Rasa kopi ditentukan oleh kualitas biji kopi, ini penjelasannya

Minuman

Rasa kopi ditentukan oleh kualitas biji kopi, ini penjelasannya

Kualitas biji kopi menentukan rasa.

Syifa Fauziah, 26 Januari 2019 10:01

Brilio.net - Kopi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Paling enak, kopi dinikmati dengan camilan saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Bubuk kopi yang kita minum setiap harinya berawal dari pengolahan biji kopi yang melalui tahapan yang panjang. Mulai dari panen, hingga menjemur biji kopi. Semua tahapan tersebut penting dan harus dilakukan secara tepat.

Master Roasters Tanamera, John Lee mengatakan bahwa kualitas biji kopi menentukan rasa kopi. Biji kopi yang kualitasnya buruk tentu saja akan menghasilkan kopi yang rasanya juga kurang nikmat.

Oleh sebab itu, John rela berbulan-bulan berkeliling Indonesia untuk mengedukasi para petani kopi agar mampu mengolah kopi dengan baik. "Saya sudah datang ke daerah di Indonesia mulai Sumatera hingga Papua. Saya menetap di satu daerah tiga sampai empat bulan untuk bersama mengelola kopi," katanya saat ditemui media dalam acara ulang tahun kelima, Tanamera Coffee di Jakarta, Kamis (24/1).

Pasalnya masih banyak petani kopi yang belum memahami cara bertani yang tepat. Padahal, biji kopi terbaik memerlukan pengawasan yang ketat mulai dari hulu hingga ke hilir.

“Kami diskusi terus agar kualitas kopinya semakin bagus,” kata dia.

Sementara itu, John menjelaskan biji kopi yang bagus itu bisa dilihat dari warna dan ukuran, selain itu harus cek keharuman dari biji kopi itu sendiri.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kopi Kopi Pahit Mencegah Pikun Kuliner Minuman

More delicious idea for you

Jangan dibuang, ini 7 manfaat kulit pisang untuk kesehatan
Kampanye ini ajak masyarakat mulai hidup sehat dengan cara gampang
4 Penyakit pengintai tubuh bila sering menahan buang air kecil
Seni penjara bukti napi bisa berkarya
20 Resep pizza rumahan paling simpel tapi menggugah selera
20 Resep lumpia paling enak, unik dan kekinian
Back to top BACK TO TOP