Brilio.net - Salah satu makanan yang identik dan wajib kamu cicipi saat jalan-jalan ke Bandung adalah batagor. Makanan khas dari daerah Bumi Parahyangan ini merupakan singkatan dari Baso Tahu Goreng. Biasanya kuliner ini dihidangkan dengan bumbu saus kacang. Batagor juga bisa dinikmati dengan kuah yang hangat dan segar.

Panganan yang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan bakunya ini teksturnya lembut sekaligus renyah. Pada umumnya, batagor terbuat dari tahu yang sudah dipotong menjadi dua lalu bagian tengahnya dikeruk kemudian diisi adonan dari tepung tapioka dan ikan tenggiri. Lalu digoreng dalam minyak panas hingga matang. Duh, ngebayanginnya aja bikin ngiler ya.

Kuliner tersebut selalu bisa membuat siapapun yang pernah mencoba ingin kembali mencicipinya. Nah, berikut 5 spot makan batagor paling terkenal di Bandung yang brilio.net sudah rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/2).

1. Batagor Riri.

5 Spot makan batagor © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@batagor_riri

Batagor Riri namanya sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat wisata kuliner yang harus dikunjungi kalau lagi ke Bandung. Tidak hanya menjadi favorit warga Bandung, tempat makan satu ini juga sudah menjadi favorit para wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan cita rasa yang dimiliki Batagor Riri mampu menarik minat banyak kalangan artis untuk datang ke tempat ini. Lokasinya terletak di Jalan Burangrang No. 41, Lengkong, Bandung.

Namun saat ini Batagor Riri sudah banyak membuka cabang di beberapa titik seperti di Jalan Pasarkaliki, Jalan Kebon Kawung, Jalan Dr. Setiabudhi dan di Jalan Dago. Buka Setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. Untuk harganya dibanderol Rp 8.000 per biji dan Rp 80.000 per paket.

2. Batagor Darto.

5 Spot makan batagor © 2018 Istimewa

foto: travelingyuk.com

Warung batagor yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an ini terletak di Jalan Simpang Dago No. 200, Bandung atau tepatnya di samping Pasar Simpang Dago. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp 2.500 per biji. Selain dengan bumbu kacang, penikmat makanan khas Bandung ini juga bisa membeli batagor kuah dengan campuran ceker ayam. Tidak kalah dengan bBtagor Riri, warung ini juga sering dikunjungi oleh seleb ternama.



3. Batagor Yunus.

5 Spot makan batagor © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@seto_beri

Warung batagor yang berada di Jalan Kopo No. 68 Bandung in terkenal dengan cita rasa bumbu kacangnya yang pedas. Selain itu, warung yang buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB ini menyebut siomay-nya dengan sireng. Hal ini karena siomay yang dijual batagor Yunus tidak menggunakan pangsit seperti kebanyakan siomay, hanya dengan tepung kanji dan campuran ikan tenggiri. Buat kamu yang nggak suka pedes jangan khawatir, karena warung ini juga menyediakan bumbu kacang biasa. Harganya ramah dikantong hanya Rp 1.700 per potong saja.

4. Batagor Burangrang.

5 Spot makan batagor © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@batagorburangrang

Berbeda dengan bentuk batagor pada umumnya, warung batagor Burangrang menghadirkan inovasi baru dengan membuat batagor bulat. Warung batagor yang terletak di Jalan Burangrang No. 7, Bandung ini mempunyai bumbu kacang yang khas karena diulek kasar sehingga memberikan rasa yang lebih gurih. Meski harga yang ditawarkan relatif mahal yaitu, Rp 10.000 per potong, tapi kamu akan menikmati sensasi rasa ikan tenggiri yang begitu terasa. Warung ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

5. Batagor Abuy.

5 Spot makan batagor © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@frans_sanjaya

Warung batagor ini terdapat di sebuah kawasan food court di Jalan Lengkong Besar No. 47, Bandung. Tampilan batagor ini memang tidak semewah batagor lainnya namun soal rasa, nggak kalah saing dengan batagor ternama yang ada di Bandung. Warung yang buka di atas pukul 16.00 WIB ini menyediakan batagor kering dan kuah yang disajikan lengkap dengan air kaldu ikan tenggiri. Untuk masalah harga, warung ini membanderol dengan harga Rp 6.000 per potongnya.

RECOMMENDED