5 Minuman yang tidak boleh dikonsumsi sahur, ganggu pencernaan

Minuman

5 Minuman yang tidak boleh dikonsumsi sahur, ganggu pencernaan

Minumanlah minuman yang bagus untuk tubuh dan mengandung nutrisi tinggi.

Nur Luthfiana Hardian, 14 Mei 2019 02:32

Brilio.net - Selama satu bulan kurang lebih, umat muslim di seluruh dunia menjalankan puasa. Menahan lapar dan haus sejak pagi hari sebelum fajar hingga matahari terbenam. Tidak boleh melakukan apapun yang bisa membatalkan puasa selama kurang lebih 12 jam lamanya.

Puasa sangat baik bagi kesehatan. Healthline menulis bahwa manfaat puasa didukung secara ilmiah. Puasa dapat membantu mengurangi kadar gula, menurunkan peradangan, menurunkan resiko penyakit jantung koroner, tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Namun badan yang seharian tanpa cairan akan terasa sangat lemas. Sebagai gantinya, disarankan untuk siapa saja yang menunaikan puasa minum air sebanyak mungkin ketika sahur. Minumanlah minuman yang bagus untuk tubuh dan mengandung nutrisi tinggi.

Akan tetapi kamu juga harus lebih berhati-hati saat menentukan minuman apa yang akan kamu konsumsi selama sahur. Supaya kesehatan badanmu tetap terjaga selama Ramadan. Brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat sahur, Selasa (14/5).

 

1. Minuman bersoda.

minuman tidak boleh saat sahur pixabay

foto: pixabay

Soda termasuk minuman yang sangat menggoda saat di bulan puasa. Namun ternyata minuman ini justru tidak baik dikonsumsi. Usahakan menghindari minuman yang satu ini selama bulan ramadan. Soda merupakan minuman yang menyebabkan masalah pencernaan, yang dapat menganggu aktivitasmu seharian selama puasa.

 

2. Minuman terlalu manis.

minuman tidak boleh saat sahur pixabay

foto: pixabay

Meskipun sebagian besar orang mengatakan mimun minuman manis dapat meningkatkan energi tubuh. Namun tidak demikian dengan kamu yang terlalu banyak minum manis saat sahur. Terlalu banyak minum manis dapat menambah beban pankreas yang baru terbangun di jam-jam istirahat malam (sahur).

 

3. Minuman terlalu asam.

minuman tidak boleh saat sahur pixabay

foto: pixabay

Mengonsumsi minuman yang terlalu asam saat sahur itu tidak baik. Dilansir dari food.ndtv, minuman yang terlalu asam dapat meningkatkan produksi asam. Selain itu minuman ini juga dapat memperlambat sistem pencernaanmu. Sehingga perutmu bisa terasa perih saat puasa.

 

4. Teh.

minuman tidak boleh saat sahur pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari emirates247, sebaiknya kamu menghindari banyak minum teh saat sahur. Teh mengandung kafein tinggi. Kafein di dalam tubuh dapat menghilangkan air yang sudah ada di tubuh. Sehingga akan tubuh akan merasa cepat haus. Selain itu, mengonsumsi teh manis bisa berakibat buruk karena menaikkan gula darah.

 

5. Kopi.

minuman tidak boleh saat sahur pixabay

foto: pixabay

Sama halnya dengan teh, kopi mengandung kafein tinggi. Apabila kamu terlalu banyak minum kopi saat sahur, justru kamu akan terasa haus lebih cepat. Terlalu banyak mimun kopi juga tidak baik bagi pencernaan. Hal ini menyebabkan kamu malah menjadi lemas seharian saat puasa.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Minuman Minuman Bersoda Puasa Tips Sahur Tips Menu Sahur
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

11 Resep makanan unik, simpel, kreatif, dan menggugah selera
7 Resep dan cara membuat krim kue lembut, enak & mudah
11 Manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan dan kecantikan
6 Cara membuat keripik singkong, renyah dan gurih
Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
Back to top BACK TO TOP