Sering minum teh bisa bikin gigi jadi kuning, begini penjelasannya

Minuman

Sering minum teh bisa bikin gigi jadi kuning, begini penjelasannya

Beberapa senyawa yang terkandung di dalam teh ternyata bisa bikin gigi rusak.

Syifa Fauziah, 02 Mei 2018 21:31

Brilio.net - Kopi dan teh merupakan minuman favorit banyak orang. Selain enak dinikmati saat panas, kopi dan teh juga sangat lezat dinikmati saat cuaca dingin.

Namun rupanya banyak efek yang bisa ditimbulkan bagi orang mengonsumsi kopi dalam kondisi berlebih. Selain membuat kafein yang dapat menyebabkan susah tidur, tapi juga dapat menyebabkan gigi kuning.

Rupanya tak hanya kopi, teh juga jadi salah satu minuman yang memiliki efek buruk ketika dikonsumsi terlalu banyak, terutama untuk kondisi gigi yang dapat menyebabkan gigi kuning. Dilansir brilio.net dari The Independent, Rabu (2/5), baru-baru ini seorang ahli gigi White Glo, Jordan Kirk, segala jenis teh dapat menyebabkan gigi berubah warna.

"Enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyerap tannin dalam teh, yang mengarah pada perubahan warna gigi yang tidak menyenangkan," katanya.

Teh mengandung beberapa senyawa yang sudah diketahui menodai gigi. Menurutnya termasuk theaflavin, thearubigins dan theabrownins, yang memiliki lebih banyak efek perubahan warna pada gigi.

Theaflavins dan thearubigins adalah konstituen dari tannin, zat yang juga digunakan dalam proses penyamakan kulit. Teh hijau diduga mengandung jumlah tanin tertinggi, seperti yang dinyatakan oleh Victor R Preedy, penulis 'Teh dalam Kesehatan dan Pencegahan Penyakit'.

Beberapa tanin adalah antioksidan, dan dengan demikian dapat dilaporkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Sementara sejumlah besar asam tannic dapat menyebabkan iritasi lambung dan kerusakan hati, para ahli telah mengklarifikasi bahwa baik teh hijau dan hitam mengandung tanin, bukan asam tannic.

Sementara itu Kirk juga menjelaskan kepada The Sun bahwa kadar tannin yang tinggi menciptakan plak di gigi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning.

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Kesehatan Gigi Teh Gigi Kuning Hasil Penelitian Penjelasan Ilmiah

More delicious idea for you

5 Jenis susu ini bermanfaat turunkan kadar kolesterol
12 Manfaat aprikot untuk kesehatan, mirip dengan buah persik
5 Manfaat konsumsi jamur untuk kesehatan, bisa cegah kanker
10 Kue ulang tahun ini bentuknya bikin salah fokus
3 Tips kurangi kebiasaan minum bubble tea buat yang kecanduan
Rambut nenek Siti Gimbal, kuliner primadona Pasar Kangen Jogja
7 Makanan pencuci mulut yang baik untuk radang sendi
11 Bahan alami pemutih gigi, ampuh dan mudah didapat
6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
7 Penyakit serius ditandai dengan bau mulut, kamu perlu waspada
Back to top BACK TO TOP