6 Kuliner selat Solo enak dan legendaris di Solo

Spot Makan

6 Kuliner selat Solo enak dan legendaris di Solo

Wajib dicoba saat wisata kuliner di Solo.

Dwiyana Pangesthi, 06 Agustus 2019 09:04

Brilio.net - Kota Solo dikenal sebagai kota budaya dengan banyak sejarah. Memiliki slogan The Spirit Of Java, Solo menyimpan banyak keunikan. Jika kamu menghabiskan waktu berwisata ke Solo, kamu bisa menjelajahi tempat bersejarah seperti Keraton Surakarta hingga Pasar Klewer.

Berwisata ke Solo, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Berjalan-jalan ke Kota Solo tak ada salahnya mencicipi kulinernya seperti nasi liwet, tengkleng Solo dan juga Selat Solo.

Selat Solo ini terdiri dari wortel yang direbus, buncis, kentang goreng, mentimun, selada telur, serta irisan daging. Semua bahan tersebut disiram dan dilumuri dengan kuah semur. Cita rasanya yang gurih dan manis, serta sedikit asam ini cukup menggugah selera untuk mencicipinya.

Punya rencana liburan ke Solo, jangan lupa mencicipi sajian kuliner selat Solo yang legendaris. Berikut kuliner selat Solo enak dan legendaris di Solo sebagaimana brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (6/8).

1. Selat RM Kusuma Sari.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ekayanamutik

Selat RM Kusuma Sari adalah rumah makan yang wajib dikunjungi saat liburan ke Solo. Selat RM Kusuma Sari memiliki dua lokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No.111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, dan Jalan Yos Sudarso No. 81, Nonongan Solo.

Rumah makan ini memang cukup terkenal di Solo dengan sajian menu makanan tradisional dan modern. Tak hanya selat Solo saja yang jadi menu andalan, kamu juga bisa mencicipi sup galantin, steak lapis, dan sup buntut.

2. Warung Selat Solo Mbak Lies.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mahendssara

Warung selat Mbak Lies ini memiliki rasa yang enak. Konsep warung tersebut terbilang menarik karena dihiasi pernak-pernik keramik. Desain warung tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berlokasi di Serengan Nomor 42 Solo. Kamu bisa mencicipi selat yang segar ini dengan ditemani es tape yang jadi menu minumannya. Untuk harganya nggak bikin kantong kering, mulai Rp 17 ribuan.

3. Selat Solo Tenda Biru.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@intan_fashri

Jika kamu melintasi kota Solo dari arah Jogja, kamu akan menemukan warung legendaris bernama Selat Solo Tenda Biru. Lokasinya tepat sebelum Stasiun Purwosari atau tepatnya di Jl. K.H Samanhudi No.1, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta.

Harga kuliner di Selat Solo Tenda Biru ini terbilang terjangkau. Cukup membayar sekitar Rp 16 ribu, kamu sudah bisa menyantapnya legitnya Selat Solo ala Tenda Biru.

4. Selat Vien's.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@viens_selat

Selat Vien's menjual makanan khas Solo dengan harga mulai Rp 14 ribu. Kamu bisa memilih menu selat daging iga, selat double daging atau daging cacah. Selat Vien's ini memiliki banyak cabang, namun paling ramai ada di Jalan Hasanudin 99C Solo.

5. Omah Selat.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@banukisworo

Seporsi selat Solo di Omah selat ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribu. Kalau kamu menyukai suasana etnik bisa nih mampir ke warung ini karena mengusung tema rumah jawa klasik. Jadi interior di sana penuh dengan barang-barang kuno. Kamu bisa mencicipinya dengan di daerah sekitar kampus UNS.

6. Selat Solo Adem Ayem.

kuliner selat © 2019 brilio.net

foto: tripadvisor

Selat Solo ala Adem Ayem ini memiliki kuah yang kental. Di sini kamu juga dapat mencicipi menu lain seperti ayam kremes. Selat Adem Ayem ini berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Solo. Dengan harga Rp 29 ribu, kamu bisa menikmati selat yang memiliki rasa enak ini.

RECOMMENDED

(brl/vin)

Selat Solo Wisata Solo Spot Makan
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
9 Resep nasi goreng pedas, enak, sederhana dan bikin nagih
Mencicip Kobra Imperial Kitchen, kuliner ekstrem cita rasa juara
Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
McDonald's Indonesia hadirkan mainan edisi 90-an
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
Back to top BACK TO TOP