Brilio.net - Sejak tahun 2016 lalu, kota Medan memiliki makanan baru sebagai oleh-oleh khasnya, yakni Medan Napoleon. Selain karena termasuk makanan baru di Medan, cake satu ini menjadi booming karena merupakan sebuah bisnis cake dari artis ganteng Irwansyah.

resep medan napoleon © 2017 brilio.net
foto: medanwisata.com


Kalau di dunia kuliner Napoleon sendiri merupakan salah satu jenis dessert berbahan dasar puff pastry yang berasal dari Perancis. Terdiri dari 3 layer puff pastry yang pada masing-masing layer terdapat pastry cream. Bedanya dengan Medan Napoleoon Cake, terletak pada penyajiannya. Jika Medan Napoleon Cake terlihat seperti roti gulung dengan isian puff pastry, Napoleon Cake penyajiannya lebih sederhana yakni dengan cara ditumpuk serta dilengkapi dengan taburan remah-remah puff pastry.

Loading...

Nah, untuk kamu yang tinggal jauh dari Sumatera Utara tentu sudah tak sabar ingin mencicipi Medan Napoleon Cake kan. Eits, tak perlu sedih, mending bikin aja yuk Napoleon Cake ala kamu. Berikut resepnya.

Bahan Cake:

- 4 Butir Kuning telur
- 1 Butir Telur utuh
- 30 gram Tepung terigu
- 10 gram Tepung Maizena
- 10 gram Susu bubuk
- 40 gram Butter cair
- 1/2 sdt Emulsifier
- 1 Sdt Vanilli

Bahan Isian:

- Pastry instan
- 150 g dark chocolate (lelehkan)
- Keju cheddar (parut)

Alat:

- Loyang berukuran 20x20
- Mixer
- Spatula
- Kertas Masak


Cara Membuat :

1. Potong pastry menjadi 3 bagian yg sama besar berbentuk persegi panjang.

2. Tusuk-tusuk permukaan pastry dengan garpu, tujuannya agar tidak mengembang saat di panggang. Kemudian oven lebih kurang selama 20 menit atau hingga kuning keemasan.

3. Setelah matang dinginkan pastry, olesi permukaan pastry dengan coklat leleh dan tambahkan keju, susun pastry menjadi 3 tingkat, padatkan lalu sisihkan.

4. Siapkan bahan cake, campur terigu, maizena dan susu bubuk. Kocok telur, gula, emulsifier dan vanilli hingga putih mengembang kurang lebih selama 15 menit dengan kecepatan tinggi.

5. Masukkan campuran tepung, kocok dgn kecepatan rendah hingga rata. Matikan mixer, masukkan butter cair aduk perlahan menggunakan spatula.

6. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 20x20 yg telah dialasi kertas masak dan diolesi mentega. Ketuk-ketuk loyang agar tidak ada rongga angin.

7. Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit, atau cek jika permukaan sudah tidak lengket berarti adonan sdh matang.

8. Siapkan kertas masak, letakkan cake yang sudah matang, usahakan ketika masih panas. Kemudian tambahkan susunan pastry diatasnya, gulung secara perlahan hingga menutupi semua permukaan pastry.

9. Tambahkan topping sesuai selera, sajikan.

RECOMMENDED