia, mempergunakan peluang ini dengan memilih dewa juri berpengalaman. Kehadiran para dewan juri ini untuk menilai tempat makan di Jakarta agar naik kelas menjadi restoran kelas dunia.

“Dunia makanan dan restoran yang terus berkembang, begitupula Jakarta’s Best Eats semangat untuk menjadi bagian dalam perkembangan tersebut,” kata Jed.

3. Meluncurkan buku panduan dan penghargaan

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.netChef of The Years

Tentu saja pelibatan para ahli sebagai dewan juri bukan sekadar memberikan penilaian semata. Dari penilaian itu diterbitkan buku panduan Jakarta’s Best Eats yang isinya menyajikan opini para ahli. Tujuannya untuk dijadikan referensi bagi penikmat kuliner lokal maupun mancanegara seputar bakat-bakat kreatif di balik industri kuliner Jakarta yang ternama.

Dari sini diharapkan memacu para chef dan pengusaha tempat makan untuk terus mengembangkan pengalaman makan kelas dunia. Selain buku panduan, sebagai bentuk apresiasi diberikanlah penghargaan Jakarta’s Best Eats.

“Lewat penghargaan ini, kami ingin mengapresiasi dan mendorong kesempurnaan dan kreativitas kuliner lokal ke standard yang lebih tinggi dan membantu memastikan agar 40 restoran terbaik ini selalu penuh setiap malam,” ujar Jed.

4. Begini proses penilaiannya

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Kehadiran para juri dengan latar belakang yang berbeda-beda bertujuan untuk memberikan proses penilaian yang terpercaya, murni, dan etis. Para juri menilai tempat makan dalam tiga kategori yaitu Fine Dining, Upscale Dining, dan Casual Dining. Pemenang yang terpilih diurutkan secara acak.

5. Bobot penilaian

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tempat makan yang masuk nominasi kemudian dinilai berdasarkan bobot persentase. Di mana makanan, berdasarkan rasa, kreativitas, dan eksekusi memiliki bobot 50%. Sementara kualitas pelayanan porsinya 20%. Lalu 20% untuk menu minuman atau daftar wine, serta desain interior atau karakter mendapat bobot penilaian 10%.

6, Tanpa rekayasa

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Setiap juri hanya dapat memberikan suara untuk suatu tempat makan apabila mereka telah mengunjungi tempat makan yang bersangkutan dalam waktu 12 bulan terakhir. Setiap kunjungan dilakukan tanpa mengungkapkan identitas mereka sebagai dewan juri dan tanpa ada insentif atau bentuk apresiasi lainnya dari pihak tempat makan. Selain itu para penyelenggara, dewan juri, sponsor juga melakukan proses seleksi dan deliberasi secara rahasia yang tidak diumumkan sebelum acara Awards Gala.

7. Panel voting chefs academy

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tahun ini, selain penilaian dari dewan juri, Jakarta’s Best Eats juga membentuk tim Chefs Academy yang menjadi panel voting. Terdiri dari chef-chef terkemuka di Jakarta, dan suara mereka menentukan keputusan final dari penilaian yang membentuk hasil akhir dari daftar Best Eats. Chefs Academy memberikan sebuah pandangan baru dan sampel suara pakar yang lebih luas.

8. Wujud kepedulian pada industri kuliner

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

AQUA Reflections of You adalah sebuah kampanye AQUA Reflections yang secara konstan mengapresiasi tokoh inspirasional Indonesia yang mendedikasikan diri pada fashion, lifestyle, dan industri kuliner. Kolaborasi dengan FoodieS Magazine memungkinkan AQUA Reflections mengapresiasi bakat-bakat dari industri kuliner yang terus bergerak maju untuk mengangkat apa yang mereka miliki dan secara berkesinambungan mengangkat juga standar industri hingga dapat bersaing di tingkat mancanegara.

“Kami telah mengambil langkah-langkah pasti untuk menunjukkan komitmen kami lewat AQUA Reflections dalam menunjang terangkatnya standar kualitas industri kuliner Indonesia melalui Jakarta’s Best Eats. Selain itu, kami harap Best Eats Awards akan memicu lebih banyak lagi bakat-bakat kuliner di Indonesia untuk menggapai tingkatan tertinggi,” ujar Flora Tobing, Brand Manager AQUA Reflections.

Daftar Pemenang Jakarta’s Best Eats 2019:

Restaurant of the Year : Amuz

Chef of the Year : Fernando Sindu

Bar of the Year – Presented by Johnnie Walker : Roosevelt

Fine Dining

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tempat makan yang mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja.

  1. AB Steak
  2. Akira Back
  3. Alto
  4. Amuz
  5. Bistecca
  6. Hakkasan Jakarta
  7. Henshin
  8. Nusa Indonesian Gastronomy
  9. Oku
  10. View

Upscale Dining

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut.

  1. Altitude Grill
  2. Arts Café By Raffles
  3. Bunga Rampai
  4. Cork & Screw Country Club
  5. JIA
  6. Kaum
  7. Kila Kila
  8. Kilo Kitchen
  9. Le Quartier
  10. Monty’s
  11. Mr. Fox
  12. Paradise Dynasty
  13. Plataran Menteng
  14. Ristorante Da Valentino
  15. Sana Sini
  16. Tugu Kunstkring Paleis
  17. Turkuaz
  18. Union
  19. Up In Smoke
  20. Vong Kitchen

Casual Dining

Jakarta Best Eat 2019 © 2019 brilio.net

Tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua.

  1. Fujin
  2. Gioi
  3. Greyhound Café
  4. Kayu Kayu
  5. Lawless Burgerbar
  6. Monolog
  7. Padang Merdeka
  8. Penang Bistro
  9. Taco Local
  10. The People’s Café

 

RECOMMENDED

(brl/red)

Kuliner Penghargaan Restoran Chef Masakan Makanan

More delicious idea for you

25 Cara membuat infused water, mudah, segar dan menyehatkan
10 Cara membuat kentang goreng renyah, lezat, dan praktis
20 Resep masakan ayam paling enak, empuk, dan sederhana
11 Cara membuat perkedel kentang enak dan mudah
20 Resep minuman segar, sederhana, dan pelepas dahaga
10 Cara memasak kepiting asam manis aneka saus, enak, mudah
5 Resep sayur bayam bening, segar dan praktis
 12 Cara membuat bolu pisang kukus paling enak
8 Resep jamur crispy, enak, gurih, dan renyah tahan lama
15 Cara membuat kue cubit lembut, mudah, dan sederhana
Back to top BACK TO TOP