15 Es buah dari seluruh Nusantara ini bikin air liur menetes

Minuman

15 Es buah dari seluruh Nusantara ini bikin air liur menetes

Indonesia memang kaya akan kuliner.

Yusuf Harfi, 05 April 2019 17:35

Brilio.net - Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang beragam. Bukan hanya kaya akan suku, bahasa dan agama. Namun, kekayaan yang patut kita banggakan adalah keanekaragaman kulinernya.

Berbicara tentang kuliner, tidak adil rasanya kalau kita hanya membicarakan makanan saja. Banyak kuliner minuman yang menjadi ciri khas masing-masing daerah di seluruh Nusantara.

Lebih spesifik lagi, ternyata banyak ragam es buah yang berasal dari berbagai daerah. Masyarakat Indonesia biasa menyajikan es buah sebagai sajian penutup, pelepas dahaga di siang hari.

 

Biar kamu punya banyak referensi es buah, brilio.net menghimpun deretan es buah dari seluruh Nusantara yang dijamin bisa bikin air liur kamu menetes berikut ini dari berbagai sumber, Jumat (5/4). 

 

1. Es oyen.

es buah © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Es Oyen mudah ditemui di daerah Jawa Barat. Mirip dengan es campur, es oyen berisi aneka buah-buahan seperti mangga, kelapa, melon, alpukat, dan lainnya. Cara bikinnya pun mudah, kamu bisa bikin es oyen sendiri kapan saja di rumah.

 

2. Es selendang sayang.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jakartaadacerita

Es selendang sayang merupakan es buah khas dari Betawi. Minuman ini relatif sudah sulit dicari. Namun, es selendang mayang biasa ditemukan dalam acara pernikahan orang Betawi atau ketika momen Lebaran.

 

3. Es podeng.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@foodyid

Es podeng juga minuman khas dari Betawi. Isinya berupa campuran potongan buah alpukat, kacang goreng, roti, dan meses. Berbeda dengan es selendang mayang, es podeng masih mudah ditemui di Jakarta.

 

4. Es cendol.

es buah © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Es cendol berisi cendol dengan ciri khas warna hijaunya. Es cendol biasanya sebutan bagi masyarakat di Jawa Barat. Di Jawa Tengah atau Jawa Timur, biasanya disebut es cendol dengan sebutan es dawet. Dengan menggunakan kuah santan yang manis, kamu bisa memadukan es cendol dengan buah-buahan seperti buah naga.

 

5. Es doger.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jogjabikinlaper

Es doger yang berbahan utama buah kelapa gampang ditemui di Jawa Barat dan sekitarnya. Salah satu ciri khasnya adalah penambahan es puter rasa kopyor yang segar. Kamu bisa menambahkan berbagai topping seperti oreo ataupun roti tawar.

 

6. Es teler.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@resep_serba_serbi

Es teler adalah salah satu minuman favorit pelepas dahaga orang Indonesia. Kamu bisa mengombinasikan campuran buah alpukat, kelapa muda, nangka, dan cincau. Cara membuatnya pun gampang dan bisa langsung mencobanya di rumah

 

7. Es campur.

es buah © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Sesuai namanya, es campur berisi beragam buah-buahan seperti nanas, nangka, hingga alpukat. Berbeda dengan es teler yang susunya lebih terasa, rasa manis es campur terasa dari rasa sirup.

 

8. Es blewah.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ayudiahrespatih

Es blewah adalah minuman yang isinya buah blewah. Bahan yang digunakan untuk membuat es blewah sangat sederhana, yakni buah blewah, gula, air, dan es batu. Es blewah sangat cocok sebagai minuman berbuka puasa.

 

9. Es pisang ijo.

es buah © 2019 brilio.net

foto: resepdanmasakan.com

Es pisang ijo yang berasal dari Makassar ini gampang dicari di berbagai daerah. Apalagi ketika bulan puasa, es pisang ijo sering dijajakan di pinggir jalan sebagai minuman berbuka puasa. Sesuai namanya, es pisang ijo berisi buah pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau.

 

10. Sop buah.

es buah © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Sop buah menjadi minuman favorit banyak orang untuk melepas dahaga di siang hari yang panas. Jenis-jenis buah yang biasa digunakan seperti melon, strawberry, pepaya dan lain-lain.

 

11. Es kacang merah.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@seeisall

Es kacang merah menjadi menu minuman favorit di Kota Manado dan sekitarnya. Bahkan, katanya kamu belum sah ke Manado kalau belum mencoba minuman satu ini. Bahan utamanya adalah kacang merah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk tubuh.

 

12. Es goyobod.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ladyfoodlover

Es goyobod bisa kamu temui di Garut dan sekitarnya. Dalam bahasa Sunda, Goyobod berarti basah kuyup. Dalam segelas es goyobod, kamu bisa merasakan rautan buah kelapa yang gurih nan manis, menyatu dengan tape singkong, dan lembutnya potongan roti tawar.

 

13. Es nona.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@masakbuatsuami

Es Nona merupakan minuman khas dari Kota Pontianak. Minuman ini berisi buah pepaya yang biasa dipadukan dengan tapai singkong, kacang merah, nangka, hingga potongan roti tawar.

 

14. Es serbat kweni.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram.com/@ayudiahrespatih

Es serbat kweni adalah minuman khas Lampung berisi mangga kweni yang dihaluskan. Mangga kweni adalah jenis mangga yang teksturnya lebih tebal dari mangga biasa. Rasanya pun berbeda, mangga kweni lebih memiliki rasa manis asam.

 

15. Es tebak.

es buah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pramonomamas

Es tebak merupakan minuman khas dari Padang yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Es tebak merupakan es campur yang berisi campuran-campuran buhan seperti nangka, kelapa muda, atau alpukat, dan tentu dipadukan dengan tebak.Tebak adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung berat yang berbentuk menyerupai cendol.

RECOMMENDED

 

(brl/lea)

Minuman Buah Kuliner Tren Kuliner Kuliner Indonesia
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

11 Manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan dan kecantikan
11 Resep makanan unik, simpel, kreatif, dan menggugah selera
6 Cara membuat keripik singkong, renyah dan gurih
7 Resep dan cara membuat krim kue lembut, enak & mudah
Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
Back to top BACK TO TOP